4 Jenis Burung Nuri yang Memiliki Bentuk yang Indah

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   19 Maret 2021
4 Jenis Burung Nuri yang Memiliki Bentuk yang Indah4 Jenis Burung Nuri yang Memiliki Bentuk yang Indah

Halodoc, Jakarta - Kesenangan orang akan hewan peliharaan bisa saja berbeda-beda. Ada orang yang senang memelihara burung, beberapa orang lainnya senang memelihara kucing. Lebih spesifik lagi untuk orang yang senang burung, ada yang hobinya memelihara burung nuri. 

Selain bentuknya yang indah, burung nuri dikenal karena suaranya yang bagus dan sangat menghibur. Untuk kamu yang tertarik memelihara burung nuri, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa jenis burung nuri dengan bentuk paling indah. Namun perlu kamu ingat, tidak semua bisa dipelihara lho, karena ada beberapa yang dilindungi.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Hamster Berdasarkan Jenisnya

1. Burung Nuri Kepala Hitam

Burung nuri kepala hitam termasuk jenis nuri yang dilindungi. Soalnya jumlah burung nuri tipe ini sudah menurun. Hal yang membuat burung ini istimewa adalah paruh bengkoknya yang berbeda dengan tipikal nuri lainnya. 

Keindahan bulu-bulu berwarna hitam di kepalanya juga membuat burung ini berbeda dengan nuri lainnya. Paduan warna berbeda pada badan, sayap, dan ekor yang didominasi warna-warna cerah, kontras dengan warna pada bagian kepala, sehingga membuat burung ini terlihat menonjol dibanding nuri jenis lainnya. Uniknya lagi, burung nuri kepala hitam bisa menirukan suara burung-burung lainnya. Makanya, burung nuri kepala hitam sering dianggap sebagai burung cerdas.

2. Burung Nuri Kepala Merah

Ada yang hitam, dan ada juga yang merah. Burung nuri kepala merah ini juga termasuk satwa yang dilindungi. Selain warna merah yang menonjol pada bulu-bulunya, burung ini juga punya keterampilan bicara seperti beo. Hal yang bikin burung nuri kepala merah ini berbeda dari yang lain adalah lingkar abu-abu pada area matanya yang membuatnya terlihat cantik dan indah.

3. Nuri Bayan

Nuri bayan juga istimewa dan indah. Baik jantan maupun betinanya memiliki perbedaan mencolok. Betinanya mempunyai warna merah dengan degradasi biru-ungu, nuri bayan pejantan warnanya hijau cerah. Burung nuri bayan sangat istimewa karena mudah akrab dengan manusia dan senang bersosialisasi. Namun, kalau tidak diperhatikan, nuri bayan bisa gampang stres, lho.

4. Nuri Amazon Berleher Kuning

Nuri amazon berleher kuning dikenal cerdas dan suka mencari perhatian. Selain bentuknya yang indah dengan bias warna kuning pada lehernya, burung ini digemari karena bisa memiliki keterikatan dengan yang memeliharanya. Meski begitu, burung satu ini tidak selalu berwatak manis. Sewaktu-waktu burung nuri Amazon berleher kuning ini juga bisa sangat agresif, terutama pada musim kawin.

Baca juga: Waspada, Ini 5 Cara Penyebaran Flu Burung

Bagaimana Cara Merawat Burung?

Tadi sudah dijelaskan jenis burung nuri yang memiliki bentuk indah. Nah, seperti hewan-hewan lainnya, burung juga punya cara perawatannya sendiri. Bagaimana cara merawat burung? Pola makan burung peliharaan yang benar, kandang yang bersih, makanan dan air burung yang segar, mainan burung yang aman, olahraga, dan banyak perhatian adalah hal yang mendasar dari merawat burung. 

Kandang burung peliharaan harus memiliki banyak ruang untuk aktivitas dan jeruji untuk memisahkan burung peliharaan dari gangguan. Secara umum, semakin besar sangkar burung semakin baik. Burung peliharaan membutuhkan ruang untuk melatih sayapnya dan memanjat. 

Memahami perilaku burung di alam liar juga sangat penting untuk memahami perilakunya sebagai hewan peliharaan. Misalnya, burung beo adalah hewan sosial di alam liar. Mereka bertengger, terbang, dan mencari makan dalam kawanan. 

Baca juga: 5 Jenis Anjing yang Ramah Anak

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa lho menanyakannya pada dokter hewan di Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu bisa berdiskusi dengan dokter hewan melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Download sekarang aplikasinya!

Referensi:
Idntimes. Diakses pada 2021. 8 Spesies Burung Nuri Paling Cantik dan Cerdas, Sungguh Bikin Takjub.
Merdeka.com. Diakses pada 2021. 7 Jenis Burung Nuri Cantik Bersuara Merdu, Termasuk Hewan Dilindungi.
The Spruce Pets.com. Diakses pada 2021. 7 Reasons Why Birds Make Great Companions for the Right Home.





 


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan