• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari sebelum Berolahraga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari sebelum Berolahraga

4 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari sebelum Berolahraga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 Desember 2020
4 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari sebelum Berolahraga

Halodoc, Jakarta - Sebelum olahraga, banyak orang yang mengonsumsi beberapa makanan agar tidak lemas saat melakukan aktivitas tersebut. Meski begitu, tidak semua makanan dapat dikonsumsi karena mungkin saja menimbulkan dampak buruk. Maka dari itu, kamu harus tahu makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum olahraga. Berikut ulasan lengkap terkait hal tersebut!

Beberapa Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Olahraga

Jika kamu berolahraga dengan perut kosong, tentu saja tubuh tidak memiliki cukup energi untuk melakukan yang terbaik. Hal tersebut juga sama buruknya dengan mengonsumsi makanan terlalu banyak atau mengonsumsi makanan yang salah yang membutuhkan energi dalam tubuh untuk mencerna makanan. Maka dari itu, kamu harus mengatur jam makan atau menghindari beberapa makanan sebelum melakukan aktivitas fisik.

Baca juga: Menurut Ahli, Begini Aturan Makan Sebelum Berolahraga yang Tepat

Saat berolahraga, tubuh juga membutuhkan sebagian besar darah untuk dipompa ke otot yang bekerja yang membuat aliran darah ke perut berkurang. Maka dari itu, kamu juga harus memastikan agar perut tidak bekerja lebih keras dari seharusnya karena dapat menimbulkan masalah. Beberapa makanan harus dihindari sebelum olahraga agar tidak menimbulkan gangguan. Berikut ini makanan yang disarankan untuk tidak dikonsumsi sebelum beraktivitas fisik:

1. Kacang-kacangan

Salah satu makanan yang patut dihindari sebelum berolahraga adalah kacang-kacangan. Kandungan yang ada di dalam kacang sulit dicerna dan juga dapat menghasilkan gas karbon dioksida yang rentan membuat perut menjadi kembung. Maka dari itu, jika kamu mengonsumsi makanan ini terlebih lagi dalam jumlah banyak, perut terasa tidak nyaman dan menjadi lebih sering buang angin.

2. Makanan Berserat Tinggi

Tubuh memang membutuhkan serat agar tetap sehat, tetapi tidak mengonsumsinya sebelum berolahraga. Beberapa sayuran yang kaya serat, seperti brokoli, kubis, dan kembang kol sulit dicerna dan membuat olahraga tidak nyaman karena dapat menghasilkan gas. Jika ingin mengonsumsi makanan yang sehat dan cocok sebelum olahraga, cobalah untuk makan kentang yang direbus satu jam sebelumnya agar tubuh mendapatkan waktu untuk mencerna dan tetap memiliki energi untuk beraktivitas.

Baca juga: Inilah Tips untuk Berolahraga Saat Puasa

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait makanan yang dihindari sebelum olahraga dan yang baik untuk dikonsumsi. Caranya cukup download aplikasi Halodoc, dan dapatkan akses langsung ke ahli medis dengan pengalaman bertahun-tahun. Nikmati kemudahan akses kesehatan tersebut tanpa perlu ke luar rumah!

3. Produk Olahan Susu

Kamu juga perlu membatasi konsumsi produk olahan susu sebagai makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga. Beberapa merk tertentu mengandung banyak gula dan lemak yang tidak baik dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas fisik. Terlebih lagi jika kamu sensitif atau tidak toleran terhadap produk susu yang dapat memperburuk keadaan. Selain itu, makanan ini juga dapat menyebabkan kram usus yang membuat olahraga tidak nyaman.

4. Makanan Pedas

Makanan pedas sangat tidak cocok untuk dikonsumsi sebelum olahraga karena dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman pada perut. Hal tersebut terjadi ketika sistem pencernaan mulai terangsang yang menyebabkan mulas. Kondisi ini tentunya tidak ingin kamu rasakan selama olahraga. Maka dari itu, ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan pedas beberapa jam sebelum melakukan aktivitas fisik. Pilihlah makanan yang hambar dan mudah dicerna agar olahraga tetap lancar.

Baca juga: Makanan yang Boleh Dimakan Sebelum dan Setelah Olahraga

Sekarang kamu tahu beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum berolahraga. Dengan begitu, kamu dapat lebih fokus untuk menggerakkan tubuh dan membakar kalori yang selama ini menumpuk. Jadi, tubuh lebih sehat secara keseluruhan tanpa adanya gangguan pada sistem pencernaan.

Referensi:
Health. Diakses pada 2020. Foods to Avoid Before a Workout.
My Fitness Pal. Diakses pada 2020. 9 Foods to Avoid Before a Workout.