• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

4 Makanan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Desember 2022

“Terlalu banyak mengonsumsi makanan kolesterol tinggi memicu penyakit jantung. Sebaiknya batasi pengonsumsian makanan yang digoreng hingga makanan manis karena mengandung kolesterol tinggi.”

4 Makanan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari4 Makanan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Halodoc, Jakarta – Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang dapat kamu temukan pada hewan dan tumbuhan. Kolesterol juga memiliki manfaat penting untuk tubuh. Bahkan, tubuh juga bisa memproduksi kolesterol secara alami. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kolesterol dari berbagai jenis makanan yang kamu konsumsi.

Saat berada dalam jumlah yang tepat, kolesterol tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Namun, saat jumlahnya berlebihan, kolesterol dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Untuk itu, ketahui berbagai jenis makanan kolesterol tinggi yang perlu kamu hindari berikut ini!

Waspada Jumlah Kolesterol Berlebihan

Tubuh memproduksi kolesterol melalui hati. Dengan adanya kolesterol, maka tubuh mampu memproduksi hormon dan mencerna vitamin. Selain itu, kolesterol juga berfungsi untuk menjaga sel-sel dalam tubuh agar tidak rusak.

Kolesterol terdapat dalam dua jenis yang berbeda, yaitu LDL dan HDL. LDL adalah jenis kolesterol yang dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah atau dikenal juga sebagai koelsterol jahat. Sedangkan, HDL berfungsi untuk mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah.

Kolesterol dapat beredar pada aliran darah, sehingga saat jumlah berlebihan kondisi ini bisa menyebabkan dampak negatif pada kesehatan. Terlalu banyak LDL pada tubuh dapat menyebabkan plak yang memicu penumpukan pada pembuluh darah.

Penumpukan yang terjadi dapat mempersempit pembuluh darah sehingga berpotensi memicu penyakit jantung dan stroke. Untuk itu, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi kurang dari 300 miligram kolesterol per hari.

Makanan Kolesterol Tinggi yang Perlu Dihindari

Kolesterol juga bisa kamu temukan pada berbagai jenis makanan sehat, seperti telur, keju, hingga kerang. Makanan tersebut tidak bisa kamu hindari karena manfaat lainnya yang baik untuk tubuh. Namun, pastikan kamu mengontrol jumlah pengonsumsian makanan yang mengandung kolesterol setiap harinya.

Meskipun beberapa makanan yang mengandung kolesterol sangat bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan, sebaiknya ketahui makanan kolesterol tinggi yang perlu kamu hindari, seperti:

1. Makanan yang Digoreng

Makanan yang pengolahannya digoreng dalam minyak yang cukup banyak akan memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Untuk itu, sebaiknya kamu membatasi asupan makanan yang pengolahannya dengan cara ini.

Proses penggorengan membuat makanan mengandung lemak trans yang sangat tinggi. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi penyakit jantung dan gangguan kesehatan tubuh lainnya.

Selain itu, asupan makanan yang digoreng juga berkaitan dengan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga obesitas.

2. Makanan Cepat Saji

Selain praktis, makanan cepat saji juga sangat mudah kamu temukan. Hal ini membuat makanan jenis ini banyak menjadi pilihan makanan untuk para pekerja. Namun, terlalu sering mengonsumsi makanan ini dapat memicu berbagai gangguan jantung karena kandungan kolesterol yang tinggi.

Mereka yang sering mengonsumsi makanan cepat saji memiliki kadar kolesterol lebih tinggi, daripada mereka yang membatasi asupan tersebut. Bahkan, mereka lebih berisiko mengalami penumpukan lemak pada perut, tingkat peradangan yang tinggi, hingga gangguan regulasi gula darah.

3. Daging Olahan

Daging olahan, seperti sosis atau bacon juga memiliki kandungan kolesterol tinggi yang perlu kamu batasi pengonsumsiannya. Selain gangguan pada jantung, makanan kolesterol tinggi juga bisa memicu berbagai penyakit lainnya, seperti kanker usus besar.

4. Makanan Manis

Kue, kukis, dan donat menjadi beberapa jenis makanan manis yang perlu kamu batasi asupannya. Pembuatan makanan manis tersebut umumnya menggunakan mentega yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh.

Makanan tersebut juga mengandung gula yang bisa meningkatkan kadar trigliserida darah dan lemak darah yang tidak sehat. Sebagai gantinya kamu bisa mengonsumsi buah-buahan sebagai makanan penutup.

Itulah makanan kolesterol tinggi yang perlu kamu hindari dan batasi pengonsumsiannya. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang berkaitan dengan kolesterol, segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit pilihan kamu menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 11 High Cholesterol Foods — Which to Eat, Which to Avoid.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. High-Cholesterol Foods to Eat and Avoid.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2022. Apa Itu HDL dan LDL?