4 Manfaat Prosedur Microneedling untuk Kesehatan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 September 2022

“Microneedling adalah prosedur invasif minimal menggunakan jarum tipis. Prosedur ini dapat membantu mengurangi munculnya masalah kulit seperti bekas jerawat, stretch mark atau kerutan.”

4 Manfaat Prosedur Microneedling untuk Kesehatan Kulit4 Manfaat Prosedur Microneedling untuk Kesehatan Kulit

Halodoc, Jakarta – Microneedling adalah prosedur kosmetik minimal invasif yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit dengan merangsang produksi kolagen. Juga dikenal sebagai terapi induksi kolagen, perawatan ini dilakukan dengan tusukan mikro di kulit menggunakan jarum mini yang disterilkan.

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), proses penyembuhan kulit setelah microneedling dapat membantu mengurangi munculnya bekas luka, dan bintik hitam serta meningkatkan elastisitas kulit.

Meski penelitian lebih lanjut diperlukan, tinjauan yang dimuat dalam Dermatology and Therapy menunjukkan bahwa prosedur microneedling dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang dengan alopecia.

Manfaat Prosedur Microneedling

Microneedling dapat mengatasi banyak masalah kulit dengan menawarkan peremajaan kulit. Beberapa manfaat microneedling, di antaranya:

  1. Menyamarkan kerutan dan garis halus

Ahli kecantikan percaya bahwa perawatan microneedling sangat bagus untuk mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat, termasuk mengatasi garis halus dan kerutan. Menurut ahli, produksi kolagen adalah kunci untuk mendapatkan manfaat antipenuaan sekaligus menyamarkan kemunculan garis-garis ini.

  1. Memudarkan luka bekas jerawat

Jika kamu mengalami jerawat parah, lesi mungkin meninggalkan bekas yang mengganggu, entah itu bekas luka atau hiperpigmentasi. Kabar baiknya, perawatan microneedling dapat membantu mengatasi masalah ini. Manfaat microneedling ini didapat dengan cara mengurangi dan mengisi area tersebut. 

Pigmentasi yang lebih merata adalah manfaat besar lainnya dari perawatan microneedling. Meski demikian, perawatan ini tidak disarankan untuk infeksi aktif atau jerawat aktif yang parah untuk menghindari penyebaran infeksi.

  1. Meningkatkan kecerahan kulit

Aspek positif lain dari microneedling adalah bahwa prosedur tersebut dapat membantu membuat kulit lebih bercahaya, sekaligus meningkatkan kecerahan alami pada kulit. Prosedur ini membuat kulit lebih kenyal dan meningkatkan luminositas dengan membuat kulit menjadi lebih halus. 

Produksi kolagen dan elastin yang diinduksi oleh prosedur ini benar-benar efektif untuk memerangi kulit kusam, dan menghaluskan kulit wajah secara keseluruhan.

  1. Memperbaiki tekstur kulit wajah

Ketidakteraturan tekstur wajah seperti pori-pori besar dan kulit wajah terasa kasar juga dapat diperbaiki dengan microneedling. Manfaat microneedling ini membantu pembentukan kolagen, membuat kulit lebih halus dan kencang dengan pori-pori lebih kecil.

Namun, perhatikan bahwa satu kali perawatan microneedling biasanya tidak akan memberikan hasil. Apabila kamu menginginkan hasil seperti pengurangan ekstrem pada jaringan parut jerawat, kerutan dalam, dan garis halus, kamu perlu serangkaian perawatan, setidaknya hingga tiga kali perawatan. 

Sementara itu, untuk masalah yang lebih serius, frekuensi perawatan bisa meningkat menjadi sekitar enam sampai delapan kali. Perawatan dilakukan kira-kira setiap empat hingga enam minggu untuk memungkinkan kulit melakukan penyembuhan di antara prosedur.

Ketahui Efek Sampingnya

Seperti semua prosedur kosmetik, microneedling juga menimbulkan efek samping dan risiko. Efek samping yang paling umum adalah iritasi kulit ringan segera setelah prosedur. Kamu mungkin juga melihat kulit menjadi kemerahan selama beberapa hari.

Segera lakukan pemeriksaan apabila kamu mengalami efek samping yang lebih serius, seperti:

  • Perdarahan.
  • Memar.
  • Infeksi.
  • Kulit mengelupas.

Selain itu, kamu mungkin tidak dianjurkan untuk melakukan prosedur microneedling apabila: 

  • Memiliki kondisi kulit tertentu, seperti psoriasis atau eksim.
  • Memiliki luka terbuka atau jerawat aktif.
  • Telah menjalani terapi radiasi baru-baru ini.
  • Memiliki riwayat bekas luka kulit.

Sementara untuk ibu hamil, dibutuhkan persetujuan dari dokter ahli kandungan sebelum menjalani prosedur perawatan. 

Prosedur microneedling bisa dilakukan di klinik kecantikan atau rumah sakit yang memiliki fasilitas penunjang. Pastikan prosedur hanya dilakukan oleh tenaga medis berpengalaman untuk mengurangi risiko komplikasi. Buat janji medis ke rumah sakit lebih mudah menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi Halodoc di App Store dan Play Store. 

Referensi:
Dermatology and Therapy. Diakses pada 2022. Microneedling and Its Use in Hair Loss Disorders: A Systematic Review.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. Microneedling: experienced hands can improve the face.
Healthline. Diakses pada 2022. Microneedling: Collagen Induction Therapy.
Prevention. Diakses pada 2022. 4 Benefits of Microneedling and Possible Side Effects, Per Dermatologists.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan