4 Manfaat vitamin C yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Februari 2022

“Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan beberapa sudah terbukti secara ilmiah. Tentunya, dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup secara rutin setiap harinya, kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut.”

4 Manfaat vitamin C yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah4 Manfaat vitamin C yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

Halodoc, Jakarta – Vitamin C adalah salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat. Terlebih lagi, di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, vitamin C disebut-sebut mampu menjaga sistem imunitas tetap prima. Di samping itu, masih banyak manfaat vitamin C yang sudah terbukti secara ilmiah dan perlu kamu ketahui. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut!

Manfaat Mengonsumsi Vitamin CDaftar Manfaat Mengonsumsi Vitamin CDownload aplikasi halodoc

Berbagai Manfaat Vitamin C secara Ilmiah yang Perlu Diketahui

Vitamin C memang telah terbukti dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Disebutkan jika setiap orang dewasa perlu memenuhi asupan vitamin C sekitar 75-90 mg per harinya. Kamu dapat memenuhi asupan ini melalui konsumsi buah-buahan ataupun suplemen yang dijual bebas. Sebab, tubuh tidak memproduksi vitamin ini, atau disebut juga dengan vitamin esensial.

Vitamin C juga disebut sebagai asam askorbat, fungsinya untuk berbagai proses di dalam tubuh, termasuk membangun tulang, kolagen, serta otot. Bahkan, asupan vitamin ini juga penting untuk menyembuhkan luka. Nah, maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa fungsi lainnya dari vitamin C yang sudah terbukti secara ilmiah. Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat dari vitamin C yang sudah terbukti secara ilmiah adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta melawan flu dan jenis infeksi lainnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Maastricht University pada Journal of Leukocyte Biology, disebutkan vitamin C dapat membantu tubuh mendorong produksi sel darah putih agar tubuh terlindungi dari infeksi.

2. Mencegah Kehilangan Penglihatan

Degenerasi makula terkait usia termasuk salah satu gangguan mata yang menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan. Sebuah studi menyebutkan konsumsi vitamin C yang cukup setiap harinya disertai dengan vitamin E, beta-karoten, zinc, dan tembaga dapat memperlambat masalah ini terjadi sebesar 25%. Dalam studi yang sama, vitamin ini juga dapat memperlambat kehilangan ketajaman penglihatan dan kejernihan visual sebanyak 15%.

Meski begitu, penelitian ini tidak dapat memastikan perbedaan dapat terlihat jika hanya vitamin C saja yang dikonsumsi. Selain itu, vitamin C juga dipelajari mampu mencegah katarak jenis tertentu sebelum terjadi. Disebutkan jika vitamin C sebanyak 135 mg dapat bermanfaat terkait hal ini. Maka dari itu, sangat baik untuk mengonsumsi vitamin C secara rutin disertai asupan penting lainnya.

3. Mencegah Akumulasi Radikal Bebas

Radikal dapat masuk ke tubuh dan saat terakumulasi terlalu banyak dapat menyebabkan stres oksidatif. Hal ini mampu menyebabkan penuaan dini dan beberapa masalah kesehatan, seperti rheumatoid arthritis, kanker, dan masih banyak lagi. Studi dari International Journal of Biomedical Science mengatakan bahwa antioksidan, termasuk juga vitamin C, dapat mencegah akumulasi radikal bebas.

4. Menurunkan Risiko Stroke

Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan berperan sangat baik untuk kesehatan jantung. Ada beberapa studi yang mengatakan jika vitamin ini berperan baik dalam kesehatan jantung. Disebutkan jika konsumsi vitamin C antara 200 hingga 550 miligram per hari efektif menurunkan risiko stroke. Hal ini mampu terjadi dipercaya karena kemampuan vitamin untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

Sekarang kamu tahu beberapa manfaat vitamin C yang memang sudah terbukti secara ilmiah. Tentunya, dengan mengonsumsi vitamin ini secara rutin, kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut. Meski begitu, jangan lupakan asupan vitamin lainnya yang tentunya juga dapat memberikan manfaat pada kesehatan tubuh.

Jika kamu mau tahu lebih lanjut tentang manfaat vitamin C, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan penjelasan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan untuk berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Insider. Diakses pada 2022. 5 science-backed health benefits of vitamin C and how to add more to your diet.
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Vitamin C?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan