5 Pantangan Makanan untuk Pengidap Penyakit Asam Urat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Januari 2024

“Pengidap penyakit asam urat perlu lebih memperhatikan makanan, karena makanan tertentu dapat memicu gejala asam urat. Beberapa makanan pantangannya yaitu daging merah dan daging olahan, alkohol, serta makanan dan minuman manis.”

5 Pantangan Makanan untuk Pengidap Penyakit Asam Urat5 Pantangan Makanan untuk Pengidap Penyakit Asam Urat

Halodoc, Jakarta – Pengidap penyakit asam urat disarankan cermat dalam memilih makanan. Sebab, ada beberapa makanan pantangan asam urat yang jika kamu konsumsi dapat memicu penumpukan cairan di sekitar persendian. Akibatnya, gejala asam urat muncul. 

Penumpukan cairan di sekitar persendian dapat menyebabkan kristal asam urat. Kemudian, pembentukan kristal tersebut menyebabkan persendian membengkak dan meradang, sehingga akan merasakan sakit yang hebat. 

Nah, salah satu cara untuk mencegah gejala muncul yaitu dengan menghindari makanan pantangan asam urat, terutama makanan yang banyak mengandung purin.

Makanan Pantangan Asam Urat yang Perlu Dihindari

Pengidap penyakit asam urat sebaiknya menghindari makanan yang mengandung banyak purin. Nah, purin adalah bahan kimia yang secara alami ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu. Saat tubuh memecah bahan kimia tersebut, terbentuk asam urat sebagai produk sampingannya. 

Itulah sebabnya, pengidap harus mengurangi makanan dan minuman dengan kandungan banyak purin, yaitu untuk mengurangi kadar asam urat. Maka itu penting untuk mengurangi konsumsi makanan tertentu untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. 

Berikut ini beberapa makanan pantangan yang sebaiknya dihindari pengidap asam urat:

1. Daging merah dan daging organ

Daging merah, termasuk daging organ, dari sapi, domba, dan kambing mengandung banyak purin. Hal itulah yang menyebabkan pengidap penyakit asam urat harus menghindari atau membatasi makanan tersebut secara ketat. 

Ada beberapa obat-obatan yang ampuh untuk mengatasi asam urat. Baca di artikel ini: “Ini 7 Rekomendasi Obat Asam Urat di Apotek yang Ampuh Redakan Nyeri Sendi”.

2. Alkohol

Alkohol dapat mengganggu proses pembuangan asam urat dari tubuh. Hal tersebut disebabkan adanya kadar purin yang tinggi dalam minuman beralkohol. 

Biasanya, purin akan terurai menjadi asam urat dan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Namun, proses tersebut dapat terhenti ketika kadar asam urat terlalu tinggi. Sebab kristal terbentuk di sekitar persendian, dan asam urat pun berkembang. 

3. Makanan dan minuman manis 

Makanan berikutnya yang menjadi pantangan asam urat yaitu makanan dan minuman manis. Asupan fruktosa dan makanan manis yang tinggi dapat berpengaruh pada kadar asam urat dalam tubuh. 

Meskipun minuman dengan fruktosa pada minuman ringan tidak mengandung purin dalam jumlah banyak, tapi tetap terbukti meningkatkan risiko serangan asam urat. Sebab, asam urat merupakan salah satu produk sampingan dari metabolisme fruktosa.

Nah, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi fruktosa dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Mau tahu lebih jauh mengenai makanan manis dengan asam urat? Baca di artikel ini: “Minuman Tinggi Gula Bisa Sebabkan Penyakit Asam Urat”.

4. Karbohidrat olahan

Pengidap penyakit asam urat juga harus menghindari atau membatasi konsumsi karbohidrat olahan. Makanan yang termasuk karbohidrat olahan yaitu:

  • Roti putih
  • Kue
  • Permen
  • Pasta (kecuali yang terbuat dari gandum utuh).

Perlu kamu ingat, makanan yang ramah untuk pengidap asam urat tidak mengandung karbohidrat olahan. Setidaknya pastikan jumlah yang terkandung sangat sedikit.

5. Makanan laut

Sama seperti daging merah, makanan laut seperti udang, kerang, sarden, dan ikan teri juga mengandung banyak purin.

Pengidap asam urat sebaiknya menghindari atau membatasi konsumsi makanan laut. Sebagai gantinya, pilihkan ikan yang rendah purin, seperti ikan salmon.

Mengatur Pola Makan Penting Dijalani Pengidap Asam Urat

Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Bahkan mengatur pola makan pun sebenarnya bukanlah pengobatan. 

Namun setidaknya mengatur pola makan dan cermat memilih makanan dapat mengelola gejala atau mencegah datangnya gejala. Meskipun begitu, perawatan tersebut harus kamu lakukan dalam jangka panjang dan disiplin.

Selain menjalani pola makan yang sehat, dokter mungkin juga merekomendasikan untuk menjalani pola hidup sehat. Termasuk olahraga secara teratur serta menurunkan berat badan berlebih. 

Dalam kebanyakan kasus, hal tersebut dapat membantu mengendalikan asam urat, tapi kamu tetap perlu membatasi makanan dengan banyak kandungan purin. Jika asam urat tak tertahankan cobalah 11 Pilihan Obat Asam Urat Alami yang Tanpa Efek Samping ini.

Tanyakan pada dokter bila penyakit asam urat tak kunjung membaik. Kemudian dapatkan obat-obatan yang kamu butuhkan di Toko Kesehatan Halodoc!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2023. How to Follow a Gout Diet
Everyday Health. Diakses pada 2023. Gout Diet: Foods to Eat and Avoid
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Gout Low Purine Diet
Healthline. Diakses pada 2023. Gout-Friendly Eating: Nutrition Guidelines and Diet Restrictions
WebMD. Diakses pada 2023. Gout Diet: Foods to Eat and Those to Avoid

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan