• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Mudik untuk Pengidap Penyakit Jantung

4 Tips Mudik untuk Pengidap Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Pengidap penyakit jantung tidak disarankan untuk mengendarai mobil seorang diri. Perlu adanya pendamping yang bisa menyetir agar bisa mengendarai mobil secara bergantian. Ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika muncul tanda-tanda kambuh saat berkendara. Selain itu, berikut adalah beberapa tips mudik untuk pengidap penyakit jantung yang perlu diketahui:

  1. Letakkan Obat di Tempat Terjangkau

Pastikan obat berada di tempat yang mudah dijangkau. Misalnya di saku baju atau dashboard mobil. Jangan lupa untuk memberitahu lokasi obat kepada teman seperjalanan. Sehingga saat muncul gejala kambuh, kamu atau teman seperjalanan bisa langsung menemukan obat yang dibutuhkan.

  1. Hindari Stres

Perjalanan mudik yang panjang dan macet tak jarang menimbulkan stres. Posisi duduk yang terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko kambuh akibat aliran darah yang tersumbat. Sehingga, kamu perlu mencari rute jalan yang tidak terlalu macet dan jangan terburu-buru dalam berkendara. Jika merasa lelah dan sudah terlalu lama duduk, istirahatlah sejenak di rest area terdekat (setidaknya empat jam sekali). Jika sudah merasa segar kembali, kamu bisa melanjutkan perjalanan.  

Baca juga: 3 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Jantung

  1. Bawa Bekal Makanan dan Minuman

Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah. Karena sebagian besar makanan yang dijual selama perjalanan mengandung jumlah garam dan gula yang tak terkendali.

  1. Kendalikan Emosi selama Perjalanan

Emosi yang meninggi bisa sangat memengaruhi tekanan darah sehingga meningkatkan risiko kambuh. Oleh sebab itu, kamu perlu mengendalikan emosi selama perjalanan. Misalnya dengan mendengarkan radio dan musik, atau melakukan hal lain yang menyenangkan.

Itulah empat tips mudik untuk pengidap penyakit jantung. Selain tips di atas, kamu juga perlu memeriksa kondisi kesehatan sebelum berangkat mudik. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar penyakit jantung, gunakan aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.