• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Pilih Warna Lipstik untuk Si Kulit Gelap

4 Tips Pilih Warna Lipstik untuk Si Kulit Gelap

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang berkulit gelap, suka merasa bingung tidak memilih warna lipstik yang tepat? Sebenarnya bukan hanya yang berkulit gelap saja, untuk warna kulit lainnya juga agak kesusahan memilih lipstik yang pas. Sedangkan sama-sama berkulit sawo matang saja kalau mengenakan warna lipstik yang sama bisa jadi penampakannya berbeda.

Biasanya tips memilih warna lipstik dimulai dari mencari tahu warna nadi di pergelangan tangan kamu. Jika nadi cenderung kehijauan maka jenis warna kulitmu warm, jika nadi berwarna kebiruan maka warna kulitmu termasuk cool. Kalau nadi warnanya di antara kedua warna tersebut maka kulit berada dalam golongan netral.

Setelah tahu kecenderungan warna nadi, kamu bisa tahu warna lipstik seperti apa yang cocok untuk kamu aplikasikan. Misalnya untuk yang warm, lipstik yang tepat adalah yang berwarna gelap, untuk yang cool cocoknya mengenakan lipstik dengan warna sedikit pink sedangkan kulit netral paling pas dengan warna nude ataupun pastel. (Baca juga Ini Cara Hilangkan Warna Bibir yang Menghitam)

Nah, khusus buat kamu yang berkulit gelap, berikut ada tips memilih warna lipstik yang lebih spesifik. Coba simak di sini, ya.

  1. Warna Lipstik Terang yang Gelap

Maksudnya kamu memilih warna lipstik terang yang warnanya tua. Misalnya nih, merah darah, pink yang gelap. Warna gelap akan menutupi pigmentasi yang biasa terjadi pada mereka yang berkulit gelap. Kemudian warna kuat di lipstik akan membentuk bibir lebih penuh dengan lekuk yang lebih berbentuk.

  1. Lipstik Matte

Tips memilih warna lipstik selanjutnya untuk kamu yang berkulit gelap adalah menggunakan lipstik matte. Tekstur lipstik matte yang menyatu dengan kulit bibir dan membuatnya terlihat penuh dan seksi. Lipstik glossy untuk wanita berkulit gelap hanya akan membuat penampilan ngejreng tapi tergantung sih kalau kamu pede.

  1. Aplikasikan Pelembab

Ada baiknya sebelum memoles lipstik, kamu pulas dulu bibir dengan pelembab supaya bibir mempunya base sebelum lipstik dipoleskan. Warna apapun yang akan kamu aplikasikan ke bibir akan lebih terlihat sempurna setelah lebih dulu diberi pelembab.

  1. Nude Lipstik

Sebenarnya nude lipstik juga disarankan untuk kamu yang berkulit gelap. Tapi yang perlu diperhatikan adalah riasan makeup supaya disesuaikan dengan lipstik yang digunakan. Supaya nude lipstikmu lebih spesial kamu bisa menambahkan riasan terang pada mata dan mempertegas alis kamu.

Tentunya selain menentukan warna lipstik yang tepat, kamu juga perlu menjaga kesehatan bibir. Kalau kamu punya pertanyaan mengenai kesehatan bibir dan penggunaan vitamin yang tepat bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan memberikan penjelasan dan saran terbaik. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store, melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih ngobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

 

Lipstik Bukan Sekadar Tren

Kalau kita lihat ke belakang, di zaman Romawi kuno penggunaan lipstik terutama yang berwarna cerah dikonotasikan untuk para pekerja seks komersil. Sedangkan di abad pertengahan di Eropa lipstik diartikan dengan orang-orang yang terlibat okultisme.

Di era sekarang ini lipstik tidak lagi menjadi alat dekorasi wajah tetapi cara wanita merepresentasikan diri termasuk mood-nya. Pernah tidak kamu sedang tidak mood mengenakan makeup termasuk berlipstik, tapi suatu ketika kamu ingin tampil cerah lalu mengenakan lipstik merah. Saat segala sesuatu tidak sesuai dengan harapan, ingin menyemangati diri sendiri kamu memilih warna lipstik yang ngejreng.

Dinamika penggunaan dan psikologi lipstik ini dimuat dalam penelitian yang dilakukan Edith Cowan University, Australia 2011 mengenai lipstik yang bukan hanya sekadar tren. Ada sejarah, dampak dan harapan psikologi mengenai lipstik. Wah, bisa tambah beauty knowledge kamu, kan?