• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Alami yang Bisa Dilakukan saat Mulut Terbakar

5 Cara Alami yang Bisa Dilakukan saat Mulut Terbakar

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Bagi pecinta makanan pedas, akan hambar rasanya jika tidak menambahkan saus atau sambal ke dalam makanan. Selain menambah nafsu makan, memang ada sensasi tersendiri saat makan makanan yang pedas. Namun, terkadang makanan yang terlalu pedas bisa mengiritasi mulut dan menimbulkan sensasi terbakar. 

Kalau sudah begini, cukup sulit untuk menghilangkan rasa terbakar dan terasa menyiksa jika tidak segera diatasi. Sebagian besar orang pun tidak tahu bagaimana mengatasi mulut terbakar setelah mengonsumsi makanan yang pedas. Kalau kamu salah satunya, kamu bisa coba tips berikut untuk mengatasi sensasi mulut terbakar akibat makan pedas:

Baca juga: Ini Bahaya Banyak Konsumsi Makanan Pedas Bagi Tubuh

1. Minum Susu

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau susu memang ampuh mengurangi sensasi pedas. Oleh sebab itu, lain kali kamu bisa mencobanya saat mulut terbakar setelah makan pedas. Menurut American Chemical Society, kasein (sejenis protein dalam susu) mampu menghilangkan capsaicin (zat yang ada dalam makanan pedas) pada reseptor saraf.

2. Minum Air Dingin

Logikanya sensasi terbakar akan menimbulkan sensasi panas. Nah, panas biasanya diredakan dengan lawannya, yaitu dingin. Cara ini mungkin sudah sering kamu lakukan saat mengonsumsi makanan pedas. Ternyata ini cukup ampuh, kok. American Academy of Dermatology merekomendasikan seseorang yang mengalami sensasi terbakar untuk merendam area tersebut dalam air dingin setidaknya selama 10 menit.

Ketika air sudah tidak dingin lagi, kamu bisa menggantinya dengan air dingin yang baru. Namun, sebaiknya hindari menempelkan balok es atau serpihan es langsung ke kulit ya. Pasalnya, cara ini justru bisa merusak kulit. Alih-alih menempelkan es batu, coba tambahkan es ke segelas air saja.

3. Pakai Madu atau Gula

Madu dan gula ternyata juga dapat membantu menetralkan sensasi panas dari makanan pedas. Kamu bisa mengonsumsi madu dan gula secara langsung atau melarutkannya dengan air terlebih dahulu. Madu dan gula dapat menyerap minyak pedas, sehingga bisa kamu coba untuk meredakan sensasi terbakar di mulut.

Baca juga: Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan

4. Makan Cokelat

Bagi pecinta cokelat, ada kabar baik, lho. Makan sebatang cokelat ternyata bisa mengurangi sensasi terbakar dan kesemutan di mulut. Kandungan lemak yang tinggi pada cokelat membantu mengeluarkan sebagian capsaicin dari mulut karena zat ini ternyata lebih larut dalam lemak daripada larutan berbahan dasar air. 

Untuk hasil terbaik, sebaiknya pilih cokelat susu daripada cokelat hitam. Alasannya, cokelat susu memiliki kandungan lemak dan kasein yang lebih tinggi, sehingga bisa meredakan pedas lebih cepat. 

5. Mengunyah Roti atau Nasi

Roti adalah jenis makanan yang mudah menyerap cairan. Jadi, mengunyah sepotong roti bisa meredakan mulut kamu yang terbakar dengan cara menyerap zat capsaicin. Selain roti, nasi juga bisa memberikan efek yang sama seperti roti, tetapi mungkin menyerap lebih sedikit minyak karena tekstur bulirnya.

Baca juga: Hobi Makan Pedas Bisa Picu Kerusakan Otak?

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba saat mengalami mulut terbakar setelah makan makanan pedas. Kalau kamu punya masalah kesehatan lain, kamu bisa menghubungi dokter lewat Halodoc. Tidak usah repot ke rumah sakit, lewat smartphone yang kamu punya, kamu bisa menghubungi segala macam dokter kapan saja dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Medical Daily. Diakses pada 2020. Don't Feel The Burn: 5 Best Remedies To Cool Your Tongue After Eating Spicy Food.
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to treat a burn on the roof of the mouth at home.