• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Cepat Mengecilkan Paha

5 Cara Cepat Mengecilkan Paha

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Hampir semua wanita yang melakukan diet, sukses mengecilkan perut, lengan, dan pinggangnya. Namun, tidak semua berhasil mengecilkan paha. Paha yang terlihat besar menjadikan sebagian wanita tidak percaya diri, terlebih saat mengenakan rok yang menampilkan bentuk kaki.

Faktanya, diet bukan menjadi cara mengecilkan paha yang ampuh. Diet memang membantu, tetapi kamu tetap harus mengimbanginya dengan aktivitas fisik yang bisa mengurangi penimbunan lemak di kaki, terutama di bagian paha.

Penyebab Paha Menjadi Besar

Ukuran paha yang terlihat lebih besar ternyata bisa disebabkan karena berbagai hal, di antaranya adalah sebagai berikut:

Kegemukan

Obesitas atau kegemukan memang menjadi penyebab utama tubuh menjadi tidak ideal. Salah satu cirinya adalah paha yang terlihat lebih besar. Ini terjadi karena adanya kelebihan lemak tubuh yang pada akhirnya tersimpan di beberapa bagian tubuh, seperti perut, pinggang, dan paha.

Terlalu Sering Mengangkat Beban Berat

Saat mengangkat beban yang berat, kaki menjadi tumpuan yang paling utama agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. Tentu saja, paha dan betis berperan penting untuk menopang tubuh kamu, terlebih saat kamu berjalan kaki dengan membawa beban berat tersebut. Lama-lama, akan terbentuk otot baru dengan tekstur yang lebih keras yang membuat paha akan terlihat lebih besar.

(Baca juga: 3 Olahraga yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Sering Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi memang mampu membuat penampilan kamu terlihat sempurna. Namun, kamu tetap perlu waspada, karena kebiasaan ini justru akan membuat paha dan betis terlihat lebih besar. Tubuh akan bertumpu sepenuhnya pada tumit saat kamu memakai high heels, dan ini akan membuat otot betis dan paha kamu membesar.

Cara Cepat Mengecilkan Paha

Memiliki paha ramping pasti menjadi dambaan setiap wanita. Nah, supaya paha kamu terlihat ramping, coba lakukan cara berikut ini:

Melakukan Gerakan Tekuk Lutut

Cara mengecilkan paha adalah dengan rutin melakukan gerakan menekuk lutut. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan bantuan keluarga atau di kantor bersama teman kerja saat sedang beristirahat. Caranya, tautkan kedua tangan kamu dan temanmu. Luruskan salah satu kaki, sementara tekuk kaki lainnya. Pastikan telapak kaki kamu dan temanmu saling bertemu ya. Tarik dan luruskan masing-masing kaki secara bergantian.

Rutin Latihan Kardio

Selanjutnya, kamu bisa melakukan latihan kardio untuk membuat paha lebih ramping, misalnya dengan berjalan kaki, jogging, treadmill, atau lompat tali. Tak perlu keluar rumah kalau kamu tidak sempat, karena semua aktivitas ini juga bisa kamu lakukan di dalam ruangan dengan bantuan alat-alat kebugaran. Semua jenis aktivitas ini ampuh untuk membakar lemak tubuh, terutama yang tertimbun pada kaki.

Lakukan Gerakan Fire Hydrant

Fire hydrant adalah salah satu gerakan yang disinyalir mampu membantu mengecilkan ukuran paha kamu. Aktivitas ini juga tak akan menghabiskan banyak biaya, karena bisa kamu lakukan di dalam rumah.

Caranya, ambillah posisi merangkak dan pastikan lutut dan tangan terbuka hingga selebar bahu dan pinggul kamu. Cobalah angkat salah satu kaki dan luruskan hingga sejajar punggung. Hitung selama delapan detik, lalu turunkan dan ganti dengan kaki lainnya.

(Baca juga: 3 Latihan yang Bisa Dilakukan dengan Gym Ball)

Naik Turun Tangga

Bagi sebagian orang, aktivitas naik turun tangga memang melelahkan. Padahal, kegiatan satu ini sangat efektif untuk mengecilkan pada dan betis. Saat naik dan turun tangga, jantung kamu akan berdetak lebih cepat. Kalori dalam tubuh pun akan terbakar. Jika kamu melakukannya secara rutin, memiliki paha dan betis yang ramping dengan bokong yang kencang tak lagi jadi sekadar mimpi.

Jaga Asupan Makanan

Selain melakukan gerakan kaki, menjaga asupan nutrisi tubuh juga penting. Supaya lemak jahat tak kembali menghuni bagian paha dan betis, sebaiknya mulai sekarang pilihlah makanan yang rendah lemak, seperti makanan manis dan berminyak. Tingkatkan asupan protein agar otot tubuh bisa terbentuk sempurna.

(Baca juga: 4 Makanan Sumber Protein Nabati yang Baik untuk Tubuh)

 

Itu tadi lima cara mengecilkan paha yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu ingin tahu berbagai tips lain seputar diet atau cara membuat tubuh ramping, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada ahlinya. Halodoc juga memudahkan kamu untuk mendapatkan obat atau vitamin pilihan tanpa perlu keluar rumah, lho. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!