• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengatasi Dry Socket Usai Pencabutan Gigi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengatasi Dry Socket Usai Pencabutan Gigi

5 Cara Mengatasi Dry Socket Usai Pencabutan Gigi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 November 2022

“Cara mengatasi dry socket berfokus untuk meredakan rasa nyerinya. Beberapa perawatan di rumah bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gigi tersebut, perawatan oleh dokter gigi tetap dianjurkan untuk penanganan yang lebih efektif.”

5 Cara Mengatasi Dry Socket Usai Pencabutan Gigi5 Cara Mengatasi Dry Socket Usai Pencabutan Gigi

Halodoc, Jakarta – Cabut gigi adalah prosedur yang umum dilakukan dalam perawatan mulut dan gigi. Sebenarnya prosedur tersebut aman, asalkan dilakukan oleh dokter gigi profesional, tapi risiko kesehatan tetap ada. Salah satu masalah kesehatan yang bisa terjadi usai pencabutan gigi adalah dry socket

Setelah gigi dicabut, gumpalan darah akan terbentuk pada lubang di tulang tempat gigi berada, yaitu soket. Namun, dry socket terjadi ketika gumpalan darah tersebut copot sebelum rahang sembuh atau malah tidak terbentuk sama sekali. 

Akibatnya, tulang dan saraf di bawahnya bisa langsung terpapar oleh berbagai macam hal, seperti kotoran, makanan, dan lain-lain. Hal itu bisa menimbulkan rasa sakit yang cukup parah dan menunda penyembuhan. 

Meskipun dry socket perlu ditangani oleh dokter gigi profesional, tapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kesehatan mulut tersebut di rumah. 

Cara Mengatasi Dry Socket 

Pengobatan dry socket berfokus untuk mengurangi gejala, terutama rasa sakitnya. Terkadang, hal itu bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa cara mengatasi dry socket yang bisa kamu coba di rumah:

1. Berkumur dengan lembut dengan air garam

Salah satu cara mengatasi dry socket yang baik adalah dengan berkumur dengan air garam hangat. Ini akan membantu menghilangkan partikel makanan yang bisa mengiritasi soket dan meningkatkan pembekuan darah.

Caranya, bilaslah mulut selama sekitar 30 detik dengan air garam hangat, lalu buang. Ulangi cara ini sesering yang  dibutuhkan, tapi idealnya minimal tiga kali.

2. Gunakan terapi dingin dan panas

Bila merasa sangat sakit setelah pencabutan gigi, cobalah mengaplikasikan kompres dingin dan panas. Selama 24 jam pertama setelah cabut gigi, gunakanlah kompres dingin yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit dengan memberikan efek mati rasa. Setelah itu, kamu bisa menggunakan kompres hangat dengan meletakkan waslap hangat di bagian luar rahang.

3. Teteskan madu pada luka

Madu memiliki sifat antibakteri dan penyembuhan. Bahan alami ini bisa membantu menenangkan luka dan mengurangi rasa sakit akibat dry socket secara alami. Untuk mengatasi dry socket dengan madu, teteskanlah madu pada bola kapas, lalu tempelkan ke soket kamu, dan biarkan selama beberapa jam.

4. Minum teh chamomile atau teh hitam

Teh chamomile juga sangat bagus untuk mengatasi dry socket karena kaya akan antioksidan. Kandungan ini membantu meningkatkan penyembuhan dengan melawan infeksi dan membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri. Teh hitam juga bisa menawarkan manfaat yang serupa.

Cara mengatasi dry socket dengan teh, yaitu masukkan beberapa kantong teh ke dalam air mendidih selama 3-5 menit, lalu angkat dan biarkan agak dingin. Kemudian letakkan kantong teh pada luka untuk membantu mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi.

5. Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas

Bila rasa sakit yang ditimbulkan dry socket sangat parah, minum obat pereda nyeri efektif untuk meredakannya. Perlu diingat, obat tersebut tidak menyembuhkan dry socket, tapi hanya membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Beberapa obat pereda nyeri yang bisa diminum, yaitu ibuprofen dan naproxen. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis pada kemasan agar tidak terlalu banyak.

Selain perawatan di rumah di atas, cara mengatasi dry socket yang efektif adalah dengan menemui dokter gigi. Dokter bisa menutup soket kamu dengan gel atau pasta atau pembalut obat. Ini bisa meredakan nyeri dengan cepat. 

Tingkat keparahan rasa sakit dan gejala lainnya akan menentukan apakah kamu perlu penggantian balutan obat, dan seberapa sering atau apakah kamu memerlukan perawatan lain.

Bila kamu mengalami keluhan gigi, kamu juga bisa tanya dokter gigi dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Wayzata Dental. Diakses pada 2022. How To Treat A Dry Socket: 6 Ways To Ease The Pain.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Dry socket