5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Efektif

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 April 2024

“Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Contohnya seperti menggunakan minyak angin, minum air jahe hangat, dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.”

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Efektif5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Efektif

DAFTAR ISI

Kenali Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Rekomendasi Obat Hidung Tersumbat yang Ampuh


Halodoc, Jakarta – Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pilek, sinus, alergi, dan sebagainya. Hidung tersumbat adalah situasi yang mengganggu sehingga kamu perlu tahu cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. 

Akibat hidung tersumbat, kamu jadi susah bernapas, tidur tidak nyaman, dan membuat penciuman kehilangan sensitivitasnya.

Kenali Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Nah, untungnya ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif seperti berikut ini: 

1. Menghirup Uap Panas

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif adalah menghirup uap panas. Kamu bisa merebus air hingga mendidi, lalu letakkan ke dalam wadah atau ember. 

Kemudian, kamu duduk menghadap baskom tersebut sehingga uapnya bisa mengenai wajahmu. Tutupi kepala dengan handuk dan bernapaslah di antara uap tersebut.

2. Menggunakan Minyak Angin

Minyak angin adalah pengobatan alami sebagai penanganan untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif.

Kamu bisa menggunakan balsem, atau kayu putih untuk digosokkan ke area dada, leher, maupun hidung. Aroma terapi dari minyak angin tersebut dapat menghangatkan hidung dan melancarkan hidung tersumbat.

3. Minum Air Jahe Hangat

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah minum air jahe hangat. Air jahe hangat tidak hanya membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat, melainkan juga membuat kamu lebih fit dan sehat.

4. Tetap Terhidrasi

Tetap terhidrasi adalah salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Mengapa demikian? Sebab sangat penting untuk tetap menjaga asupan cairan supaya tubuh tidak kehilangan cairan tubuh yang membuat kondisi tubuh menjadi semakin memburuk. 

Terkadang, kondisi hidung tersumbat membuat kamu enggan untuk minum air. Nah, setelah mengetahui pentingnya konsumsi air, sebaiknya kamu tidak melupakan ritual yang satu ini sebagai cara membantu mempercepat proses pemulihan tubuh, ya!

5. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Berjemur di matahari pagi bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Kamu sebaiknya duduk di matahari pagi antara jam 7 – 9 untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari yang sehat.

Tidak hanya paparan sinar matahari yang baik untuk imunitas tubuh, berjemur di matahari pagi juga baik untuk sistem metabolisme tubuh sehingga tubuh bisa membuang racun dan mempercepat proses penyembuhan.

Rekomendasi Obat Hidung Tersumbat yang Ampuh

Selain menggunakan cara alami tersebut, kamu juga bisa menggunakan obat hidung tersumbat yang bisa kamu dapatkan di Toko Kesehatan Halodoc.

1. Actifed Sirup 60 ml (Kuning)

Obat hidung tersumbat pertama yang dapat kamu gunakan adalah Actifed Sirup 60 ml (Kuning).

Actifed Sirup Kuning mengandung Pseudoefedrin HCl dan Triprolidine yang ideal untuk meredakan gejala pilek, hidung tersumbat, dan alergi pernapasan hidung secara efektif.

Untuk dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun, dosis penggunaan obat ini adalah 1 sendok takar (5 ml), 3 kali sehari. Sementara itu, untuk anak-anak usia 6-12 tahun, dosisnya adalah 1/2 sendok takar (2,5 ml), 3 kali sehari. 

Obat ini sebaiknya tidak diberikan pada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak di bawah 6 tahun, kecuali atas rekomendasi dari dokter.

Rentang harga: Rp68.500 – Rp69.800 per botol.

Dapatkan Actifed Sirup 60 ml (Kuning) di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Paramex Flu & Batuk PE 4 Tablet

Berikutnya, kamu juga dapat menggunakan obat Paramex Flu & Batuk PE 4 Tablet untuk mengatasi hidung tersumbat.

Obat ini adalah obat yang dirancang khusus untuk meredakan gejala flu. Misalnya seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin, serta batuk kering atau tidak berdahak.

Kamu dapat mengonsumsi obat ini sesudah  makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Anak-anak 6-12 tahun : 3 kali sehari 1/2 tablet.
  • Dewasa : 3 kali sehari 1 tablet.

Penggunaan pada anak di bawah 6 tahun, wanita hamil, dan menyusui hanya boleh dilakukan atas petunjuk dokter. Jika gejala tidak berkurang dalam waktu 3 hari, segera berkonsultasi dengan dokter atau unit pelayanan kesehatan. 

Rentang harga: Rp2.800 per strip.

Dapatkan Paramex Flu & Batuk PE 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Ultraflu PE 4 Tablet

Opsi obat hidung tersumbat lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Ultraflu PE 4 Tablet. Dengan kandungan Paracetamol, Phenyleprine, dan Chlorpheniramine Maleate, obat ini secara efektif untuk meredakan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Untuk orang dewasa dan anak di atas 12 tahun, dosis penggunaan obat ini adalah 1 kaplet sebanyak 3 kali sehari. Obat dapat kamu konsumsi setelah makan. 

Apabila flu tidak reda dalam 3 hari, segera berkonsultasi dengan dokter umum atau spesialis di Halodoc. Selain itu, hentikan pemakaian apabila kamu mengalami gejala sulit tidur, jantung berdebar, dan pusing.

Rentang harga: Rp3.400 per strip.

Dapatkan Ultraflu PE 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Nodrof PE 10 Kaplet

Pilihan obat hidung tersumbat lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Nodrof PE 10 Kaplet. Obat ini mengandung bahan aktif parasetamol 650 mg, phenylephrin HCl, diphenhydramine HCl.

Dengan bahan-bahan tersebut, Nodrof Kaplet dapat bekerja secara efektif untuk meredakan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Dosis orang dewasa untuk obat ini adalah 3 x sehari 1 kaplet. Perlu diperhatikan, obat ini berpotensi menyebabkan gejala efek samping seperti rasa kantuk, gangguan pencernaan, hingga retensi urin.

Rentang harga: Rp7.900 – Rp9.000 per strip.

Dapatkan Nodrof PE 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. OBH Nellco Special PE Sirup 55 ml

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan obat hidung tersumbat OBH Nellco Special PE Sirup 55 ml.

Obat ini mengandung berbagai zat aktif dalam bentuk sirup yang bermanfaat mengatasi gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung, dan bersin-bersin yang disertai batuk.

Sebelum mengonsumsi obat, pastikan kamu telah mengocok obat terlebih dahulu. Kamu dapat meminum obat ini sesudah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa dan anak-anak usia lebih dari 12 tahun : 3 kali sehari 3 sendok takar. 
  • Anak-anak usia 6 – 12 tahun : 3 kali sehari 1.5 sendok takar.

Rentang harga: Rp20.000 – Rp47.100 per botol.

Dapatkan OBH Nellco Special PE Sirup 55 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif.

Apabila kamu mengalami hidung tersumbat, kamu bisa mendapatkan obat hidung tersumbat dari Toko Kesehatan Halodoc dengan praktis tanpa perlu repot.

Kamu juga bisa konsultasi online dengan dokter THT di Halodoc dengan biaya yang lebih hemat menggunakan kode kupon, klik gambar berikut ini.

chat dokter tht halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Clear a Stuffy Nose.
WebMD. Diakses pada 2023. 5 Ways to Get Rid of a Stuffy Nose.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan