5 Cara Mengolah Jahe dan Manfaatnya bagi Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Maret 2022

“Jahe adalah rempah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dengan mengolahnya secara sederhana saja, kamu sudah bisa mendapatkan manfaatnya. Seperti menjaga kebugaran, membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, dan mengurangi peradangan.”

5 Cara Mengolah Jahe dan Manfaatnya bagi Tubuh5 Cara Mengolah Jahe dan Manfaatnya bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Jahe memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mengontrol berat badan, menjaga kebugaran, membantu menjaga kadar gula darah tetap normal, mengurangi peradangan, mengobati jerawat, serta berbagai manfaat lainnya.

Ada banyak cara mengolah jahe yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dikarenakan jahe memiliki kandungan zat aktif yang melimpah, seperti senyawa fenolik dan terpena. Kemudian ada juga senyawa fenolik dan gingerol yang juga terkandung dalam jahe.

Cara Mengolah Jahe untuk Mendapatkan Manfaatnya

Mengetahui kandungan dan manfaat jahe bagi tubuh, ada baiknya kamu menyelipkan jahe dalam menu harian. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang lebih maksimal, begini cara mengolah jahe:

1. Direbus Bersama Bahan Lain

direbus

Buat kamu yang familiar dengan wedang jahe, pasti sudah tahu campuran tokcer untuk teman rebusan jahe. Apa sajakah itu? Serai, gula merah, cengkih, dan kayu manis, yang kemudian ditambahkan dengan geprekan jahe. Setelah itu, rebus semua bahannya hingga air mendidih dan semua bahannya tercampur rata. 

2. Digeprek Lalu Dituang Air Panas

dituang air panas

Selain direbus, kamu juga bisa mendapatkan manfaat jahe dengan menggepreknya dan menambahkannya air panas. Cara ini memang sederhana, tetapi kamu tetap bisa mendapatkan manfaat kesehatan darinya.

3. Olahan Sup

olahan sup

Sup adalah salah satu menu makanan yang kerap dihidangkan saat seseorang sedang sakit. Untuk mendapatkan khasiat jahe, kamu bisa memasukkannya pada rebusan sup yang sedang kamu olah. Penambahan jahe akan memberikan sensasi hangat dan juga menambah nutrisi pada sup.

4. Irisan Jahe dalam Tumis Sayur

irisan jahe tumis sayur

Kamu juga bisa mengolah jahe dengan cara menambahkan irisan jahe ke dalam tumis sayuran yang sedang kamu masak. Biasanya, selain diiris, kamu juga bisa menggeprek jahenya, lalu ditumis bersama sayuran. Kamu bisa menggunakan kacang panjang, tauge, sawi putih, atau sayur brokoli untuk tumisannya.

5. Jahe Direbus Bersama Daging

jahe direbus bersama daging

Kamu juga bisa mengolah jahe sebagai salah satu bahan sehat untuk mengurangi lemak pada rebusan dagingmu. Misalnya, kamu mau memasak ayam goreng. Sebelum menggoreng ayam, ada baiknya kamu merebus ayam tersebut terlebih dahulu untuk melunturkan lemaknya. Pun, ayam yang direbus dengan jahe juga bisa lebih empuk dan bercita rasa enak.

Itulah beberapa cara mengolah jahe untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi tubuh. Punya pertanyaan seputar isu kesehatan, tanyakan saja langsung ke dokter di Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download sekarang juga, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Proven Health Benefits of Ginger.
Serious Eats. Diakses pada 2022. How to Prepare and Store Ginger.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Is drinking ginger water good for health?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan