• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Turunkan Berat Badan dengan Diet Karbohidrat

5 Cara Turunkan Berat Badan dengan Diet Karbohidrat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar tentang diet karbohidrat? Diet karbohidrat merupakan salah satu jenis diet yang bisa kamu lakukan di mana mengonsumsi makanan yang menjadi sumber karbohidrat dengan porsi yang lebih sedikit. Diet karbohidrat juga dikenal sebagai diet rendah karbohidrat. Tidak hanya untuk menghindari berbagai gangguan penyakit, diet karbohidrat juga bisa dilakukan bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Baca juga: Seberapa Penting Olahraga saat Masih Menjalani Diet Karbo?

Namun, tahukah kamu ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan dengan diet karbohidrat? Tidak ada salahnya ketahui dan simak beberapa ulasan mengenai diet karbohidrat yang tepat, agar kebutuhan nutrisi untuk tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

Beberapa Cara Diet Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi bagi tubuh. Untuk itu, menjalani diet karbohidrat bukan artinya kamu tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Diet karbohidrat merupakan metode diet di mana kamu mengurangi asupan karbohidrat dan menambahkan asupan protein dan lemak baik dalam tubuh.

Melansir Mayo Clinic, normalnya pada orang dewasa asupan karbohidrat disarankan lebih dari setengah kalori yang dibutuhkan setiap hari. Saat kamu membutuhkan 2000 kalori per hari artinya kamu membutuhkan karbohidrat sebanyak 900–1300 kalori. Berbagai manfaat bisa kamu alami ketika melakukan diet karbohidrat dengan tepat, seperti menurunkan berat badan hingga terhindar dari berbagai gangguan penyakit kronis.

Baca juga: Lebih Baik Mana: Diet Cepat atau Diet Sehat?

Tidak ada salahnya ketahui beberapa cara diet karbohidrat yang tepat agar kamu dapat merasakan hasilnya dengan efektif.

1.Diet Rendah Karbohidrat

Cara diet karbohidrat ini akan membatasi asupan karbohidrat dan memperbanyak asupan protein. Seseorang yang menjalankan cara ini akan lebih banyak mengonsumsi makanan, seperti daging, ikan, telur, sayur, buah, hingga kacang-kacangan. 

2.Diet Ketogenik

Cara ini sangat membatasi karbohidrat dan memperbanyak asupan lemak dan protein. Dengan cara ini, asupan karbohidrat akan dibatasi kurang dari 50 gram, bahkan terkadang hanya 20–30 gram per hari.

3.Rendah Karbohidrat Tinggi Lemak

Seseorang yang menjalani diet karbohidrat dengan cara ini akan memperbanyak asupan daging, ikan, telur, lemak sehat, produk susu, dan kacang-kacangan. Asupan karbohidrat yang direkomendasikan dalam diet ini sekitar 20–100 gram per hari.

4.Diet Atkins

Cara ini merupakan pola makan rendah karbohidrat, tetapi kamu dapat mengonsumsi protein dan lemak sebanyak yang kamu inginkan. Cara ini akan melalui beberapa fase, seperti mengurangi asupan karbohidrat, menambahkan sayuran dan buah, menambah kembali asupan karbohidrat, dan mengonsumsi karbohidrat kembali secara normal tanpa menambah berat badan.

5.Zero Carb

Zero carb merupakan cara diet karbohidrat dengan menghilangkan semua karbohidrat dari makanan yang dikonsumsi. Biasanya, seseorang yang menjalankan zero carb akan banyak mengonsumsi daging, ikan, telur, dan lemak hewani. Namun, cara ini tidak begitu disarankan karena dapat meningkatkan risiko kekurangan nutrisi penting, seperti vitamin C dan juga serat.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Diet

Itulah beberapa cara diet karbohidrat yang bisa kamu jalankan. Tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter ketika kamu akan memilih diet karbohidrat sebagai metode penurunan berat badan.

Sebaiknya lakukan diet karbohidrat secara perlahan agar kamu tidak mengalami efek samping dari diet karbohidrat, seperti sakit kepala, bau mulut, kelelahan, kram otot, ruam kulit, hingga konstipasi atau diare.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Low Carb Diet: Can It Help You Lose Weight?
Healthline. Diakses pada 2020. A Low Carb Meal Plan and Menu to Improve Your Health.
Healthline. Diakses pada 2020. The 8 Most Popular Ways to Do a Low Carb Diet.