• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Dampak Buruk AC Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

5 Dampak Buruk AC Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Saat ini, keberadaan Air Conditioner (AC) telah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi. Penggunaan AC pun tidak lagi hanya di satu tempat, tetapi hampir di seluruh tempat setiap orang melakukan aktivitasnya sehari-hari. Mulai dari ruang keluarga, kamar tidur, ruang kantor, hingga di dalam mobil.

Pengatur suhu udara ini dibutuhkan agar ruangan menjadi dingin serta memberikan kenyamanan saat berada dalam ruangan. Namun pada kenyataannya, seharian terkena pendingin ruangan bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

  1. Mudah Lelah

Dampak AC bagi kesehatan yang perlu diketahui adalah membuat tubuh lebih gampang mengalami lelah. Sadar atau tidak, hal ini seringkali terjadi karena kurangnya udara segar alami yang masuk ke dalam paru-paru. Bukan hanya kelelahan yang akan dirasakan, tapi juga beragam gangguan akan muncul seperti gangguan syaraf serta gejala mual yang disertai sakit kepala.

  1. Kulit Kering

Dengan seharian berada di ruangan ber-AC, maka perlahan-lahan akan mengurangi kelembapan kulit. Selain itu, tubuh akan mengalami dehidrasi, sehingga dua hal ini akan memicu kekeringan pada kulit. Jika kulit telah mengalami kekeringan, produksi selaput lendir pun otomatis akan berkurang.

  1. Leher Tengeng

Jangan heran ketika terbangun di pagi hari setelah semalaman tidur di dalam kamar ber-AC, kamu mengalami leher tengeng. Lehermu akan terasa nyeri serta sulit untuk menoleh. Gangguan kesehatan yang juga disebut tortikolis ini salah satu dampak negatif penggunaan AC.  

  1. Sesak Nafas

Apabila ruangan terus menerus dialiri AC, produksi lendir iritasi membran pun akan terus diproduks, sehingga akan mengakibatkan sesak napas. Tidak hanya itu, AC juga mengandung zat kimia yakni paradichlorobenzene dan formaldehyde yang memicu penyakit pernapasan lainnya seperti asma.

  1. Sistem Imun Menurun

Kurangnya sirkulasi udara segar di dalam ruangan karena terus menerus menggunakan AC membuat  potensi penularan sumber-sumber infeksi seperti kuman, bakteri, dan virus menjadi lebih tinggi. Apabila di dalam sebuah ruangan ada yang mengalami sakit, besar kemungkinan orang lain akan tertular.

Hal ini berdampak pula terhadap sistem kekebalan tubuh yang mengalami penurunan karena kondisi udara sekitar yang terbilang lembap. Flu dan pilek merupakan salah satu contoh gangguan kesehatan yang bisa menyebar di dalam ruangan ber-AC akibat menurunnya sistem imun.

Apabila kamu merasa telah mengalami beragam gangguan kesehatan di atas, jangan ragu untuk segera mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Ada beragam pilihan komunikasi berupa chat, voice, atau video call untuk berdiskusi dengan dokter yang ada di Halodoc. Bila ingin membeli kebutuhan medis seperti obat atau vitamin, kamu bisa menggunakan layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkannya ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam.

Nah, saat ini Halodoc juga melengkapi fiturnya dengan layanan Lab Service. Layanan baru ini memungkinkan kamu untuk melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan. Hasil lab bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc. Halodoc sendiri telah bekerjasama dengan Laboratorium Klinik terpercaya yaitu Prodia. Jadi, tak perlu ragu lagi! Segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: Tanpa Minum Obat, Redakan Flu Bisa dengan 4 Makanan Sehat Berikut