5 Dampak Panjang Barotrauma Bila Tak Ditangani

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Desember 2022

“Dampak jangka panjang barotrauma ternyata cukup berbahaya. Ini bisa mengakibatkan cedera telinga, infeksi sinus, cedera wajah, gigi, dan masalah paru.”

5 Dampak Panjang Barotrauma Bila Tak Ditangani5 Dampak Panjang Barotrauma Bila Tak Ditangani

Halodoc, Jakarta –  Barotrauma adalah kondisi yang mengacu pada cedera akibat peningkatan tekanan udara atau air, seperti selama penerbangan pesawat atau menyelam. Barotrauma yang umum terjadi adalah barotrauma pada telinga 

Beberapa dampak panjang barotrauma bila tak mendapat perawatan tepat adalah pusing, telinga berdenging, hingga kehilangan pendengaran. Informasi lengkap mengenai dampak panjang barotrauma bisa kamu baca di sini!

Dampak Jangka Panjang Barotrauma

Barotrauma akan menyebabkan gejala yang berbeda, tergantung pada bagian tubuh yang terkena. Kondisi ini pun bisa berdampak panjang bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Dampak jangka panjangnya adalah sebagai berikut:

1. Cedera Sinus

Barotrauma adalah cedera jaringan yang terjadi akibat perubahan terkait tekanan dalam volume gas kompartemen tubuh. Ketika ini memengaruhi telinga, bisa menyebabkan sinus. 

Cedera sinus adalah cedera jaringan yang terjadi akibat perubahan cepat perbedaan tekanan barometrik antara udara intrasinusal dan atmosfer sekitarnya. Cedera sinus akibat barotrauma kerap terjadi pada para penyelam dan penumpang pesawat yang mengalami perubahan tekanan mendadak.

2. Cedera Telinga

Cedera telinga akibat jangka panjang barotrauma dapat terjadi akibat perbedaan tekanan antara bagian dalam telinga dan bagian luar telinga. Ini dapat menyebabkan rasa sakit dan terkadang gangguan pendengaran seumur hidup (permanen). 

3. Cedera Wajah

Cedera wajah terjadi ketika adanya kegagalan untuk menyamakan ruang udara yang tercipta antara masker dan wajah. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah cedera yang relatif tidak terlalu signifikan, dan umum terjadi pada penyelam baru.

Kondisi ini mengakibatkan tekanan negatif pada jaringan lunak di bawah masker (pipi atas, hidung, dahi bawah, kelopak mata, dan bola mata) serta pembengkakan pembuluh darah. 

4. Cedera Gigi

Tekanan di bawah air juga bisa menyebabkan kerusakan gigi. Perubahan tekanan barometrik dapat menyebabkan fraktur jaringan keras gigi atau restorasi.

Ketika udara terperangkap dalam ligamen periodontal, ia menyebar lebih cepat karena suplai darah yang kuat. Dalam fraktur gigi saraf vital atau nonvital, udara yang terperangkap dapat menyebabkan rasa sakit untuk waktu yang bervariasi. 

5. Pneumotoraks

Pneumotoraks dan pneumomediastinum adalah dampak jangka panjang lain dari barotrauma. Orang yang mengalami kondisi ini memerlukan pemeriksaan neurologis dan pencitraan dada. Penanganan dan pencegahan melibatkan pengurangan perilaku berisiko dan konseling ketika hendak melakukan kembali penyelaman. 

Penyelam Berisiko Alami Barotrauma

Barotrauma adalah masalah medis yang paling umum terjadi pada mereka yang melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Ini jauh lebih mungkin terjadi pada orang yang mengalami pilek, alergi, atau infeksi saat penerbangan. Ketimbang orang dewasa, anak-anak lebih sering mengalaminya karena tabung eustachius mereka lebih sempit daripada orang dewasa sehingga lebih mudah tersumbat.

Para penyelam atau scuba diver juga berisiko mengalami kondisi ini. Pada saat menyelam, penyelam akan menahan napas yang membuat diafragma bergerak tiba-tiba dalam upaya menahan dan menarik napas.

Diafragma adalah otot utama yang berperan penting dalam pernapasan. Kondisi ini menciptakan ruang hampa di paru-paru dan dapat mengakibatkan pendarahan ke dalam jaringan paru-paru. 

Bentuk barotrauma yang lebih umum di paru-paru terjadi akibat sistem ventilasi mekanis yang digunakan di unit perawatan intensif rumah sakit untuk membantu pasien bernapas. Dalam hal ini, kantong udara (alveoli) di paru-paru dapat pecah atau terluka karena tekanan udara yang tinggi di dalam paru-paru. Barotrauma terkait ventilator adalah masalah medis yang kompleks.

Kalau kamu memiliki masalah kesehatan paru, kamu bisa buat janji pemeriksaan ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Informasi lengkap mengenai dampak panjang barotrauma juga bisa kamu temukan dengan cara download aplikasi Halodoc.

Referensi:
MedlinePlus. Diakses pada 2022. Barotrauma.
National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Barotrauma.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. Barotrauma.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan