5 Fakta Penting Mengenai Lentigo pada Kulit Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Desember 2022

“Lentigo merupakan bintik berwarna kecokelatan yang muncul pada area tubuh yang lebih sering mendapatkan paparan cahaya matahari. Meskipun tidak berbahaya, kamu mungkin ingin mengobatinya karena alasan kecantikan.”

5 Fakta Penting Mengenai Lentigo pada Kulit Tubuh5 Fakta Penting Mengenai Lentigo pada Kulit Tubuh

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu menyadari adanya bintik pada kulit yang warnanya lebih gelap dari warna kulit tubuh? Bintik yang bernama lentigo ini lebih sering terlihat pada bagian punggung tangan dan wajah.

Sekilas, lentigo mungkin terlihat seperti jenis kanker kulit, meski sebenarnya bintik ini tidak bersifat kanker.

Fakta Penting Lentigo

Bagi sebagian orang, munculnya lentigo mungkin cukup membantu karena membuat rasa percaya diri menurun. Meski begitu, sebenarnya lentigo tidak memerlukan penanganan khusus karena tidak membahayakan. Ada banyak fakta tentang lentigo yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Muncul karena banyak kondisi

Lentigo muncul pada area tempat melanin berkumpul atau menggumpal. Melanin sendiri adalah zat yang memberikan pigmen pada kulit. Ketika sinar ultraviolet (UV) mengenai kulit, ini akan mempercepat produksi melanin. 

Seiring waktu, proses tersebut dapat menyebabkan munculnya lentigo. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi pada seseorang yang mendapatkan perawatan medis seperti terapi radiasi.

2. Karakteristik bintik lentigo

Lentigo dapat memengaruhi orang-orang dari semua jenis kulit, tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa dengan kulit warna kulit yang terang. Tidak seperti bintik yang umum terjadi pada anak-anak dan memudar tanpa paparan sinar matahari, bintik-bintik ini tidak memudar.

Adapun karakteristik dari bintik lentigo yaitu:

  • Berupa area datar dan oval dengan peningkatan pigmentasi.
  • Berwarna cokelat tua.
  • Terjadi pada kulit yang paling banyak terpapar sinar matahari selama bertahun-tahun, seperti punggung tangan, kaki bagian atas, wajah, bahu, dan punggung atas.
  • Memiliki ukuran yang sangat beragam.

Selain itu, munculnya bintik juga dapat mengelompok bersama, sehingga membuat bintik lebih jelas terlihat.

3. Perlu biopsi untuk mengetahui apakah bintik merupakan sel kanker atau tidak

Penyedia layanan kesehatan biasanya dapat mengidentifikasi bercak atau bintik lentigo dengan melihatnya. Jika ada kekhawatiran bahwa bercak kulit yang gelap mungkin bersifat kanker, dokter dapat melakukan biopsi kulit.

Selama biopsi, dokter akan mengambil sampel kulit kecil dan mengirim sampel ke laboratorium untuk pengamatan dan evaluasi. Menggunakan bantuan mikroskop, dokter dapat mengidentifikasi atau mengesampingkan kanker kulit dan kondisi lainnya, seperti infeksi.

4. Perawatan untuk menghilangkan bintik

Lentigo sebenarnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus. Namun, terkait alasan kecantikan, kamu bisa melakukan salah satu dari beberapa pilihan perawatan berikut ini. 

  • Obat dan krim topikal. Kamu bisa menggunakan krim, losion, atau gel untuk membantu mencerahkan kulit.
  • Chemical peeling. Perawatan ini menggunakan bantuan larutan kimia untuk menghilangkan lapisan kulit luar dengan aman. 
  • Krioterapi. Dokter kulit akan membekukan bintik untuk merusak sel penghasil melanin. Prosedur ini bisa menimbulkan efek tidak nyaman bagi beberapa orang. 
  • Dermabrasi. Prosedur ini menggunakan agen pengelupasan seperti alat atau scrub untuk menghaluskan bintik. Dermabrasi membutuhkan waktu lebih lama untuk melihat hasilnya, tetapi sebagian besar berhasil menghilangkan bercak lentigo.
  • Pelapisan ulang dengan laser. Laser dapat menghancurkan sel penghasil melanin atau menghilangkan lapisan atas kulit dengan aman.

Kendati demikian, sebaiknya kamu tetap tanyakan dulu pada dokter di Halodoc pilihan perawatan mana yang lebih cocok dengan kondisi kulitmu. Selain itu, kamu juga harus mencari klinik kecantikan yang memang profesional dan tepercaya, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Perawatan yang sebaiknya tidak menjadi pilihan

Beberapa produk pencerah kulit dapat memiliki efek samping yang serius. Krim pencerah kulit mengandung merkuri bisa merusak ginjal atau saraf. Selalu tanyakan pada dokter sebelum menggunakan produk perawatan kulit yang baru. 

Selain itu, ketika kamu membeli produk perawatan kulit, pastikan kamu menghindari semua produk yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengindikasikan merkuri, antara lain kalomel, cinnabar, hydrargyri oxydum rubrum, dan air raksa.

Jangan lupa, hindari paparan sinar matahari secara terus-menerus mulai pukul 10.00-16.00. Selain itu, gunakan pelindung kulit seperti tabir surya untuk membantu mengurangi risiko munculnya lentigo yang membuat kamu jadi kurang percaya diri. 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Liver Spots.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Age Spots.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Age spots (liver spots).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan