5 Faktor Penyebab Hasil Termometer Tidak Akurat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Mei 2023

“Termometer merupakan salah satu alat medis yang perlu disiapkan di rumah. Dengan menggunakan termometer, kita akan mengetahui kondisi suhu tubuh seseorang. Namun kamu tidak disarankan menggunakan termometer sembarangan karena dapat menyebabkan hasil yang tidak akurat.”

5 Faktor Penyebab Hasil Termometer Tidak Akurat5 Faktor Penyebab Hasil Termometer Tidak Akurat

Halodoc, Jakarta – Salah satu alat medis yang perlu selalu kamu siapkan di rumah adalah termometer. Ini adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Dengan menggunakan alat ini, kamu akan mengetahui kondisi seseorang apakah mengalami demam atau tidak. Tentunya hal ini akan memudahkan untuk tindakan penanganan pertama.

Banyak jenis dari alat pengukur suhu tubuh yang bisa kamu gunakan di rumah. Untuk itu, pilihlah yang paling mudah untuk kamu gunakan. Selain menjaganya di tempat yang tepat, kamu juga mengecek berkala kondisi alat tersebut agar memiliki hasil pemeriksaan yang akurat.

Nah, ada beberapa faktor yang nyatanya membuat termometer tidak akurat. Yuk, simak, di sini!

Faktor yang Menyebabkan Termometer Tidak Akurat

Pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan termometer merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan, jika ada seseorang yang mengalami tanda demam. Nyatanya, suhu tubuh normal pun berbeda-beda berdasarkan usianya.

Suhu normal pada bayi dan anak-anak berkisar antara 36,6–37,2 derajat Celsius. Pada orang dewasa, sekitar 36,1–37,2 derajat Celcius. Sedangkan lanjut usia, memiliki suhu tubuh normal berkisar antara  37 derajat Celsius. 

Saat ini juga cukup banyak jenis termometer yang bisa kamu beli di pasaran, tetapi jenis yang digital menjadi salah satu jenis yang cukup banyak orang gunakan. Ini karena terbilang praktis dan hasilnya paling akurat.

Lalu, apa saja faktor yang dapat menyebabkan termometer menjadi tidak akurat? Berikut ini beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan:

  1. Proses penggunaan . Pastikan alat yang kamu gunakan sesuai dengan jenisnya. Jika kamu menggunakan digital termometer oral, pastikan kamu menggunakannya ini di bawah lidah. Begitu juga dengan jenis yang lain, seperti rectal dan juga axillary thermometer.
  2. Saat melakukan pemeriksaan, sebaiknya pastikan seseorang yang akan menjalani pemeriksaan dalam keadaan tenang dan posisi nyaman. 
  3. Pastikan kamu selesai menggunakan termometer saat alat sudah berhenti dan menunjukkan tandanya secara otomatis. Sebaiknya tetap menunggu dan sabar jika tanda selesai belum muncul secara otomatis.
  4. Gerakan maupun aktivitas yang baru saja dijalankan bisa mengubah suhu tubuh. Untuk itu, pastikan seseorang yang akan kamu periksa tidak melakukan aktivitas berat sebelum kamu ukur suhu tubuhnya.
  5. Hindari melakukan pemeriksaan suhu tubuh setelah berjemur atau terpapar suhu panas dalam waktu yang cukup lama. Hal ini juga bisa memengaruhi hasil pembacaan menjadi tidak akurat.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan hasil menjadi tidak akurat. Selain itu, kamu juga bisa baca: Berbagai Hal tentang Termometer yang Perlu Diketahui.

Sebelum melakukan pemeriksaan, kamu juga perlu memastikan alat yang kamu gunakan masih dapat bekerja dengan baik untuk menghindari hasil yang tidak akurat. Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan pemeriksaan.

Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh Secara Rutin

Saat kamu menemukan keluarga atau kerabat dekat dalam keadaan demam, tentunya hal pertama yang akan kamu lakukan adalah memberikan obat pereda demam. Namun, jangan memberikan dosis obat pereda demam sembarangan.

Jika hasil pemeriksaan saat tinggi, sebaiknya lakukan pemeriksaan suhu tubuh secara rutin selama 1–2 jam sekali. Jika obat pereda demam yang dijual bebas tidak bisa membantu meredakan demam, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk memastikan kondisi kesehatan.

Tidak perlu repot, kamu bisa membuat janji di rumah sakit menggunakan Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Is The Normal Body Temperature Range?.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Thermometers: How to Take Your Temperature.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan