• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hal yang Dipahami Bayi Saat di Kandungan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hal yang Dipahami Bayi Saat di Kandungan

5 Hal yang Dipahami Bayi Saat di Kandungan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 26 Februari 2018
5 Hal yang Dipahami Bayi Saat di Kandungan5 Hal yang Dipahami Bayi Saat di Kandungan

Halodoc, Jakarta – Tahukah ibu bahwa bayi dalam kandungan juga bisa merasakan setiap hal yang ibu rasakan? Walaupun ia masih sangat kecil dan “tersembunyi” di dalam perut, bukan berarti ia tidak bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di luar sana. Inilah  hal-hal yang bisa dipahami bayi dalam kandungan.

Mungkin ibu berpikir, bagaimana bisa bayi dalam kandungan ikut merasakan perasaan ibu dan mengetahui hal-hal yang terjadi di luar sana? Carista Luminare-Rosen, PhD, mengungkapkan dalam bukunya yang berjudul “Parenting Begins Before Conception: A Guide to Preparing Body, Mind, and Spirit for You and Your Future Child”, bahwa janin sudah bisa melihat, mendengar, merasa mengingat, dan berpikir sebelum dia lahir. Emosi ibu memang tidak menembus ke dalam plasenta, tapi janin bisa mengetahui perasaan ibu lewat hormon-hormon yang dikeluarkan oleh tubuh ibu.

  1. Si Kecil Merasakan Cinta Kedua Orangtuanya

Sebuah penelitian membuktikan bayi di dalam kandungan sudah punya kemampuan emosional dan intuisi untuk merasakan cinta kedua orangtuanya. Ibu yang bahagia menjalani kehamilannya dan suami yang juga sering memberi ibu perhatian dan kasih sayang akan membuat ibu mengeluarkan hormon phenylethamine dalam tubuh, sehingga bayi bisa merasakan cinta kedua orangtuanya.

  1. Si Kecil Merasakan Stres Ibu

Sebuah gambar USG pernah menangkap ekspresi mengejutkan dari seorang janin. Di gambar tersebut, terlihat bahwa janin sedang menyentuh wajahnya dan memegang kepalanya seperti yang orang dewasa lakukan jika sedang stres. Ternyata ibu dari janin tersebut memang sedang merasa stres. Ketika sedang stres, di dalam tubuh ibu terbentuk banyak hormon stres yang disebut catecholamines yang turut dirasakan janin. Jadi, penting bagi ibu untuk berhenti mencemaskan berbagai hal dan nikmati saja kehamilan, sehingga janin bisa ikut merasa tenang.

  1. Si Kecil Mengenali Suara Orangtua

Mulai sejak 16 minggu, janin sudah bisa mendengar suara di luar kandungan. Detak jantung janin bisa melambat saat ibu sedang berbicara dan ia akan mengingat suara ibunya. Bayi juga bisa membedakan suara ayahnya dari suara pria lain saat sang ayah sedang ngobrol dengan beberapa orang. Nah, inilah saatnya untuk sering-sering mengajaknya bicara, bu. Saat ibu sedang berduaan saja dengan janin, ibu bisa mengucapkan bahwa ibu mencintainya sambil mengelus-elus perut.

  1. Si Kecil Merasakan Sentuhan dari Luar

Meski bayi diselubungi air ketuban, bukan berarti ia tidak bisa merasakan sentuhan dari luar. Coba tekan perut ibu dengan lembut, bayi bisa balik menekan perut ibu, lho. Dan sama halnya seperti suara, Si Kecil juga bisa membedakan sentuhan orangtuanya dengan sentuhan orang lain.

  1. Si Kecil bisa Mendengarkan Musik

Menjelang usia kehamilan 5 bulan, bayi sudah bisa mendengarkan suara dari luar, termasuk suara musik. Janin menyukai irama yang kuat dan teratur. Jadi, jangan malu untuk bernyanyi untuk Si Kecil yang masih ada di dalam kandungan, atau ibu juga bisa memasangkan lagu-lagu yang menenangkan dan berirama sesuai dengan detak jantung. Hindari memasang musik yang terlalu keras ya, karena air ketuban bisa memperkeras volume suara musik yang didengar janin. (Baca juga: Manfaat Mendengarkan Musik untuk Ibu Hamil)

Jika ibu ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai cara meningkatkan perkembangan kondisi bayi di dalam kandungan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Jadi, tunggu apa lagi? ayo download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.