5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memelihara Landak

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   03 Maret 2021
5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memelihara Landak5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memelihara Landak

Halodoc, Jakarta – Landak sebagai hewan peliharaan mungkin bukanlah hal yang lazim. Pasalnya, hewan yang satu ini dikenal sebagai hewan liar dan memiliki habitat di alam terbuka. Hal itu membuat tidak semua orang mungkin berpikir untuk mengadopsi landak. Namun, bukan berarti hal ini tidak bisa atau tidak pernah dilakukan. 

Jangankan untuk memelihara dan menyimpannya di rumah, berpikir untuk berdekatan dengan landak saja bisa jadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Sebab, hewan ini memiliki fisik yang dipenuhi dengan duri tajam dan bisa menyerang kapan saja. Akan tetapi, hal itu mungkin akan diabaikan oleh pecinta hewan peliharaan unik atau hewan yang penuh tantangan. 

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Tips Memelihara Landak di Rumah

Ya, memelihara landak bisa menjadi hal yang penuh tantangan. Maka dari itu, dibutuhkan perencanaan yang matang, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sebelum memutuskan untuk memelihara landak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya: 

1.Izin Memelihara 

Landak mungkin menjadi hewan yang dilindungi di beberapa daerah, sehingga tidak boleh dipelihara di rumah. Nah, hal ini perlu menjadi pertimbangan utama sebelum memilih landak sebagai hewan peliharaan. 

2.Kandang untuk Landak 

Berbeda dengan binatang peliharaan lain, seperti anjing, kucing, ikan, atau burung, kandang atau rumah untuk landak memiliki kriteria tersendiri. Penting untuk memperhatikan luas kandang landak, suhu, hingga pencahayaan. Kandang untuk landak harus dibuat semirip mungkin dengan habitatnya di alam. Landak bisa ditempatkan di dalam rumah maupun di luar rumah, tapi penting untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan. Landak sebaiknya dipelihara di dalam rumah, sebab suhu ruangan bisa lebih mudah dikontrol dan menghindari risiko landak menyerang hewan atau orang lain. 

3.Makanan untuk Landak 

Penting juga untuk memperhatikan makanan yang boleh atau tidak boleh diberikan untuk landak peliharaan. Dalam hal makanan, semua spesies landak adalah herbivora. Dengan kata lain, hewan ini merupakan pemakan tumbuhan, sayuran, atau buah-buahan. Jika berencana memelihara landak di rumah, penting untuk memastikan hewan ini mendapat makanan yang tepat. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

4.Pendekatan dengan Manusia 

Kebanyakan orang memilih mengadopsi hewan peliharaan untuk dijadikan teman di rumah. Saat memelihara anjing atau kucing, kamu mungkin akan sering memeluk, membelai, atau mengajaknya bermain. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan pada landak. Coba saja mengelusnya, jika ingin tertusuk duri. Selain itu, landak juga tidak mudah untuk bisa dekat dengan manusia atau hewan lain, kecuali jika sudah dipelihara sejak kecil. Landak yang merasa terancam akan langsung mengeluarkan durinya dan bisa menyerang. Disarankan untuk tidak berlari, melakukan gerakan cepat, atau mengejutkan landak. 

5.Penyakit yang Mungkin Dibawa 

Meski landak adalah jenis hewan pengerat, landak juga memiliki risiko menularkan penyakit rabies. Sebelum memutuskan untuk memelihara landak di rumah, pastikan untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan risiko penyakit yang bisa dibawa hewan ini. Penting juga untuk memastikan bahwa landak yang dibawa ke rumah cukup sehat dan tidak akan menularkan penyakit. 

Baca juga: Kulit Membengkak Usai Digigit Kucing, Harus Bagaimana?

Jika digigit landak atau hewan peliharaan lain yang diduga terinfeksi virus penyebab penyakit, sebaiknya segera cari pertolongan medis. Kamu juga bisa menghubungi dokter hewan di Halodoc. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang.

Referensi:
I Love Pets. Diakses pada 2021. The Complete Resource To Keeping Porcupines As Pets.
Pet Comments. Diakses pada 2021. The Porcupine As a Pet? Watch Out For Those Prickles!


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan