5 Jenis Cedera yang Bisa Disembuhkan dengan Terapi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Januari 2023

“Banyak jenis cedera bisa teratasi dengan menjalani pengobatan dan terapi fisik. Termasuk keseleo pergelangan kaki dan nyeri lutut.”

5 Jenis Cedera yang Bisa Disembuhkan dengan Terapi5 Jenis Cedera yang Bisa Disembuhkan dengan Terapi

Halodoc, Jakarta – Ada banyak jenis cedera yang bisa dokter atasi dengan bantuan terapi fisik atau fisioterapi. Mulai dari cedera yang terjadi pada kaki, pergelangan tangan, dan bagian tubuh lainnya. 

Terapi fisik adalah perawatan untuk membantu mengembalikan fungsi gerak dan aspek lainnya terkait fisik. Ini merupakan perawatan penting untuk mencegah kecacatan akibat cedera atau kondisi medis lainnya. 

Lantas, apa saja jenis cedera yang bisa teratasi dengan terapi ini? Yuk simak daftarnya!

Jenis Cedera yang Perlu Terapi Fisik

Berikut ini beberapa jenis cedera yang memerlukan perawatan dengan terapi fisik:

1. Pergelangan Kaki Terkilir (Keseleo)

Keseleo pergelangan kaki terjadi ketika ligamen telah meregang, rusak atau pecah. Ligamen adalah pita kuat dari jaringan ikat fibrosa yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya. 

Jenis cedera ini dapat terjadi karena terpelintir, tersandung, atau saat tertimpa sesuatu yang kuat. Keseleo pergelangan kaki dan pergelangan tangan adalah contoh umum dan biasanya terjadi setelah terpeleset atau jatuh atau selama olahraga kontak.

2. Skiatika

Skiatika adalah jenis cedera yang berupa nyeri pada ekstremitas bawah paha, tungkai, dan bokong. Tubuh bagian bawah disuplai oleh saraf besar yang bernama saraf skiatik. Saraf ini terbentuk dari sekumpulan saraf yang lebih kecil yang meninggalkan sumsum tulang belakang.

Begitu saraf kecil bersatu, saraf skiatik bergerak melalui bokong, paha, dan tungkai untuk memasok daerah tersebut. Ini bisa tertekan pada struktur yang mendasarinya seperti tulang atau persendian di sepanjang jalurnya melalui tubuh bagian bawah, yang menyebabkan rasa sakit.

3. Frozen Shoulder

Seperti namanya, frozen shoulder terjadi ketika kapsul bahu (ligamen yang mengelilingi sendi bahu) melekat terlalu erat pada sendi. Ini membatasi pergerakan sendi bahu, menyebabkan kekakuan, nyeri dan dalam beberapa kasus tidak mampu untuk menggerakkan bahu.

Jenis cedera ini biasanya berkembang secara bertahap dan semakin memburuk. Jika pengidapnya tidak menjalani pengobatan, efeknya bisa menjadi permanen.

4. Carpal Tunnel Syndrome

Carpal tunnel adalah struktur anatomi di dalam pergelangan tangan. Ini bertindak sebagai jalan untuk 10 struktur berbeda dan dikelilingi oleh jaringan keras yang disebut fleksor retinakulum.

Karena berbagai alasan, carpal tunnel dapat menjadi padat, atau bengkak, yang menambah tekanan dan iritasi pada bagian dalamnya. Jenis cedera ini bisa teratasi dengan menjalani terapi dan pengobatan dari dokter.

5. Nyeri Lutut

Nyeri lutut adalah keluhan umum yang memengaruhi orang-orang dari segala usia. Kondisi ini sering terjadi karena keausan umum akibat aktivitas sehari-hari.

Pada beberapa kasus, ini juga mungkin terjadi akibat dari cedera, seperti ligamen yang pecah atau tulang rawan yang robek. Beberapa kondisi medis seperti radang sendi dan asam urat juga bisa menyebabkan nyeri lutut.

Cara Terapi Fisik Membantu Kamu Sembuh dari Cedera

Dalam terapi fisik, profesional terlatih akan mengevaluasi dan menangani fungsi fisik abnormal. Termasuk yang berkaitan dengan berbagai jenis cedera, kecacatan, atau kondisi kesehatan lainnya.

Berikut ini beberapa cara terapi fisik membantu kamu sembuh dari berbagai jenis cedera:

  • Mengurangi atau menghilangkan rasa sakit.
  • Meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan gerak, dengan latihan khusus dan perawatan lainnya. 
  • Meningkatkan kekuatan tubuh, dengan latihan kekuatan pasif dan aktif.
  • Mencegah cedera kembali terjadi. Dengan cara memberi edukasi mengenai postur dan tips penting lainnya. 

Itulah pembahasan mengenai berbagai jenis cedera yang bisa teratasi dengan terapi fisik. Jika kamu mengalami cedera apapun, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter dan terapis fisik.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. How Can Physical Therapy Help?
Pillars of Wellness. Diakses pada 2022. 9 Type of Injuries Treated With Physiotherapy.
Rock Valley Physical Therapy. Diakses pada 2022. What Types of Injuries Require Physical Therapy.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan