• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kebiasaan Pagi Ini Efektif Menurunkan Berat Badan

5 Kebiasaan Pagi Ini Efektif Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidak perlu target yang muluk-muluk, membangun kebiasaan pagi secara rutin ternyata dapat secara efektif menurunkan berat badan. Rutin adalah kunci dari apa pun kegiatan yang kamu lakukan. Kenapa membangun kebiasaan pagi yang baik dapat efektif menurunkan berat badan?

Ketika kamu memulai pagi dengan benar, kamu tidak hanya dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan, tetapi kamu juga akan mendapatkan lebih banyak energi alami, mengembangkan suasana hati yang bahagia, dan memberi diri motivasi ekstra untuk menghadapi rintangan di sepanjang hari. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di sini!

Baca juga: Katanya Kardio Ampuh Menurunkan Berat Badan, Apa Betul?

Kebiasaan Pagi yang Baik untuk Penurunan Berat Badan

Membatasi asupan kalori dan melakukan latihan fisik secara intens adalah dua kegiatan yang dapat menurunkan berat badan. Selain itu, kebiasaan pagi yang baik dapat menurunkan berat badan, seperti:

1. Sarapan Tinggi Protein

Apa yang kamu makan untuk sarapan dapat menentukan kualitas harimu. Sarapan juga menentukan apakah kamu akan merasa kenyang sampai makan siang, atau apakah kamu masih membutuhkan camilan sebelum makan siang? 

Makan sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan. Sarapan berprotein tinggi juga dikaitkan dengan lebih sedikit penambahan lemak dan pengurangan asupan harian dan rasa lapar, dibandingkan dengan sarapan berprotein standar. Protein dapat membantu penurunan berat badan dengan menurunkan kadar ghrelin yaitu “hormon lapar” yang bertanggung jawab untuk meningkatkan nafsu makan.

2. Minum Air Putih

Memulai pagi dengan satu atau dua gelas air putih adalah cara mudah untuk meningkatkan penurunan berat badan. Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang dibakar tubuh, setidaknya selama 60 menit. Minum air putih juga dapat mengurangi nafsu makan. Memulai pagi dengan air dan tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari adalah cara yang optimal untuk meningkatkan penurunan berat badan.

3. Menimbang Berat Badan

Menimbang berat badan setiap pagi dapat menjadi metode efektif untuk meningkatkan motivasi dan pengendalian diri. Menimbang berat badan setiap pagi juga dapat membantu mengembangkan kebiasaan dan perilaku sehat yang dapat mendorong penurunan berat badan.

Untuk hasil terbaik, timbang berat badan setelah bangun tidur. Kamu bisa melakukannya setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum makan atau minum apa pun. Selain itu, ingatlah bahwa berat badan dapat berfluktuasi setiap hari dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Membuka tirai untuk membiarkan sinar matahari masuk atau menghabiskan beberapa menit ekstra di luar setiap pagi dapat membantu memulai penurunan berat badan. Paparan cahaya pada tingkat sedang pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dapat memengaruhi berat badan. 

Paparan sinar matahari juga merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Pemenuhan kebutuhan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan dan bahkan mencegah penambahan berat badan. 

Perlu diketahui jumlah paparan sinar matahari yang dibutuhkan dapat bervariasi berdasarkan jenis kulit, cuaca, dan tempat tinggal. Namun, berjemur di sinar matahari atau duduk di luar selama 10–15 menit setiap pagi dapat memiliki efek penurunan berat badan.

5. Tidur Berkualitas

Kurang tidur dapat dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan. Tidak mendapatkan tidur yang berkualitas dapat meningkatkan rasa lapar dan mengidam, terutama untuk makanan tinggi karbohidrat dan berkalori tinggi. Kurang tidur juga dikaitkan dengan peningkatan asupan kalori.

Menetapkan jadwal tidur yang sehat adalah faktor penting dari penurunan berat badan. Tentunya bila diatur dengan pola makan yang baik dan berolahraga.

Baca juga: Tips Turunkan Berat Badan dalam 30 Hari

Itulah beberapa kebiasaan pagi yang bisa membantu menurunkan berat badan. Kalau kamu mengalami masalah kesehatan dan ingin memeriksakannya ke dokter di rumah sakit, kamu bisa membuat janjinya dengan aplikasi Halodoc. Praktis kan? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Morning Habits That Help You Lose Weight.
Lifehack. Diakses pada 2021. 5 Powerful Morning Habits That Will Help You Lose Weight.