• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kemampuan Dasar yang Perlu Diajarkan kepada Anak Sejak Dini

5 Kemampuan Dasar yang Perlu Diajarkan kepada Anak Sejak Dini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orangtua mungkin saja berpikiran  jika hal yang paling penting untuk diajarkan adalah membaca, menulis, dan berhitung. Biasanya, orangtua sudah merasa bangga bila anaknya bisa melakukan 3 hal itu. Namun, sebenarnya masih ada lagi setidaknya 5 kemampuan dasar yang perlu diajarkan kepada anak sejak usia dini, yakni:

  1. Mandiri dan Menjaga Kebersihan

Kemampuan dasar yang perlu diajarkan kepada anak yang pertama adalah kemandirian dan menjaga kebersihan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak agar mandiri adalah menahan diri untuk membantunya dalam segala hal. Berikan kepercayaan pada anak dan katakan kalau mereka bisa melakukannya sendiri.

Apresiasi saat ia berhasil mandiri dengan memberi kalimat pujian dan ucapan terima kasih bila ia berhasil membantu ibu. Untuk hal menjaga kebersihan, orangtua harus sama-sama memiliki kebiasaan bersih. Kebiasaan dasar yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini adalah mencuci tangan dengan sabun.

  1. Empati Terhadap Orang Lain

Perlu juga mengenalkan berbagai jenis emosi pada anak. Pada usia 3-5 tahun, ibu bisa memulai memperkenalkan perasaan agar ia bisa mengendalikan emosinya di kemudian hari. Dengan mengetahui emosinya sendiri, ia akan lebih mudah merasakan emosi orang lain.

Bila anak sedang menunjukkan ekspresi tertentu, ibu bisa menjelaskan ekspresi tersebut, misalnya anak sedang sedih karena teman sepermainannya sedang sakit, ibu bisa berkata, “Kamu pasti sedih ya teman kamu sedang sakit?” Semakin sering diulangi pada berbagai kondisi, anak semakin terasah untuk membedakan emosinya. Ibu juga bisa mengajak anak berbicara tentang perasaannya di kehidupan sehari-hari, misalnya saat sedang kangen dengan nenek-kakeknya.

  1. Mampu Mengutarakan Pendapat

Ajarkan anak untuk berani mengungkapkan pendapat di kehidupan sehari-hari agar ia merasa dihargai dan juga berguna untuk membangun rasa percaya diri anak. Ibu bisa memulainya dari cara yang sederhana dengan menanyakan pendapatnya tentang pakaian yang ingin ia pakai, film atau buku yang baru kamu dan anak lihat bersama, atau menu apa yang ingin ia makan hari ini.

Baca juga: Melatih Sopan Santun pada Anak

  1. Mengelola Keuangan

Kemampuan dasar yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini adalah mengelola uang. Berikan ia pengertian jika barang/mainan yang dibeli menggunakan uang dan tidak boleh dihabiskan begitu saja. Berikan contoh dengan menabung dan membeli yang dibutuhkan saja sesuai bujet. Untuk anak-anak usia sekolah dan remaja, kamu bisa mengajarkannya menghitung pengeluaran pribadi dan menabung dari sisa uang saku jika mereka ingin membeli sesuatu.

  1. Mengatur Waktu

Kemampuan dasar yang perlu diajarkan kepada anak yang terakhir ialah memberikan pengajaran terkait mengelola waktu. Kamu bisa mengawalinya dengan  memberikan rutinitas. Setiap hari, Si Kecil harus tahu kapan waktu tidur, makan, mandi, dan sebagainya. Selain itu, biasakan anak mengerjakan sesuatu dalam target waktu, misalnya makan harus selesai dalam 20 menit, bersiap-siap ke sekolah dalam 15 menit, dan seterusnya. Semakin dewasa, anak akan semakin terlatih untuk mengatur waktunya secara efektif.

Baca juga: Cara Benar Bilang "No" Pada Anak

Itulah 5 kemampuan dasar yang perlu diajarkan kepada anak. Masih ada banyak kemampuan dasar yang perlu diajarkan kepada anak dalam kehidupan. Ibu bisa mengajarkan kemampuan dasar yang perlu diajarkan kepada anak di atas secara perlahan-lahan dan pastinya memerlukan kesabaran. Perlu diingat juga untuk selalu menjaga kondisi kesehatan buah hati agar selalu sehat. Untuk mempermudah ibu menjaga kesehatan anak, ada baiknya rutin memeriksakan kesehatan pada dokter di Halodoc.

Ada beragam pilihan komunikasi berupa Chat atau Voice/Video call untuk berdiskusi dengan dokter yang ada di Halodoc. Apabila ingin membeli kebutuhan medis seperti obat atau vitamin, ibu bisa menggunakan layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam.

Baca juga: Bukan Sekadar Meyalurkan Hobi, Inilah Manfaat Menggambar Bagi Anak

Tidak hanya itu, sekarang Halodoc juga melengkapi fiturnya dengan layanan Lab Service. Layanan baru ini memungkinkan ibu untuk melakukan pemeriksaan darah. Selain itu, ibu juga bisa menentukan jadwal dan lokasi, petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan. Hasil lab pun bisa segera dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc. Segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang!