5 Manfaat Bawang Hitam Tunggal untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 September 2022

“Bawang hitam berasal dari bawang putih yang sudah melalui proses fermentasi. Beberapa manfaatnya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker dan menjaga kadar gula darah.”

5 Manfaat Bawang Hitam Tunggal untuk Kesehatan5 Manfaat Bawang Hitam Tunggal untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Bawang hitam berasal dari proses fermentasi bawang putih. Tanaman yang termasuk dalam jenis rempah basah ini disimpan pada suhu 60 hingga 77 derajat celsius selama 30 sampai 90 hari.

Selama proses tersebut berlangsung, warna bawang yang tadinya putih berubah menjadi kehitaman. Teksturnya juga berubah menjadi lebih lembut dan kenyal serta lebih terasa manis.

Kandungan energi, protein, lemak, karbohidrat, serat dan kalsium di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Manfaatnya mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mencegah penyakit kanker.

Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang Hitam

Adapun kandungan nutrisi dalam 100 gram bawang hitam berdasarkan data Food Data Central dari U.S. Department of Agriculture, meliputi:

  • Energi sebanyak 143 kilo kalori.
  • Protein sebanyak 3.57 gram.
  • Lemak sebanyak 7.14 gram.
  • Karbohidrat sebanyak 14.29 gram.
  • Serat sebanyak 3.6 gram.
  • Kalsium sebanyak 71 miligram.
  • Zat besi sebanyak 1.29 miligram.
  • Natrium sebanyak 571 miligram.
  • Vitamin C sebanyak 4.3 miligram.

Berdasarkan kandungan gizi yang disebutkan, bawang hitam bermanfaat dalam:

1. Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh. Penyebabnya utamanya yakni perubahan genetik sel sehingga tumbuh secara tak terkendali.

Di dalam bawang hitam mengandung senyawa bioaktif yang bekerja dengan merangsang produksi protein khusus. Tujuannya adalah menghambat pertumbuhan dan penyebaran serta membunuh sel kanker.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang hitam memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi dari senyawa bioaktif. Dalam upaya menjaga kesehatan jantung, senyawa ini berperan melindungi sel-sel pada sistem kardiovaskular dan menghambat produksi enzim serta protein yang menjadi pemicu peradangan.

Bawang hitam juga efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida (jenis lemak) yang mengendap dalam darah. Keduanya menjadi pemicu gangguan pada organ jantung.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Otak adalah organ yang berada di kepala dan menjadi pengendali semua fungsi tubuh manusia. Karena itu, kesehatan otak perlu dijaga dengan baik agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan optimal.

Salah satu caranya dengan mengonsumsi bawang hitam. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu mengurangi peradangan akibat zat aditif pada makanan dan zat lain yang memicu kerusakan otak. 

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh merupakan sistem pertahanan alami terhadap penyakit dan gangguan yang berasal patogen seperti virus, bakteri, kuman dan parasit. Antioksidan dalam bawang hitam dapat membantu menjaga fungsinya.

Senyawa tersebut bekerja dengan melawan radikal bebas dan mencegah stres oksidatif yang memicu kerusakan sel otak. Manfaat lainnya yakni meningkatkan kemampuan otak dan menjaga ingatan jangka panjang.

5. Mengontrol Gula Darah

Gula darah dikatakan normal jika kadarnya kurang dari 140 miligram per desiliter (mg/dL). Lebih dari itu, seseorang berisiko terkena penyakit diabetes, kerusakan saraf, gangguan jantung dan kerusakan pada ginjal.

Bawang hitam mengandung senyawa antioksidan yang berperan dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Ini bisa menurunkan risiko diabetes. Dalam jangka panjang, manfaatnya bisa mencegah gangguan ginjal, penyakit jantung dan komplikasi pada pengidap diabetes.

Beberapa manfaat di atas bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Bawang hitam tidak berisiko menimbulkan efek samping saat dikonsumsi dalam batasan wajar yaitu sebanyak 2 hingga 3 siung setelah makan, 3 kali sehari.

Namun, segera tanya dokter jika mengalami gangguan pencernaan dan kenaikan asam lambung setelah mengonsumsinya. Kondisi ini menjadi pertanda jika asupan yang dikonsumsi terlalu banyak.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Black Garlic.
Black Garlic. Diakses pada 2022. What is Black Garlic?
FoodData Central. U.S. DEPARTMENT OF AGRICULTURE. Diakses pada 2022. Black Garlic.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan