5 Manfaat Mineral Tembaga bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Agustus 2022

“Jika asupannya terpenuhi dengan baik, terdapat beberapa manfaat tembaga bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, menjaga imunitas tubuh, hingga menjaga kesehatan pencernaan.”

5 Manfaat Mineral Tembaga bagi Kesehatan Tubuh5 Manfaat Mineral Tembaga bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Mineral tembaga atau copper merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Sayangnya, manfaat dari mineral tersebut kerap kali terabaikan oleh banyak orang. Sebab, tak banyak yang mengetahui fungsi sebenarnya mineral tersebut.

Nah, mengingat copper merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi asupannya, sebaiknya ketahuilah beberapa manfaatnya. Penasaran apa saja manfaat mineral tembaga bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak informasinya di sini! 

Manfaat Mineral Tembaga bagi Kesehatan Tubuh 

Jika asupannya terpenuhi dengan baik, terdapat beberapa manfaat tembaga bagi kesehatan tubuh, antara lain: 

1. Menjaga Kesehatan Jantung 

Kadar tembaga yang rendah telah dikaitkan dengan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Para ahli menyarankan bahwa beberapa pasien dengan gagal jantung dapat mengambil manfaat dari suplemen tembaga. 

Selain itu, penelitian pada hewan telah menghubungkan kadar copper yang rendah dengan penyakit jantung, tetapi masih belum jelas apakah kekurangan akan memiliki dampak yang sama pada manusia.

2. Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat tembaga bagi tubuh selanjutnya adalah membantu mempertahankan jumlah sel darah putih dalam tubuh. Nah, kurangnya asupan copper pada tubuh diketahui dapat menyebabkan neutropenia. 

Neutropenia sendiri merupakan kondisi kekurangan sel darah putih, atau neutrofil, yang bermanfaat dalam melawan infeksi. Perlu diketahui bahwa seseorang yang memiliki tingkat neutrofil rendah, akan lebih rentan untuk terserang penyakit menular. 

3. Mencegah Osteoporosis 

Faktanya, tidak hanya kalsium dan vitamin D saja yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Ternyata, mineral seperti tembaga juga diyakini bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. 

Sebab kekurangan tembaga yang parah dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang lebih rendah sekaligus risiko osteoporosis yang lebih tinggi. Kendati demikian, efektivitas suplementasi tembaga untuk membantu mencegah dan mengelola osteoporosis, masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

4. Membantu Produksi Kolagen 

Tembaga juga memainkan peran penting dalam menjaga kolagen dan elastin. Di mana keduanya merupakan komponen struktural utama pada tubuh. Para ahli berpikiran bahwa tembaga mungkin memiliki sifat antioksidan, yaitu senyawa yang sehat dapat membantu mencegah penuaan kulit. 

Tanpa asupan copper yang cukup, tubuh tidak dapat mengganti jaringan ikat yang rusak atau kolagen yang membentuk struktur sementara untuk tulang. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk disfungsi sendi, lantaran jaringan tubuh yang mulai rusak.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mineral tembaga juga diyakini bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan. Sebab, tembaga memiliki sifat antiinflamasi yang diduga kuat mampu mengobati sakit maag. Menariknya lagi, tembaga juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat di saluran pencernaan, serta membantu pertumbuhan bakteri baik.

Sumber Asupan Tembaga 

Asupan copper dapat diperoleh dari makanan atau suplemen kesehatan. Berikut adalah beberapa makanan mengandung copper:

  • Makanan laut (tiram, lobster, cumi-cumi, kerang, kerang). 
  • Daging organ (hati sapi, ginjal, atau jantung). 
  • Kacang-kacangan (kacang mete, filberts, almond, pistachio, pecan, kacang macadamia, kacang tanah). 
  • Cokelat atau kakao yang tidak manis atau semi-manis.
  • Sereal yang diperkaya.
  • Buah-buahan dan sayuran.
  • Lada hitam.

Itulah penjelasan mengenai manfaat mineral tembaga bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, menjaga imunitas tubuh, hingga menjaga kesehatan pencernaan.

Mengingat manfaatnya yang baik bagi kesehatan, tentu asupan tembaga perlu dipenuhi setiap harinya. Namun, Kebutuhan akan tembaga setiap orang berbeda, selain dari segi kondisi tubuh, jenis kelamin, serta usia. 

Maka dari itu, sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu kebutuhan akan tembaga melalui pemeriksaan medis. Sebab, asupan copper yang berlebihan berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, seperti mual, muntah, hingga gagal jantung. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar asupan mineral, atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah menghubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan saran medis yang tepat. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 

Medical News Today. Diakses pada 2022. Health benefits and risks of copper. 
WebMD. Diakses pada 2022. Copper and Your Health, 
Verywell Health. Diakses pada 2022. What Is Copper?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan