• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Minyak Marula untuk Perawatan Tubuh

5 Manfaat Minyak Marula untuk Perawatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar nama buah marula? Buah marula menjadi salah satu buah yang cukup terkenal di negara Afrika. Tidak hanya dianggap sakral oleh masyarakat Afrika, buah marula nyatanya memiliki banyak manfaat yang cukup baik bagi kesehatan maupun kecantikan. 

Baca juga: 7 Minyak Alami untuk Melembapkan Berbagai Tipe Kulit

Buah marula dapat menghasilkan minyak melalui sebuah proses yang cukup panjang. Minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji buah marula dikenal sebagai minyak marula. Hampir sama dengan buah marula, minyak yang dihasilkan dari buah marula pun dapat digunakan untuk perawatan tubuh. Simak ulasan mengenai manfaat minyak marula, di sini.

Ketahui Kandungan Minyak Marula

Berbeda dengan jenis minyak yang lain, minyak marula menjadi salah satu jenis minyak yang baru dikenal oleh masyarakat pada dunia kecantikan dan perawatan tubuh. Minyak marula dapat digunakan untuk perawatan tubuh karena teksturnya yang terbilang ringan dan membuat tubuh menjadi lebih lembap.

Berbagai kandungan terdapat dalam minyak marula. Melansir Healthline, minyak marula mengandung beberapa jenis nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti:

1.Asam Amino L-Arginine

Kandungan ini dapat membantu kamu menjaga kelembapan kulit serta mencegah penuaan dini pada tubuh.

2.Asam Lemak

Minyak marula juga memiliki kandungan asam lemak di dalamnya yang berfungsi untuk melembapkan kulit yang kering.

3.Antioksidan

Tentunya antioksidan sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Antioksidan, seperti senyawa fenolik, vitamin E, dan vitamin C terkandung dalam minyak marula yang dapat membantu tubuh melawan paparan radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari secara langsung.

Itulah beberapa kandungan yang terdapat dalam minyak marula. Tidak ada salahnya ketahui lebih banyak manfaat minyak marula untuk perawatan tubuh.

Baca juga: Lakukan Perawatan Tubuh Ini Sebelum Tidur

Minyak Marula untuk Perawatan Tubuh

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan dari minyak marula untuk perawatan tubuh. Berikut adalah manfaat minyak marula yang perlu kamu ketahui:

1.Mengatasi Jerawat

Melansir Style Craze, minyak marula dapat kamu gunakan untuk mengatasi jerawat yang membandel. Hal ini disebabkan minyak marula memiliki sifat anti mikroba di dalamnya sehingga baik untuk mengatasi jerawat jenis apapun. Selain itu, minyak marula pun tidak akan menimbulkan komedo setelah penggunaan rutin.

2.Melembutkan Kulit

Tidak hanya kulit wajah, minyak marula pun dapat kamu gunakan untuk melembutkan kulit pada beberapa bagian tubuh yang terasa kering. Kandungan asam lemak dan polifenol pada minyak marula pun dapat meningkatkan keelastisitasan dan kekencangan kulit.

3.Mencegah Stretch Mark

Penggunaan minyak marula secara rutin pada tubuh ternyata dapat membantu pencegahan munculnya stretch mark pada kulit. Hal ini disebabkan nutrisi minyak marula dapat meningkatkan keelastisitasan kulit. Bagi wanita hamil, tidak ada salahnya gunakan minyak marula secara rutin di awal kehamilan agar terhindar dari kondisi strech mark.

4.Melembutkan Rambut

Tidak hanya untuk kulit, kamu juga dapat gunakan minyak marula untuk merawat rambut. Minyak marula dapat menutrisi akar hingga ujung rambut tanpa menyebabkan rambut berminyak. 

5.Menguatkan Kuku

Minyak marula juga dapat kamu gunakan untuk menguatkan kuku. Dengan rutin menggunakan minyak marula, kamu akan terhindar dari kondisi kuku patah, hingga iritasi kulit di sekitar kuku.

Baca juga: Rahasia Mencerahkan Kulit Tubuh Secara Alami dengan Lulur

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dari penggunaan minyak marula secara rutin. Namun perlu diingat, seseorang yang alergi terhadap kacang-kacangan akan rentan mengalami kondisi yang sama saat menggunakan minyak marula. Tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter seputar manfaat minyak marula.

Jika terdeteksi adanya kemerahan, iritasi, atau nyeri pada area kulit yang menggunakan minyak marula, segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan untuk menghindari gangguan kesehatan kulit yang lebih buruk.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What You Need To Know About Marula Oil.
Style Craze. Diakses pada 2020. 7 Promising Benefits of Marula Oil For Skin and Hair.