• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Bodyweight Training

5 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Bodyweight Training

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Bodyweight training menjadi salah satu jenis olahraga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak berbeda dengan jenis olahraga lainnya, latihan yang satu ini juga memiliki sederet manfaat bagi tubuh. Bodyweight training merupakan jenis olahraga yang dilakukan dengan memanfaatkan berat badan dan gravitasi. 

Dengan kata lain, latihan fisik yang satu ini bisa dilakukan tanpa menggunakan alat bantu khusus serta bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dari bodyweight training. Jika kamu tidak memiliki cukup banyak waktu untuk pergi ke pusat kebugaran alias gym, bodyweight training bisa menjadi pilihan untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Baca juga: Olahraga Tanpa Alat? Coba 4 Gerakan Bodyweight Berikut

Manfaat Bodyweight Training 

Ada sederet manfaat yang bisa didapat dari bodyweight training. Jenis olahraga ini nyatanya bisa membantu membentuk kekuatan tubuh dan membangun otot dengan lebih baik. Kamu bisa melakukan beberapa jenis bodyweight training, mulai dari squats, lunges, sit ups, push ups, pull ups, planks, step-ups. Rutin melakukan latihan ini bisa memberi manfaat, di antaranya: 

1.Otot Tubuh yang Lebih Kuat 

Bodyweight training menjadi jenis olahraga yang bisa memberi manfaat pada pembentukan otot tubuh. Rutin melakukan jenis olahraga ini juga disebut bisa membuat otot tubuh menjadi lebih kuat. Bodyweight training juga bermanfaat untuk menambahkan power atau kekuatan tubuh. 

2.Membakar Banyak Kalori 

Jenis olahraga yang satu ini ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab, beberapa gerakan atau latihan yang masuk dalam bodyweight training bisa membantu membakar kalori dalam jumlah yang tidak sedikit. Nah, hal itulah yang disebut bisa membantu menurunkan berat badan sehingga bentuk tubuh ideal bisa didapat.

Baca juga: Maksimalkan Plank dengan 7 Cara Ini

3.Tubuh Lebih Aktif 

Dalam melakukan latihan bodyweight, tubuh akan banyak melakukan gerakan-gerakan. Semakin aktif tubuh, maka akan semakin banyak jumlah kalori yang akan dibakar. Kalau sudah begitu, penurunan berat badan bisa lebih cepat didapat. Gerakan-gerakan dalam olahraga ini juga tidak terlalu sulit dilakukan, sehingga tidak membutuhkan latihan khusus. 

4.Risiko Cedera Rendah 

Olahraga bodyweight juga disebut memiliki risiko cedera yang lebih rendah. Jenis olahraga lain, misalnya angkat beban di gym bisa meningkatkan kemungkinan cedera. Hal itu terjadi karena penggunaan alat bantu yang mungkin salah. Nah, bodyweight training yang hanya menggunakan berat badan cenderung memiliki risiko cedera yang lebih rendah. 

5.Hasil yang Terlihat 

Hasil yang didapat dari overweight training juga lebih terlihat dibanding jenis olahraga lain. Jika dilakukan dengan rutin dan benar, jenis olahraga ini bisa membantu membentuk tubuh dengan otot-otot yang sehat dan kuat. Selain itu, penurunan berat badan dan kekuatan tubuh secara keseluruhan juga bisa didapat sebagai manfaat dari bodyweight training

Biar hasil dari olahraga ini maksimal, pastikan untuk membarenginya dengan gaya hidup sehat. Rutin berolahraga yang dikombinasikan dengan konsumsi makanan sehat bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Tidak hanya itu, kesehatan dan kebugaran tubuh juga lebih terjaga sehingga tidak mudah sakit. 

Baca juga: 6 Gerakan Olahraga untuk Mengencangkan Bokong

Kalau punya keluhan kesehatan atau mengalami gejala penyakit, coba bicarakan pada dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat, dan sampaikan masalah kesehatan yang dialami. Dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Is body-weight training effective as a strength training exercise?
Huffpost. Diakses pada 2020. 3 Surprising Benefits of Bodyweight Training.
Men’s Health. Diakses pada 2020. Why You Don't Need A Gym To Get Your Ideal Body.