• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Olahraga Indoor yang Bisa Banyak Bakar Kalori

5 Olahraga Indoor yang Bisa Banyak Bakar Kalori

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Berbagai cara dilakukan untuk menjaga kesehatan, mulai dari mengonsumsi makanan sehat hingga rutin melakukan olahraga. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan fisik, rutin berolahraga juga dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulit, hingga kesehatan mental. Tidak harus di luar rumah, kamu bisa rutin melakukan olahraga yang dapat membakar kalori dari dalam rumah.

Baca juga: 6 Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori

Kalori sendiri merupakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Namun, saat tubuh mengalami kelebihan kalori, tubuh dapat mengalami gangguan kesehatan. Berbagai gangguan kesehatan dapat terjadi akibat tubuh kelebihan kalori, seperti obesitas, risiko stroke, hingga penyakit jantung. Untuk itu, tidak ada salahnya rutin lakukan olahraga indoor yang dapat membantu kamu untuk bakar kelebihan kalori dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa olahraga indoor yang bisa kamu lakukan:

1.Push Up

Selain dapat dilakukan dalam rumah, olahraga push up terbilang praktis karena dapat kamu lakukan kapan saja. Olahraga push up merupakan salah satu olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan tubuh. Kegiatan ini dapat melatih bagian otot dada, bahu, dan juga trisep agar lebih kuat. 

Lakukan push up secara intens yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Melansir Healthline, jumlah dan rutinitas push up yang kamu lakukan akan menentukan jumlah kalori yang kamu bakar dalam setiap latihan. Semakin tepat dengan kondisi tubuh, tentunya kalori yang terbakar akan lebih optimal.

2.Zumba

Saat ini olahraga zumba bisa kamu lakukan di mana dan kapan saja, termasuk dari rumah. Jangan bingung, saat ini cukup banyak tutorial untuk melakukan olahraga zumba dari media sosial yang kamu miliki. Dalam satu jam olahraga zumba kamu dapat menghilangkan kalori sebanyak 300–900 kalori. 

Agar lebih menyenangkan, kamu bisa mengajak anggota keluarga lainnya untuk melakukan olahraga zumba bersama dari dalam rumah. Tidak hanya manfaat bagi kesehatan, kamu pun dapat meningkatkan keakraban antar anggota keluarga.

Baca juga: 7 Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan

3.Lompat Tali

Tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan olahraga lompat tali saat berada di rumah. Olahraga ini dinilai cukup efektif untuk membantu kamu membakar kalori dalam tubuh. Melansir Shape, lompat tali dapat membakar 10 kalori dalam 1 menit latihan. Tidak hanya itu, olahraga lompat tali pun dapat memberikan manfaat lain bagi tubuh, seperti meningkatkan kekuatan area kaki hingga tangan.

4.Squats

Squats merupakan olahraga yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memerlukan alat khusus. Dengan rutin melakukan squats, kamu dapat melatih kekuatan otot kaki serta meningkatkan keseimbangan tubuh. 

Selain itu, rutin melakukan squats dapat membantu kamu untuk membakar kalori dalam tubuh. Namun perlu diketahui, jumlah kalori yang dibakar saat melakukan squats nyatanya ditentukan oleh berat badan dan jumlah squats yang kamu lakukan setiap harinya.

5.Treadmill

Jika kamu memiliki alat treadmill di rumah, kondisi ini sangat membantumu untuk mengatasi kelebihan kalori yang terdapat dalam tubuh. Tidak hanya membakar kalori, rutin melakukan treadmill dapat membuat tubuh menjadi lebih kencang dan meningkatkan kapasitas kardiovaskular. 

Baca juga: Meski Sederhana, Olahraga Squat Ternyata Punya Banyak Manfaat

Itulah beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan dari rumah untuk membantu pembakaran kalori dalam tubuh. Segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter jika dalam latihan kamu mengalami cedera ringan pada tubuh untuk hindari kondisi yang lebih buruk.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How Many Calories Do Pushups Burn.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Use Zumba for Weight Loss.
Shape. Diakses pada 2020. This Jump Rope Workout Will Make You Break a Sweat In Just 20 Minutes.
Healthline. Diakses pada 2020. Squats.