• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pentingnya Menjaga Work Life Balance bagi Kesehatan Mental
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pentingnya Menjaga Work Life Balance bagi Kesehatan Mental

5 Pentingnya Menjaga Work Life Balance bagi Kesehatan Mental

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 Agustus 2022

“Work life balance adalah aspek yang sangat penting bagi pekerja. Dengan menjaga work life balance, maka kamu bisa terhindar dari gangguan kesehatan mental.”

5 Pentingnya Menjaga Work Life Balance bagi Kesehatan Mental5 Pentingnya Menjaga Work Life Balance bagi Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Work life balance memang menjadi salah satu topik yang tidak akan habis untuk dibicarakan di dunia kerja. Work life balance sendiri merupakan kondisi yang menggambarkan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tanggung jawab yang berkaitan dengan pekerjaan kantor maupun yang diluar pekerjaan kantor secara seimbang.

Kemampuan ini sangat diperlukan untuk menjaga kondisi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Tentunya, kesulitan menjaga keseimbangan antara kedua tanggung jawab tersebut dapat menyebabkan berbagai efek negatif. 

Nah, tidak ada salahnya untuk menyimak alasan mengenai pentingnya work life balance bagi kesehatan mental berikut ini!

Alasan Pentingnya Menjaga Work Life Balance dalam Hidup

Bekerja menjadi hal yang penting yang perlu dilakukan. Selain membantu ekonomi, bekerja juga membuat kamu menjadi lebih produktif sehingga bisa mendapatkan kualitas hidup yang semakin baik.

Namun, kamu juga perlu memastikan kegiatan antara pekerjaan dan kehidupan diluar pekerjaan harus seimbang. Nah, hal ini dikenal sebagai work life balance. 

Ini menjadi aspek yang sangat penting di dalam dunia pekerjaan. Menjaga work life balance dalam hidup membuat kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, baik secara fisik maupun kesehatan mental. 

Berikut ini beberapa alasan pentingnya menjaga work life balance dalam hidup, yaitu:

  1. Mengurangi Stres

Memiliki work life balance yang baik dalam hidup bisa membantu kamu mengurangi risiko stres. Sebaiknya buatlah jadwal pekerjaan yang akan kamu lakukan setiap harinya. Kamu bisa menentukan pekerjaan prioritas yang perlu kamu kerjakan terlebih dahulu.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan rekan kerja jika kamu merasa pekerjaan yang kamu lakukan sudah terlalu banyak atau berlebihan. Tidak ada salahnya berbagi pekerjaan dengan rekan satu tim untuk membuat work life balance kamu lebih optimal.

  1. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Lingkungan dan Kerabat

Bekerja secara maksimal bukan artinya kamu bekerja dalam waktu yang cukup lama sehingga tidak memiliki waktu untuk keluarga, kerabat, hingga lingkungan. Sebaiknya pastikan kamu bisa membagi waktu dengan baik agar kualitas hubungan kamu dan keluarga semakin meningkat.

  1. Mencegah Burn Out

Terlalu banyak pekerjaan dan tidak memiliki prioritas berisiko membuat kamu mengalami burn out. Ini merupakan kondisi yang terjadi ketika kamu mengalami stres yang cukup parah akibat pekerjaan.

Selain stres, kondisi burn out bisa membuat kamu tidak menyukai pekerjaan yang kamu lakukan sehingga bisa menurunkan kualitas pekerjaan. Bukan itu saja, kamu juga akan lebih mudah tersinggung dan marah. 

  1. Meningkatkan Kreativitas

Saat kamu memiliki work life balance yang baik, hal ini justru akan meningkatkan kualitas kerja. Bahkan, kamu akan menjadi lebih kreatif saat bekerja. 

  1. Menjaga Kesehatan Fisik Tetap Optimal

Bukan hanya menjaga kesehatan mental dalam kondisi baik, work life balance yang bisa dilakukan dengan baik dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan fisik. Dengan bekerja sepanjang hari, kamu akan mengalami penurunan kesempatan untuk bergerak, lebih sering duduk, dan kurang paparan sinar matahari.

Namun, jika kamu memiliki work life balance yang baik, kamu masih memiliki kesempatan untuk berolahraga, melakukan aktivitas fisik, hingga bertemu dengan kerabat dekat. Selain menjaga kesehatan fisik, hal ini juga bisa membuat kamu lebih bahagia.

Itulah beberapa alasan pentingnya menjaga work life balance dalam hidup. Jika kamu mengalami gejala burn out, sebaiknya segera tanyakan langsung pada dokter atau psikolog agar gejala dapat membaik. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:

Course Correction Coaching. Diakses pada 2022. 10 Reasons Why Work Life Balance Is Important (Especially In 2022).
Acta Informatica Medica. Diakses pada 2022. Work-related Mental Consequences: Implications of Burnout on Mental Health Status Among Health Care Providers.