5 Radikal Bebas yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 September 2021
5 Radikal Bebas yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh5 Radikal Bebas yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

Selain asap rokok, paparan sinar matahari yang berlebihan, obat-obatan, polusi kendaraan, dan olahraga yang berlebihan adalah kondisi yang bisa memicu peningkatan radikal bebas yang pada akhirnya dapat merusak daya tahan tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Radikal bebas dapat berkontribusi pada banyak masalah kesehatan kronis seperti penyakit kardiovaskular dan inflamasi, katarak, dan kanker. Keberadaan antioksidan dapat mencegah kerusakan jaringan akibat radikal bebas dengan mencegah pembentukan radikal atau dengan mendorong dekomposisinya.

Apa saja jenis radikal bebas yang dapat merusak daya tahan tubuh?

1. Asap Rokok

asap rokok

Asap rokok mengandung dua jenis radikal bebas yang sangat berbeda, satu dalam bentuk tar dan satu lagi dalam bentuk gas. Radikal bebas ini menjadi salah satu pemicu gangguan kesehatan yang diakibatkan dari merokok. Mulai dari stroke, penyakit jantung koroner, sampai kerusakan pembuluh darah.

Baca juga: Ini yang Terjadi Kalau Terlalu Sering Terpapar Asap Rokok

2. Sinar Matahari

sinar matahari

Sinar matahari memberikan manfaat pada tubuh, tetapi sinar UV berlebihan dapat memberikan efek negatif pada kulit. Sinar UV bersifat oksidatif karena dapat menghasilkan suatu senyawa radikal bebas yang disebut reactive oxygen species (ROS). Keberadaan ROS yang terakumulasi di dalam kulit dapat memicu terjadinya kerusakan sel, penuaan dini, dan kanker kulit.

3. Polusi Kendaraan

polusi kendaraan

Keberadaan polusi kendaraan menjadi salah satu pemicu peningkatan radikal bebas. Radikal bebas dari polusi udara bisa memicu infeksi pernapasan, gangguan kulit, serta penyakit paru-paru. 

Cara untuk mengurangi dampak dan mencegah efek buruknya, penting untuk mengonsumsi vitamin C dan E sebagai upaya meningkatkan antioksidan dalam tubuh. 

Baca juga: 4 Bahaya Sinar Matahari untuk Kulit

4. Obat-obatan

obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan dapat meningkatkan produksi radikal bebas, salah satunya adalah obat kanker. Selain obat kanker tertentu, antibiotik juga memicu terbentuknya radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan. Informasi selengkapnya mengenai obat-obatan bisa memicu radikal bebas bisa ditanyakan langsung pada dokter lewat aplikasi Halodoc!

5. Olahraga Berlebihan

olahraga berlebihan

Olahraga memang salah satu kunci hidup sehat karena dapat menjaga kebugaran dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, olahraga berlebihan dapat merusak daya tahan tubuh.

Olahraga yang berlebihan membuat tubuh memerlukan oksigen yang lebih banyak. Peningkatan inilah salah satunya yang memicu radikal bebas. Olahraga berlebihan juga dapat membuat tubuh aus, cepat lelah dan kerusakan pada persendian. 

Baca juga: Olahraga Berlebihan Bisa Membuat Insomnia, Ini Alasannya

Itulah informasi mengenai jenis radikal bebas yang dapat merusak daya tahan tubuh. Informasi selengkapnya mengenai kesehatan bisa kamu tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Health Effects of Cigarette Smoking
Medical News Today. Diakses pada 2021. How do free radicals affect the body?
Liputan6.com. Diakses pada 2021. Jangan Sepelekan Dampak Polusi Udara ke Kulit!
Kompas Health. Diakses pada 2021. 10 Jenis Radikal Bebas Ancam Manusia

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan