• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tanda Wajah Enggak Cocok dengan Skincare yang Digunakan

5 Tanda Wajah Enggak Cocok dengan Skincare yang Digunakan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Penggunaan skincare bertujuan untuk membuat kulit wajah semakin terawat dan sehat. Berbagai macam jenis skincare dapat kamu temui dengan mudah. Selain itu, penggunaan skincare pada setiap orang juga berbeda-beda fungsi dan kegunaannya. Tidak semua produk skincare memberikan hasil yang sama pada tiap orang, sehingga kamu perlu mengetahui jenis kulit dan permasalah yang ada pada kulit wajah kamu.

Baca juga: 4 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan

Skincare yang bagus dan direkomendasikan belum tentu cocok untuk jenis kulit kamu, sebaiknya perhatikan dengan baik sebelum kamu menggunakan produk skincare tersebut. Terlebih, jika kamu mengalami tanda-tanda ketidakcocokan kulit kamu terhadap skincare yang kamu gunakan.

  • Kulit Terasa Gatal

Salah satu tanda awal yang diberikan oleh kulit wajah saat kamu tidak cocok dengan skincare yang sedang kamu gunakan adalah rasa gatal yang ditimbulkan. Biasanya, rasa gatal ini disebabkan oleh sensitivitas formula dalam skincare yang sedang kamu gunakan. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya jangan menggaruk bagian wajah yang gatal karena bisa menyebabkan luka. Hubungi dokter jika efek ini masih kamu rasakan di saat kamu sudah menghentikan pemakaian skincare.

  • Kulit Menjadi Sangat Kering bahkan Sampai Bersisik

Biasanya, saat kamu tidak cocok dengan penggunaan skincare pada wajah, kulit wajah kamu akan terasa sangat kering. Bahkan paling parah, bisa sampai bersisik atau pecah-pecah. Ini disebabkan karena ada kandungan skincare yang kamu gunakan terlalu keras untuk wajah kamu.

Sebaiknya hentikan pemakaian dan kembalikan kelembapan kulit wajah kamu dengan penggunaan pelembap yang cocok untuk wajah kamu. Kamu boleh datang ke dokter untuk mengetahui jenis kulit kamu dan menanyakan rekomendasi pelembap yang cocok untuk kulit wajah kamu.

  • Muncul Jerawat

Penggunaan skincare bertujuan untuk membuat kulit wajah semakin sehat dan menghindari jerawat. Namun, saat kamu menggunakan skincare dan malah menimbulkan jerawat pada wajah, sebaiknya hentikan pemakaian. Pasalnya, hal tersebut merupakan tanda-tanda bahwa kulit wajah kamu tidak cocok dengan skincare yang kamu gunakan. Ganti produk skincare kamu dengan produk yang mengandung kandungan air yang banyak.

  • Kulit Wajah Terasa Panas

Saat menggunakan skincare dan kamu merasa kulit wajah kamu menjadi panas, ini bisa saja tanda bahwa kulit kamu tidak cocok dengan skincare yang kamu gunakan. Sebaiknya segera hapus skincare kamu dengan air. Jika masih terasa panas saat sudah dibersihkan, kamu bisa kompres wajah kamu dengan air dingin atau gunakan masker mentimun agar wajah kamu kembali segar.

  • Wajah Menjadi Berminyak dan Kusam

Jika kamu menggunakan produk skincare yang bisa mengatasi masalah pada wajah kamu, tapi tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Bahkan, sampai membuat wajah kamu berminyak atau kusam, bisa jadi itu menjadi tanda bahwa kulit wajah kamu tidak cocok dengan skincare yang kamu gunakan. Sebaiknya hentikan pemakaian skincare agar tidak terjadi masalah lebih lanjut.

Baca juga: Tips Memilih Produk Kecantikan Sesuai Jenis Kulit

Perhatikan jenis kulit kamu sebelum menggunakan skincare yang kamu inginkan, jika ada keluhan sebaiknya segera tanyakan keluhan kamu kepada dokter ahli yang ada di Halodoc.  Kamu juga bisa memesan obat atau vitamin melalui aplikasi Halodoc lewat menu Pharmacy Delivery. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau di Google Play!