• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Desember 2021
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

Kesehatan mental ibu rumah tangga yang terjaga dengan baik bisa mendukung berlangsungnya kehidupan di rumah. Ibu rumah tangga disebut rentan mengalami masalah kesehatan mental, terutama depresi. Penting untuk mengetahui cara menurunkan risiko penyakit ini.”  

Halodoc, Jakarta – Kesehatan mental ibu rumah tangga adalah hal yang perlu dijaga. Pasalnya, ibu rumah tangga alias stay at home mom merupakan kelompok yang paling rentan mengalami masalah pada kesehatan mental. Bahkan, ada penelitian yang menyebut bahwa banyak ibu rumah tangga yang kemudian didiagnosa dengan depresi. 

Pada umumnya, ibu rumah tangga menghabiskan hampir seluruh waktu di rumah dan melakukan pekerjaan-pekerjaan domestik, seperti mengurus anak, membersihkan rumah, hingga memasak. Pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang ditambah faktor-faktor lainnya bisa menjadi penyebab meningkatnya risiko masalah kesehatan mental. 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Ibu 

Ibu adalah fondasi utama dalam sebuah rumah. Hal tersebut bukanlah bualan belaka. Maka dari itu, menjaga kesehatan mental adalah hal yang penting dilakukan, terlebih pada full mom alias ibu rumah tangga. Dengan kesehatan mental yang terjaga, kestabilan rumah tangga dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Kerjasama di rumah tentu akan berlangsung dengan lebih lancar. 

Ibu rumah tangga disebut lebih rentan mengalami masalah kesehatan mental, terutama depresi. Untuk menurunkan risikonya, ada beberapa tips menjaga kesehatan mental ibu yang bisa mulai dicoba untuk diterapkan, antara lain: 

  1. Buat Jadwal Harian 

Ibu rumah tangga akan melakukan pekerjaan yang sama setiap hari. Namun, ada baiknya untuk tetap membuat jadwal kegiatan harian, dan lakukanlah setiap kegiatan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Misalnya, bangun pagi pukul 07.00 dilanjutkan dengan sarapan sampai jam 08.00, baru setelah itu mulai mengurus anak atau pekerjaan-pekerjaan lain. Kerjaan setiap tugas pada waktu yang konsisten sehingga terasa lebih mudah. Hal ini juga penting untuk mengukur “jam kerja” ibu rumah tangga, sehingga bisa diimbangi dengan istirahat yang cukup. 

  1. Cukup Istirahat 

Faktanya, ibu rumah tangga juga butuh istirahat dan hal ini nantinya akan berkaitan dengan kondisi kesehatan mental serta kesehatan fisik. Ibu rumah tangga disarankan untuk mendapatkan tidur setidaknya 8 jam sehari. Jika tidak bisa dipenuhi pada malam hari, coba bagi dengan mengambil waktu 1–2 jam tidur siang, ketika pekerjaan pada waktu tersebut sudah selesai. 

  1. Jalan-Jalan Keluar 

Stay at home mom bukan berarti tidak bisa jalan-jalan keluar rumah. Faktanya, ibu bisa tetap pergi keluar dan mencuri waktu untuk refreshing, misalnya saat perjalanan belanja ke pasar atau sekadar mengajak anak-anak bermain di taman pada sore hari. Waktu tersebut bisa ibu manfaatkan untuk merelaksasi tubuh dan pikiran sehingga kesehatan mental lebih terjaga. Jalan-jalan sore, meskipun cuma sebentar, juga bisa dimanfaatkan untuk mencari teman sesama ibu-ibu, bercengkrama, dan saling melepas penat. 

  1. Perubahan Gaya Hidup 

Bisa jadi, gaya hidup yang diterapkan juga menjadi risiko meningkatnya gangguan kesehatan mental. Coba ingat-ingat lagi, apakah ibu sudah cukup makan sehat, cukup tidur, dan cukup berolahraga? Jika terlalu belum cukup, coba mulai untuk melakukan perubahan gaya hidup bersama dengan anak dan anggota keluarga lainnya. 

  1. Bicarakan dengan Pasangan 

Jika ibu benar-benar merasa lelah dan butuh istirahat, jangan sungkan untuk berbicara pada pasangan. Jika memungkinkan, mintalah suami untuk bergantian melakukan pekerjaan rumah di hari liburnya, atau menjaga anak pada malam hari setelah pulang bekerja. Dengan begitu, ibu bisa memiliki sedikit waktu untuk memanjakan diri dan memelihara kesehatan mental. 

Selain menjaga kesehatan mental, ibu juga harus menjaga kesehatan fisik. Sebab, A healthy family starts from a healthy Mom yang artinya sehat dimulai dari ibu. Bicarakan terkait kondisi kesehatan pada dokter melalui Video/Voice Call atau Chat di aplikasi Halodoc. Dapatkan diskon up to 50% + additional Discount 10k for Paket Sehat Chat Obgyn (Subscription Package Chat Obgyn) (all users). Promo ini berlaku mulai dari 16-22 December 2021. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. What You Need to Know About Stay-at-Home Moms. 
Confessions of Parenting. Diakses pada 2021. 7 Ways To Combat Mental Health As A Stay At Home Mom.