• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik

5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 30 Mei 2018
5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik

Haloodoc, Jakarta – Hari Raya Idul Fitri atau lebaran menjadi momen untuk mengunjungi sanak saudara yang berada di luar kota (mudik). Dalam pelaksanaannya, mudik memerlukan berbagai persiapan agar kamu dan anggota keluarga yang ikut bisa merasa nyaman selama perjalanan ke kampung halaman.

Perjalanan mudik (baik menggunakan jalur darat, udara, maupun laut) seringkali melelahkan. Sehingga tak jarang, beberapa orang akan jatuh sakit setelah melakukan perjalanan jauh. Kamu tidak ingin hal itu terjadi, kan? Maka dari itu, agar bisa terus fit selama mudik, berikut lima tips menjaga kesehatan selama mudik yang bisa diikuti.

  1. Periksa Kondisi Kesehatan Sebelum Mudik

Tips yang pertama adalah memeriksakan kondisi kesehatan sebelum berangkat mudik. Hal ini cukup penting, apalagi jika selama ini kamu memiliki masalah kesehatan tertentu. Siapkan juga obat-obatan yang sekiranya diperlukan selama kamu mudik nanti.

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Menjelang keberangkatan mudik, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi agar tubuh tidak lemas. Jangan mengonsumsi junk food atau snack yang mengandung MSG (Monosodium glutamat). Perlu juga mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air mineral supaya kamu tetap terhidrasi saat mudik.

  1. Konsumsi Vitamin

Tips selanjutnya adalah mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, vitamin C memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pada saluran pernapasan seperti radang tenggorokan. Kamu bisa mengonsumsi vitamin C secara rutin sebelum berangkat mudik.

  1. Istirahat yang Cukup

Sebelum keberangkatan mudik, kamu harus beristirahat yang cukup dan menghindari begadang, terutama jika kamu bertindak sebagai pengemudi saat perjalanan mudik nanti. Setelah tiba, kamu juga perlu beristirahat sebelum berkeliling ke rumah sanak saudara. Hindari memaksakan diri untuk langsung berkeliling ke rumah sanak saudara jika kamu merasa lelah sehabis melakukan perjalanan panjang.

  1. Lakukan Olahraga Ringan

Tips yang terakhir adalah melakukan olahraga ringan sebelum berangkat mudik. Jangan khawatir, kamu bisa melakukan olahraga ringan di waktu setelah sahur atau menjelang berbuka. Lakukanlah gerakan ringan yang bisa membuat tubuh kamu berkeringat. Sebab dengan berolahraga, tubuh akan tetap fit selama mudik nanti.

Itulah lima tips menjaga kesehatan selama mudik. Semoga tips di atas bisa membantu kamu dan keluarga dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama mudik lebaran nanti. Untuk mengetahui tips lain terkait menjaga kesehatan selama mudik, kamu bisa bertanya pada dokter yang ada di aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter ahli dan tepercaya tentang masalah kesehatan apa saja melalui Chat, dan Voice/Video Call di layanan Contact Doctor. Ayo download aplikasi  Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat