• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik

5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orang menjadikan lebaran sebagai momen untuk pulang ke kampung halaman (mudik). Namun, sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah kondisi kesehatan. Berikut adalah tips menjaga kesehatan selama mudik yang bisa kamu terapkan:

  1. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Sebelum mudik, ada baiknya kamu menjaga kesehatan fisik dengan beristirahat selama 7–8 jam. Cara ini bisa membuat tubuh kamu lebih siap untuk menjalani mudik keesokan harinya. Ketika di perjalanan, jangan memaksakan diri untuk terus berkendara ketika sedang mengantuk atau lelah. Sebaiknya, berhenti sejenak untuk beristirahat di rest area terdekat.

  1. Tetap Aktif Bergerak

Cara ini bisa kamu lakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama mudik. Misalnya saat mudik menggunakan mobil, kamu bisa memanfaatkan rest area sebagai tempat untuk melakukan aktivitas fisik ringan (seperti jogging di tempat atau hanya sekadar berjalan cepat). Sedangkan jika mudik menggunakan transportasi umum (seperti bis, kereta, dan pesawat), kamu bisa berjalan bolak-balik dan meregangkan tubuh di dalam kendaraan. Bila memungkinkan, kamu bisa melakukan gerakan melompat di tempat.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Asupan bergizi seimbang tetap dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh selama mudik. Untuk sumber karbohidrat, kamu bisa mengonsumsi nasi, kentang, dan roti. Protein bisa diperoleh dari daging, ayam, tahu, dan tempe. Selain itu, sumber lemak yang baik untuk kesehatan (lemak tak jenuh) bisa diperoleh dari ikan salmon, sarden, alpukat, ataupun kacang-kacangan. Sedangkan sumber serat bisa diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang berguna untuk melancarkan fungsi saluran pencernaan.

Baca juga: 5 Tips Agar Anak Enggak Rewel Diajak Mudik

  1. Membawa Obat-obatan

Selama mudik, kamu perlu membawa obat-obatan yang dibutuhkan. Mulai dari obat-obatan umum (seperti obat sakit kepala, demam, flu, diare, dan lainnya) dan obat-obatan khusus (misalnya mag). Pastikan obat-obatan tersedia dalam jumlah yang cukup, serta hindari konsumsi obat yang menimbulkan efek samping seperti mengantuk.

  1. Mengonsumsi Suplemen Daya Tahan Tubuh

Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin khusus selama mudik. Hal ini bisa dilakukan bagi orang yang pemenuhan nutrisi hariannya tak cukup hanya dari makanan saja. Sehingga, mengonsumsi suplemen dan vitamin daya tahan tubuh bisa menjadi solusi.

Itulah lima tips menjaga kesehatan selama mudik. Kalau kamu punya keluhan kesehatan seluma mudik, unakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.