5 Tips untuk Terhindar dari Kekerasan Seksual

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Desember 2022

“Wanita lebih rentan untuk mengalami kekerasan seksual, sehingga perlu tahu kiat-kiat agar bisa menghindarinya. Salah satu langkahnya adalah menghindari situasi yang dapat meningkatkan risiko dari kondisi tersebut.”

5 Tips untuk Terhindar dari Kekerasan Seksual5 Tips untuk Terhindar dari Kekerasan Seksual

Halodoc, Jakarta – Kasus kekerasan seksual semakin sering terjadi belakangan ini. Tindakan ini merupakan masalah yang serius dan bisa berdampak buruk pada korbannya, terutama dari segi mental. Tindakan untuk menghindari kejadian ini perlu dilakukan sebelum terjadi.

Cara Tepat untuk Menghindari Kekerasan Seksual

Setiap orang bisa menjadi sasaran kekerasan seksual tanpa melihat usia, jenis kelamin, ras, etnis, dan lainnya. Tidak ada stereotip tertentu terhadap korban atau pelaku dari tindakan ini. Namun, umumnya korban dari kekerasan seksual mengenal seseorang yang mencoba melakukan kekerasan ini.

Maka dari itu, perlu tahu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kekerasan seksual, antara lain:

1. Hindari Situasi yang Berbahaya

Pelecehan seksual dapat terjadi pada banyak situasi dan tidak pernah menjadi kesalahan korban. Namun, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar kondisi ini tidak terjadi, seperti pergi dengan ditemani seseorang dan menghindari alkohol. Dengan begitu, risiko untuk mengalami kekerasan seksual bisa diminimalisir.

2. Komunikasikan Batasan dengan Jelas

Saat bertemu dengan seseorang, terlebih hanya berdua saja, cobalah untuk komunikasikan batasan dengan jelas. Jika sudah mulai melewati batas, katakan dengan tegas dan cepat terkait hal tersebut. Cara yang sopan kerap disalahpahami atau diabaikan.

Jika orang tersebut tidak menghormati hal yang sudah ditetapkan, segera keluar dari situasi tersebut. Jangan pernah beri kesempatan apabila seseorang sudah melewati batasan yang ada. Dengan begitu, situasi yang dapat sebabkan kekerasan seksual bisa dihindari.

3. Bersikap Tegas

Seringkali seseorang yang bersikap pasif diartikan sebagai izin bagi orang lain, padahal kenyataannya tidak begitu. Maka dari itu, pastikan untuk bersikap terus terang dan tegas sebagai cara untuk menghindari terjadinya tindakan yang berlebihan dan berakhir dengan kekerasan seksual.

Beritahu sesuatu yang diinginkan dan tidak, serta pertahankan keputusan tersebut. Segala hal harus mendapatkan persetujuan dari kedua belah pihak. Jika hanya satu orang saja yang menginginkannya, bisa jadi bentuk pemaksaan.

4. Ikuti Naluri

Saat kamu sudah tidak merasa nyaman atau bahkan terancam di sekitar kenalan atau bahkan pasangan sendiri, segera ambil keputusan untuk keluar dari situasi tersebut.

Jika ternyata kamu salah membaca situasi yang ada, tidak masalah, kamu bisa memberikan penjelasannya nanti. Hal yang paling utama adalah menghindari situasi yang dapat berujung pada kekerasan seksual.

5. Merespons secara Fisik

Beberapa kondisi menyebabkan seseorang tidak bisa diajak untuk berkomunikasi, seperti mabuk. Namun tentu saja tidak menjadi alasan untuk melakukan kekerasan seksual. Jika kamu diserang dan tidak ditanggapi, pembelaan secara fisik bisa dilakukan jika dirasa diperlukan.

Nah, itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kekerasan seksual. Jika kamu bepergian dengan seseorang yang baru dikenal, sebaiknya pilih tempat yang ramai dan terbuka. Hal ini untuk kenyamanan bersama jika secara tiba-tiba hal yang tidak diinginkan terjadi.

Apabila ingin mendapatkan saran lainnya sebagai cara untuk menghindari kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya kekerasan seksual, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan.

Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Police & Public Safety Charlotte. Diakses pada 2022. Reduce the Risk of Becoming A Sexual Assault Victim.
CDC. Diakses pada 2022. Violence Prevention.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan