• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tradisi Ibu Hamil ala Orang Indonesia

5 Tradisi Ibu Hamil ala Orang Indonesia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Tradisi Ibu Hamil ala Orang Indonesia

Halodoc, Jakarta – Kehamilan biasanya merupakan sebuah momen yang paling dinanti-nantikan pasangan pengantin baru. Makanya, tak heran kalau kehamilan anak pertama biasanya sangat dijaga baik dan hati-hati. Sebagai salah satu bentuk meningkatkan kewaspadaan dan rasa syukur, orang Indonesia memiliki beberapa tradisi kehamilan yang menjadi kebiasaan dan senantiasa dilakukan jelang kelahiran.

Beberapa dianggap sebagai mitos belaka tapi ada juga yang menjadikannya sebagai upacara adat yang percaya enggak percaya dilakukan saja. Berikut adalah tradisi kehamilan yang masih sering dilakukan.

  1. Upacara Tingkeban di Jawa

Tradisi kehamilan orang Indonesia tingkeban ini dilakukan oleh suku Jawa pada usia kehamilan menginjak tujuh bulan. Upacara ini berisi ritual yang serba-serbinya dilakukan dengan angka tujuh. Misalnya tumpengan yang berjumlah tujuh, ibu yang dimandikan dengan tujuh guyuran dengan pendampingnya yang juga berjumlah tujuh. Buat orang Jawa angka tujuh adalah angka istimewa makanya sering dijadikan sebagai jumlah keberuntungan.

  1. Mimbit Arep pada Suku Dayak

Sebenarnya ada beberapa ritual yang mengiringi perjalanan kehamilan seorang wanita Dayak, salah satunya yang cukup unik adalah mimbit arep. Ritual ini mengharuskan ibu hamil diikat pinggangnya dengan sebuah tali yang disebut dengan paling pangereng. Sejak bulan pertama wanita hamil di Dayak tidak boleh bekerja berat untuk menjaga agar janin dalam kandungannya tetap aman.

  1. Mappanre to-mangideng pada Suku Bugis

Suku Bugis punya tradisi kehamilan orang Indonesia yang berbeda lagi. Menginjak satu bulan, ibu hamil dan keluarganya akan melakukan ritual mappanre to-mangideng yang berarti menyuapi ibu hamil dengan makanan sehat termasuk makanan yang menjadi kesukaannya ibu. Tujuan dilakukannya upacara ini tidak lain untuk menyenangkan ibu hamil sehingga jalan menuju dua bulan, tiga bulan sampai beberapa bulan selanjutnya lebih lapang dan tidak ngidam sesuatu yang sulit ataupun tidak menyehatkan. Untuk alasan inilah makanya di bulan pertama kehamilan ibu hamil langsung disuguhkan makanan yang dia senangi.

  1. Mangirdak pada Suku Batak

Sama halnya seperti yang dilakukan oleh suku Jawa, mangirdak adalah tradisi tujuh bulanan suku Batak. Dimana prosesi ini dilakukan di rumah keluarga pihak wanita. Biasanya ibu sang wanitalah yang memasakkan makanan favorit anaknya tapi ikan mas arsik sebagai makanan tradisional harus ada dalam acara tersebut.

Kemudian sang ibu akan menyuapi anaknya langsung sembari didoakan segala yang baik dan bermanfaat untuk kehamilannya. Dalam tradisi kehamilan ini pihak keluarga akan diundang dan orang-orang tuanya akan memberikan wejangan kepada ibu hamil bagaimana merawat kandungannya serta doa supaya ibu dan anak selamat ketika saat melahirkan tiba.

  1. Tradisi Mengirimkan Makanan pada Suku Aceh

Lain daerah lain juga adat-istiadat maupun tradisi kehamilan yang dijalani. Untuk suku Aceh, biasanya saat menginjak bulan kelima, keluarga dari pihak istri akan mengirimkan makanan serta kue-kue manis kepada keluarga suami. Dan hal yang sama akan dilakukan oleh pihak keluarga suami dengan mengirimkan lauk-pauk ke keluarga istri. Barulah menginjak bulan ketujuh, kedua keluarga bertemu dengan ibu hamil dan pasangannya dan dilangsungkan makan bersama. (Baca juga: 5 Alasan Wanita Zaman Now Berpikir Ulang untuk Hamil)

Sebenarnya tradisi kehamilan ini dilakukan untuk mempererat silaturahmi antar keluarga. Akan ada anggota baru yang datang, pastinya kehadiran ini membuat keluarga semakin erat. Ada banyak tradisi kehamilan orang Indonesia yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan anak dalam kandungan.

Kalau ibu ingin tahu lebih banyak mengenai kebiasaan yang disarankan untuk ibu hamil lakoni, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu hamil bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.