• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Alasan Naik Gunung itu Menyehatkan

6 Alasan Naik Gunung itu Menyehatkan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Alasan Naik Gunung itu Menyehatkan

Halodoc, Jakarta – Daniel Ferris, profesor dari University of Florida dan seorang pakar biomekanika olahraga, mengatakan ketika berjalan di medan yang tak rata, ini akan melatih denyut jantung dan meningkatkan metabolisme serta membakar kalori lebih banyak. Persendian, otot, dan jantung bekerja dengan cara yang berbeda selama melakukan pendakian, hal yang tidak terjadi ketika kamu berjalan seperti biasa.

Lebih lanjut lagi, alasan naik gunung itu menyehatkan karena mendaki di medan yang tak rata dapat meningkatkan jumlah energi yang digunakan tubuh sebesar 28 persen dibandingkan jalan di tanah datar. Jalur yang naik, turun, dan menyamping membutuhkan pergeseran kecil pada otot kaki, sehingga memanjang dan memendek saat melakukan perjalanan. Nah, perubahan inilah yang meningkatkan jumlah energi yang dikeluarkan selama melakukan perjalanan. (Baca juga: Cegah Sesak Napas saat Olahraga)

Ingin tahu lebih banyak alasan naik gunung menyehatkan? Yuk, baca uraian ini lebih lanjut!

  1. Menghabiskan Waktu di Alam Bisa Menyehatkan Pikiran

Sebuah penelitian dari Stanford University membeberkan fakta bahwasanya menghabiskan waktu di alam bebas dapat mengurangi kecenderungan kamu berpikir negatif dan menghindari diri dari gangguan kecemasan yang bisa berdampak pada stres dan depresi. Efek ini lebih berdampak pada kaum urban yang terbiasa menghabiskan hidup di macet lalu-lintas dan himpitan gedung tinggi.

  1. Meningkatkan Keseimbangan dan Stabilitas Tubuh

Fakta selanjutnya dari alasan naik gunung menyehatkan adalah aktivitas ini dapat meningkatkan keseimbangan dan stabilitas tubuh. Penjelasannya karena naik gunung dapat memompa otot-otot yang sering diabaikan, sehingga memaksimalkan seluruh fungsi kerja otot. Pada akhirnya, akan berguna ketika kamu melakukan aktivitas sehari-hari dan melatih refleks dan responsmu untuk sesuatu yang terjadi secara spontan, termasuk perlindungan diri.

  1. Memperbaiki Mood

Naik gunung sangat memberikan efek pada perbaikan mood. Olahraga dan suasana alam akan memengaruhi cara pandangmu terhadap hidup dan pengambilan keputusan. Berjalan melintasi hutan sambil mengamati burung, dedaunan, mengamati cemara, dan mendengarkan aliran sungai yang menenangkan, dapat menjernihkan pikiran dan membuat perasaan lebih baik. Makanya, ada banyak orang yang mengambil me time di alam liar dan salah satunya naik gunung.

  1. Meningkatkan Jiwa Sosialmu

Aktivitas naik gunung biasanya dilakukan bersama-sama, sehingga tanpa disadari akan meningkatkan jiwa sosialmu. Pertemuan dengan orang baru, membantu memecahkan masalah bersama yang ditemui di perjalanan. Kamu akan lebih bertoleransi terhadap sifat maupun karakter orang lain dan pada akhirnya akan berdampak pada kesehatan jiwamu. Ada perasaan senang dan kebahagiaan ketika berhasil membantu orang lain.

  1. Dapat Meminimalisir Gangguan Konsentrasi

Menghabiskan waktu di alam liar dengan aktivitas, salah satunya naik gunung, dapat meminimalisir gangguan konsentrasi. Pasalnya, alam dengan nuansa hijau dan perubahan nuansa, suasana, serta kejadian yang tidak terduga di alam bebas dapat meningkatkan konsentrasi dan melatih otak untuk memecahkan masalah.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Penelitian dari Stanford University menjelaskan, melakukan kegiatan di alam bebas dapat meningkatkan kreativitas sebesar 50 persen. Ini terkaitnya juga dengan minimnya penggunaan teknologi di alam bebas, sehingga lebih terkoneksi dengan alam yang secara tak langsung meningkatkan kesadaran dengan alam bebas. Fokus dengan yang terjadi di sekeliling dan biasanya dalam kondisi seperti ini, orang akan lebih sering mendapatkan ide-ide segar.

Ingin tahu lebih banyak alasan naik gunung menyehatkan atau jenis olahraga yang baik sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.