• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Dark Spot di Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Dark Spot di Wajah

6 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Dark Spot di Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 Oktober 2022

“Dark spot pada wajah bisa dihilangkan melalui perawatan alami hingga perawatan medis. Contohnya dengan menggunakan air lemon atau perawatan laser.”

6 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Dark Spot di Wajah6 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Dark Spot di Wajah

Halodoc, Jakarta – Dark spot atau noda hitam pada wajah terbentuk akibat melanin memproduksi pigmen kulit secara berlebihan. Masalah kulit ini umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari atau pemakaian obat-obatan.

Buah lemon sering dijadikan sarana mujarab untuk menangani masalah ini. Pasalnya, kandungan asam sitrat dan vitamin C di dalamnya mampu mencerahkan kulit secara alami. 

Cara Ampuh Menghilangkan Dark Spot pada Wajah

Selain buah lemon, perawatan di bawah ini diklaim ampuh mengatasi dark spot pada wajah:

1. Krim dan serum hidrokuinon

Melansir dari Healthline, penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa hidrokuinon memiliki manfaat yang potensial untuk mengatasi flek hitam. Meskipun dianggap aman, pemakaian hidrokuinon tetap perlu dibatasi untuk mencegah masalah kesehatan. 

Krim dan serum hidrokuinon disarankan untuk digunakan dalan jangka pendek saja. Hentikan pemakaian jika mengalami tanda-tanda iritasi, penggelapan kulit atau efek samping lainnya. 

2. Retinoid

Retinoid juga kerap dijadikan solusi untuk menangani noda hitam dan tanda-tanda penuaan lainnya. Zat ini bekerja dengan cara meningkatkan pergantian sel, mempercepat pengelupasan kulit dan mendorong pertumbuhan kulit yang baru. 

Namun, retinoid dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari dan kekeringan. Oleh sebab itu, jangan lupa gunakan pelembap dan tabir surya usai memakai produk yang berbahan retinoid. Zat ini juga tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka panjang. 

3. Perawatan laser

Jika ingin hasil yang lebih cepat, perawatan laser adalah solusinya. Perawatan ini  menggunakan energi cahaya untuk mencerahkan area-area yang menghitam di bagian wajah. 

Laser akan menargetkan bagian kulit yang memproduksi pigmen berlebih lalu menghilangkannya selapis demi lapis. Lewat proses tersebut, lapisan kulit yang gelap akan terbakar. Kekurangannya, perawatan laser umumnya menimbulkan efek samping berupa kulit kemerahan, peradangan, terbentuknya jaringan parut, perubahan tekstur kulit hingga infeksi kulit. 

4. Eksfoliasi

Pengelupasan kulit atau biasa disebut dengan eksfoliasi umumnya menggunakan bahan kimia untuk memecah sel-sel kulit mati. Proses pengelupasan ini mampu mengangkat bagian atas kulit sehingga warna kulit bisa lebih merata. Bahan-bahan yang sering digunakan, meliputi asam alfa hidroksi (AHA), asam azelaic, asam beta hidroksi (BHA), asam glikolat, asam laktat, asam mandelat dan asam salisilat.

Metode eksfoliasi juga tidak dianjurkan untuk dilakukan terlalu sering. Pasalnya, kulit membutuhkan waktu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan membangun sel yang baru. Terlalu sering melakukannya bisa memicu peradangan dan iritasi. 

Bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati saat melakukan perawatan ini. Sebab, kulit berpotensi menjadi lebih sensitif dan mengalami risiko efek samping. Jika ingin melakukannya, pastikan bahan kimia yang dipilih bersifat lembut. Hindari pula memilih bahan eksfoliasi yang kasar, seperti scrub. 

5. Mikrodermabrasi

Prosedur ini dilakukan dengan menyemprotkan kristal halus melalui alat khusus. Kemudian kulit akan digosok secara lembut untuk mengikis sel-sel mati yang menyebabkan noda hitam. Setelah perawatan, kulit biasanya menjadi kemerahan dalam waktu sementara.

6. Cryosurgery

Perawatan ini dilakukan dengan membekukan kulit dengan larutan nitrogen cair untuk menghilangkan bintik hitam.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2022. An Overview of Dark Spots.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to get rid of dark spots on the face.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Dark Spots on the Face.