• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Meningkatkan Energi Bumil saat Kehamilan Trimester 1

6 Cara Meningkatkan Energi Bumil saat Kehamilan Trimester 1

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Hampir setiap ibu hamil mengalami kelelahan di trimester pertama dan ini adalah kondisi yang sangat lazim terjadi. Kelelahan di awal kehamilan ini adalah sebuah tanda bahwa tubuh ibu sedang menyesuaikan diri dengan perubahan selama kehamilan. Meski membuat frustasi, kelelahan sebenarnya pertanda baik karena menandakan bahwa hormon kehamilan ibu sedang bersirkulasi dan tubuh sedang bekerja keras membantu bayi tumbuh. 

Ada banyak alasan mengapa ibu merasa lelah sepanjang waktu di trimester pertama. Pertama, naiknya kadar progesteron yang membuat ibu sangat mengantuk. Morning sickness yang membuat ibu kesulitan makan. Jantung yang memompa lebih keras untuk mengakomodasi peningkatan volume darah. Terakhir, kelelahan bisa terjadi karena tubuh ibu sedang berbagi nutrisi penting (seperti zat besi) dengan bayi. 

Baca juga: 4 Masalah Trimester Pertama Kehamilan yang Perlu Diketahui

Cara Meningkatkan Bumil di Trimester 1

Kelelahan tentu bisa menghambat aktivitas yang ibu jalani. Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa ibu coba untuk meningkatkan energi selama di trimester pertama:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Makan makanan yang bergizi adalah cara yang paling ampuh melawan kelelahan kehamilan. Pastikan ibu mengonsumsi buah dan sayuran serta hindari makanan olahan sebisa mungkin. Selain itu, ibu harus menghindari karbohidrat yang cepat dicerna seperti roti putih, karena ini justru membuat ibu mudah merasa dan merasa lebih mengantuk. Makan makanan rendah lemak yang tinggi zat besi dan protein juga dapat membantu. Terakhir pastikan untuk tetap terhidrasi.

2. Olahraga Ringan Setiap Hari

Walaupun mungkin terasa berat untuk memulai olahraga, tapi coba paksa sedikit untuk melihat manfaatnya. Latihan aerobik, seperti jalan cepat, hampir selalu membuat ibu merasa lebih baik. Olahraga juga membuat tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan mood dengan melepaskan endorfin.

3. Cukup Tidur

Kebutuhan tidur ibu hamil memang lebih banyak daripada biasanya. Pastikan ibu mendapatkan delapan hingga sembilan jam per malam. Jangan ragu untuk tidur siang kapan pun ibu bisa. Tidur siang selama 15-20 menit dapat mengembalikan energi ibu dan membuat ibu sedikit segar. Namun jangan sampai tidur berlebihan juga ya. Pasalnya, tidur berlebihan malah membuat ibu merasa lebih lelah.

Baca juga: Trimester Pertama, Ini 5 Cara Jaga Kehamilan

4. Banyak Bersantai

Kehamilan pastinya membebani tubuh dan pikiran seorang ibu. Selama kehamilan, tubuh akan memproduksi lebih banyak darah, detak jantung naik, serta menggunakan lebih banyak air dan nutrisi. Pikiran ibu mungkin juga akan dibanjiri dengan luapan emosi yang bisa membuat ibu merasa kewalahan. Ambil kesempatan untuk bersantai dan rileks, sebelum tiba waktunya ibu akan selalu mendengar bayi menangis dan terjaga sepanjang malam. 

5. Sering Ngemil

Pertimbangkan untuk makan dengan porsi lebih kecil tetapi sering. Ngemil atau makan sedikit-sedikit seperti ini mampu menjaga perut tetap kenyang yang otomatis membantu mencegah mual. Kalau ibu merasa mual, ibu bisa memilih makanan-makanan yang lebih ringan, seperti biskuit, sereal, buah-buahan, dan lain-lain. 

6. Pertimbangkan Vitamin B6

Konsumsi vitamin B6 sebanyak 10-25 miligram tiga atau empat kali sehari mampu meredakan mual dan muntah selama kehamilan. Vitamin tersebut bahkan dapat membantu meningkatkan mood dan kualitas tidur. Namun, sebelum mengonsumsi vitamin ini, pastikan menanyakannya terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Baca juga: 6 Makanan Wajib Bumil di Trimester Pertama

Bila ibu punya pertanyaan seputar kehamilan, ibu bisa menanyakannya langsung ke dokter spesialis kandungan lewat aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot ke luar rumah, lewat Halodoc ibu dapat menghubungi dokter kapan dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.



Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. The Best Natural Ways to Fight Pregnancy Fatigue.
Shape. Diakses pada 2020. Why Your Energy Tanks During Pregnancy—and How to Get It Back.