• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Merawat Anjing Peliharaan saat Musim Hujan

6 Cara Merawat Anjing Peliharaan saat Musim Hujan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Anjing diklaim sebagai hewan peliharaan yang paling setia. Bukan hanya menjadi hewan paling setia saja, anjing menjadi hewan nomor satu di dunia yang banyak dipelihara oleh manusia. Di saat musim hujan, pemelihara tentu harus ekstra berhati-hati dalam merawat anjing kesayangan. Lantas, bagaimana cara memelihara anjing saat musim hujan? Lakukan sejumlah langkah berikut ini, ya.

Baca juga: Hewan Kesayangan Tidak Divaksin, Waspada Bahayanya

1.Jaga Bulu Anjing Tetap Kering

Menjaga bulu anjing tetap kering merupakan salah satu cara untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri. Bulu anjing yang basah atau lembap menjadi sarang bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak. Untuk memelihara anjing saat musim hujan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengeringkan bulu anjing setelah terkena air hujan.

2.Jaga Tempat Tidur Anjing Kering

Menjaga tempat tidur anjing agar tetap kering menjadi langkah selanjutnya dalam memelihara anjing saat musim hujan. Jika anjing terbiasa menghabiskan waktu di luar rumah, sediakan area yang tertutup dan terhindar dari air hujan, ya. Jangan lupa untuk memastikan makanan dan minuman terhindar dari hujan. Selama musim hujan, cuaca akan berubah menjadi lebih dingin, di mana kondisi ini dapat membahayakan sendi pada anjing peliharaanmu. Jadi, pastikan segala kondisinya dengan baik, ya.

3.Bersihkan Cakar Anjing Secara Rutin

Anjing sangat suka bermain di tanah lapang. Hal tersebut otomatis akan membuat kaki bersentuhan langsung dengan tanah. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab mereka rentan terkena infeksi. Untuk mencegahnya, kamu bisa menyediakan sepatu khusus anjing guna mencegah lumpur, air, rumput, atau serangga masuk ke dalam cakarnya.

Pasalnya, cakar dapat dengan mudah menyimpan patogen atau vektor penyakit. Namun, jika anjing tidak terbiasa menggunakan sepatu, maka cukup bersihkan cakarnya secara rutin setelah mengajaknya berjalan-jalan. 

Baca juga: Awas, Hewan Peliharaan Juga Rentan Terkena Virus Corona

4.Lakukan Semua Kegiatan di Dalam Rumah

Saat musim hujan, kurangi atau hindari aktivitas di luar ruangan, ya. Hal tersebut menjadi salah satu cara memelihara anjing saat musim hujan. Jika tinggal di gedung apartemen, kamu bisa membawanya naik turun tangga gedung. Bukan hanya anjing saja yang bugar karena hal ini, kamu pun ikut sehat jika melakukannya. 

5.Perhatikan Pakan Peliharaan

Saat hujan, anjing lebih rentan mengidap alergi makanan. Langkah selanjutnya dalam memelihara anjing saat musim hujan adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh anjing peliharaan. Jangan lupa untuk menambahkan serat dari sayur dan buah, agar ia buang air besar secara teratur.

6.Bersihkan Telinga Anjing Secara Rutin

Infeksi telinga menjadi salah satu penyakit yang rentan dialami anjing selama musim hujan. Hal tersebut terjadi karena kelembapan mudah terakumulasi pada anjing yang memiliki telinga tertutup. Kotoran telinga dan keadaan lembap bersatu dan memicu adanya infeksi telinga.

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Saat musim hujan datang, anjing lebih rentan terkena infeksi. Tubuh anjing yang terinfeksi akan ditandai dengan rasa gatal, telinga yang mengeluarkan bau tidak sedap, serta sering menggaruk. Beberapa infeksi yang sering dialami anjing peliharaan saat musim hujan adalah infeksi jamur, bakteri, atau alergi. Jika sudah begini, apa yang harus dilakukan?

Jika kamu menemukan sejumlah gejalanya, silahkan diskusikan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc untuk menentukan langkah perawatan yang tepat. Berbagai macam infeksi yang terjadi dikarenakan ketidakmampuan uap air untuk keluar dari permukaan kulit. Jadi, pastikan kamu menjaga kebersihan anjing peliharaan selama musim hujan, ya.


Referensi:
Dokterhewan.co.id. Diakses pada 2020. Musim Hujan Sudah Tiba, Jaga Hewan Kesayangan Anda.
Parenting Firstcry. Diakses pada 2020. A Happy Rain-Shower For Your Pet.