6 Fakta Penting Mengenai Infertilitas Pria yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Februari 2023

“Infertilitas pria dapat dipengaruhi oleh beragam hal. Contohnya kondisi bawaan, mengidap penyakit tertentu, pola tidur, dan konsumsi alkohol serta kebiasaan merokok.”

6 Fakta Penting Mengenai Infertilitas Pria yang Perlu Diketahui6 Fakta Penting Mengenai Infertilitas Pria yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta –  Penyebab paling umum dari infertilitas pria adalah varikokel. Ini merupakan kondisi pembesaran pembuluh darah di dalam skrotum yang menahan testis. 

Varikokel adalah penyebab umum rendahnya produksi sperma dan penurunan kualitas sperma. Selain kondisi varikokel, ada beberapa hal lain lagi yang bisa menyebabkan infertilitas pria. Simak selengkapnya di sini, fakta penting mengenai infertilitas pria yang perlu diketahui!

Fakta Penting Mengenai Infertilitas Pria

Terkadang penyebab infertilitas pria tidak diketahui. Namun, faktor lain seperti genetik, gaya hidup, dan lingkungan, dapat menyebabkan kondisi infertilitas pria. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan meninjau riwayat kesehatan secara menyeluruh untuk mencari tahu penyebabnya.

Tahapan pemeriksaan infertilitas pria juga melibatkan analisis air mani. Tes ini akan menentukan jumlah dan kualitas sperma. Kemudian, pemeriksaan  lain yang mungkin dilakukan dokter cek kadar hormon.

Lantas, apa saja fakta penting mengenai infertilitas pria yang perlu diketahui?

1. Paparan suhu tinggi dapat menyebabkan infertilitas pria

Kalau kamu termasuk orang yang senang menghabiskan waktu di sauna, mengenakan celana ketat, bersepeda dalam kurun waktu panjang, perlu hati-hati. Paparan suhu tinggi dapat mengganggu produksi dan fungsi sperma. 

2. Bisa disebabkan oleh kondisi infertilitas imunologi 

Ini adalah suatu kondisi ketika antibodi menyerang sperma. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Antibodi ini bisa memengaruhi motilitas sperma. Membuat perjalanan sperma ke sel telur menjadi sangat sulit atau bahkan tidak mungkin terjadi.

3. Infertilitas pria tidak memiliki gejala spesifik

Umumnya, tanda utama infertilitas pria adalah ketidakmampuan untuk memiliki keturunan. Jadi, pada dasarnya kondisi infertilitas ini memang tidak memiliki gejala spesifik. Hanya saja, ada beberapa situasi mendasar yang bisa menunjukkan gejala. 

Misalnya, memiliki kelainan bawaan, ketidakseimbangan hormon, pembuluh darah melebar di sekitar testis, atau kondisi yang menghalangi jalannya sperma yang menyebabkan tanda dan gejala. 

4. Tanda spesifik tertentu

Misalnya kesulitan ejakulasi atau volume air mani yang sedikit, berkurangnya hasrat seksual, atau kesulitan mempertahankan ereksi (disfungsi ereksi). Kemudian tanda fisik bisa jadi meliputi beberapa kondisi berikut:

  • Nyeri, bengkak atau benjolan di area testis.
  • Infeksi pernapasan berulang.
  • Ketidakmampuan untuk mencium.
  • Berkurangnya rambut wajah atau tubuh atau tanda-tanda kelainan kromosom atau hormonal lainnya.

5. Pola tidur dapat memengaruhi infertilitas pria

Tidur yang lebih lama atau lebih pendek dikaitkan dengan jumlah sperma yang lebih rendah. Pria yang tidur lebih dari 9 jam mengalami penurunan jumlah sperma sebesar 39,5 persen. Sementara durasi tidur 6,5 jam atau kurang menyebabkan penurunan 25,7 persen volume sperma. 

Ini merupakan hasil penelitian yang diterbitkan oleh Medical Science Monitor dengan jurnal berjudul Sleep Deprivation and Late Bedtime Impair Sperm Health Through Increasing Antisperm Antibody Production: A Prospective Study of 981 Healthy Men.

6. Merokok dan alkohol dapat mengurangi kesuburan pria

Mengonsumsi alkohol dan merokok dapat meningkatkan risiko infertilitas pria. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menurunkan kadar testosteron, serta mempersulit ereksi.

Itulah informasi mengenai fakta penting mengenai infertilitas pria. Punya masalah soal kesehatan reproduksi? Tanyakan saja langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download langsung aplikasinya di sini ya!

Referensi:
Medical Science Monitor. Diakses pada 2023. Sleep Deprivation and Late Bedtime Impair Sperm Health Through Increasing Antisperm Antibody Production: A Prospective Study of 981 Healthy Men
Andrology Center. Diakses pada 2023. What are Antisperm Antibodies.
Invitra.com. Diakses pada 2023. What Are Antisperm Antibodies? – Causes & Treatment.
Jamaica Hospital.org. Diakses pada 2023. The Facts About Male Infertility.Healthgrades. Diakses pada 2023. 10 Surprising Facts About Male Infertility.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan