• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Tepat untuk Pengidap Emfisema
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Tepat untuk Pengidap Emfisema

6 Makanan yang Tepat untuk Pengidap Emfisema

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 27 April 2018
6 Makanan yang Tepat untuk Pengidap Emfisema6 Makanan yang Tepat untuk Pengidap Emfisema

Halodoc, Jakarta – Bagi orang yang memiliki penyakit paru-paru, bernapas membutuhkan kalori 10 kali lebih banyak ketimbang seseorang yang paru-parunya sehat. Bagi pengidap penyakit emfisema, makanan paling tepat untuk dikonsumsi adalah makanan yang bisa memberikan nutrisi paling banyak, namun dengan porsi sedikit.

Makan terlalu banyak juga bisa membuat orang dengan gangguan pernafasan menjadi merasa lelah dan sulit bernapas. Untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat emfisema, makanlah makanan porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering. Makanlah empat sampai enam kali sehari dalam jumlah sedikit ketimbang tiga kali makan besar. Lalu, berhentilah makan sebelum kenyang, dan istirahatlah sesudah makan.

(Baca juga: Ini Pilihan Camilan Sehat Supaya Badan Mirip Jennifer Bachdim, Mau?)

Lalu, apa saja makanan yang cocok untuk pengidap emfisema?

  1. Oatmeal

Inilah makanan yang baik untuk memulai hari, oatmeal panas. Makanan ini kaya serat, kalsium, zat besi, dan vitamin A. Akan lebih baik jika kamu mencampur dengan susu, bukan air. Kandungan seratnya yang tinggi membantu kamu merasa kenyang dengan kalori lebih sedikit.

  1. Keju

Tambahkan keju ke aneka makanan seperti kentang, nasi, atau sayuran. Ini akan meningkatkan nilai gizi dan nilai kalori makanan apapun. Tambahan keju memberikan kalsium ekstra untuk membantu melindungi tulang kamu yang menjadi rapuh karena efek samping obat-obatan tertentu. Pilihlah keju dengan label "part-skim" atau "reduced-fat."

(Baca juga: Say Yes! Jangan Lagi Takut Gendut Karena Keju)

  1. Telur

Cara yang mudah nan lezat untuk meningkatkan asupan kalori adalah dengan menambahkan telur ekstra ke resep makanan kamu.

  1. Shake and Smoothie

Kaya kalsium dan vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, itulah sebabnya milkshake dan smoothie adalah makanan ringan yang sempurna bagi banyak orang dengan penyakit paru-paru. Gunakan susu atau yoghurt dan buah-buahan segar untuk menambah nutrisi dan serat.

  1. Sayuran Kaya Karbohidrat

Sayuran kaya karbohidrat seperti bit, jagung, wortel, dan labu merupakan sumber vitamin dan mineral yang kaya. Aneka sayuran ini memiliki lebih banyak kalori daripada sayuran lainnya. Sayuran ini bisa diolah menjadi sup sebagai menu tambahan atau hidangan utama.

  1. Protein

Keberadaan protein pada makanan sangat penting bagi pengidap penyakit paru-paru. Sumber protein yang baik adalah telur, daging tanpa lemak, ikan, unggas, kacang polong, dan kacang-kacangan.

(Baca juga: 5 Ciri Emfisema yang Perlu Kamu Waspadai)

Nah, inilah ragam makanan yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar menu nutrisi harian kamu. Pilihan makanan yang tepat membantu pemulihan dan menjaga kesehatan tubuh. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab emfisema, tanyakan langsung ke berbagai dokter ahli dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya tentang penyebab emfisema melalui Voice/Video Call dan Chat. Serta di Halodoc kamu juga bisa menggunakan Lab Service untuk tes lab tanpa keluar rumah. Praktis kan? Unduh Halodoc di Play Store atau App Store sekarang, ya!