6 Manfaat Introspeksi Diri yang Membuat Lebih Bahagia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 November 2022

“Refleksi diri dapat membantu kamu menemukan apa yang membuatmu bahagia. Hanya dengan berhenti sejenak, melihat ke belakang dan merenung, kamu dapat benar-benar menghargai keberhasilan dan kegagalan menjadi bagian dari perjalanan hidup.”

6 Manfaat Introspeksi Diri yang Membuat Lebih Bahagia6 Manfaat Introspeksi Diri yang Membuat Lebih Bahagia

Halodoc, Jakarta –   Introspeksi diri adalah proses berpikir dan analitis yang menyangkut pengamatan atau pemeriksaan keadaan mental dan emosional diri sendiri. Secara sederhana, ini menyangkut  proses melihat ke dalam diri sendiri. 

Banyak orang sering terjebak dalam situasi dan ego tanpa mau merenung akan situasinya. Kebanyakan orang diselimuti oleh emosi sehingga tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas. Introspeksi diri sejatinya dapat membantu membangun kesadaran yang pada akhirnya membuat diri lebih bahagia. 

Manfaat Introspeksi Diri untuk Kesehatan Jiwa

Introspeksi adalah pengamatan diri eksperimental untuk menganalisis konteks dalam pendapat pribadi secara objektif. Latihan ini digunakan untuk melihat bagaimana pikiran memproses emosi dan ingatan dan kemudian memahami maknanya.

Introspeksi diri dapat membawa seseorang pada pemenuhan dan tujuan. Apa saja manfaat introspeksi diri? Berikut ulasannya:

1. Membantu Menggali Apa yang Disukai 

Refleksi diri dapat membantu kamu menemukan apa yang membuatmu bahagia. Hanya dengan berhenti sejenak, melihat ke belakang dan merenung, kamu dapat benar-benar menghargai keberhasilan dan kegagalan menjadi bagian dari perjalanan hidup. 

Lihat apa yang telah kamu lakukan dalam minggu, bulan, atau tahun terakhir dan tentukan apa yang paling membuat kamu bahagia. Apakah ada peluang untuk melakukan atau mencapai hal serupa dalam beberapa hari, minggu, atau bulan mendatang?

2. Menemukan Bidang yang Dikuasai

Terjebak dalam tugas sehari-hari dapat membuat stres dan mengaburkan bidang yang kamu kuasai. Melakukan introspeksi dapat membantu kamu menemukan bidang yang disukai dan mempertimbangkan apa-apa saja yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan akan bidang tersebut. 

3. Mengidentifikasi Kelemahan

Salah satu aspek kunci dari refleksi diri adalah mengidentifikasi kelemahan dan mengubahnya menjadi kekuatan. Coba lihat dari perspektif yang berbeda, potensi apa yang bisa ditingkatkan untuk mengembangkan keahlianmu. Atau, apa hal-hal yang tidak perlu lagi dilakukan ke depannya, karena tidak menguntungkan atau malah membuatmu terjebak dalam masalah.

4. Berpikir Maju ke Depan

Introspeksi dapat membantu kamu memahami lingkungan di mana kamu berinteraksi dan berelasi. Apakah lingkungan tersebut masih relevan atau tidak.

Ketika kamu berhasil menyadari apa yang paling penting dalam hidup dan menempatkannya pada perspektif, kamu bisa memiliki gambaran lebih besar akan sesuatu. Jadi, introspeksi diri akan membantu berpikir maju ke depan.

5. Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan

Seorang pemimpin yang kuat memahami emosi diri mereka sendiri dan timnya. Dengan melihat tindakan dan emosi sendiri melalui lensa yang berbeda, kamu dapat memperoleh kecerdasan emosional dan apresiasi yang lebih kuat terhadap apa yang terjadi di sekitar. Sedikit banyak ini akan membantu mempelajari dan mengembangkan metode dan strategi kepemimpinan.

6. Lebih Berempati 

Introspeksi dapat membantu seseorang untuk lebih berempati terhadap situasi dan berusaha memahami mengapa seseorang bisa berperilaku demikian. Memiliki rasa empati tidak hanya baik untuk orang lain, tetapi juga menyehatkan diri secara emosional.

Ketika kamu tidak stres dengan kondisi sekitar dan berusaha memahami suatu peristiwa, kamu bisa lebih santai dan bahagia menjalani hari-hari. Bahkan saat segala sesuatunya tidak berjalan sesuai harapan.

Informasi selengkapnya mengenai introspeksi diri bisa dapatkan dengan download aplikasi Halodoc. Kalau kamu punya gangguan kesehatan tertentu, bisa dilakukan dengan cara buat janji pemeriksaan kesehatan di aplikasi Halodoc

Referensi:
Cubet Ltd. Diakses pada 2022. The Benefits Of Self Reflection: Time To Look In The Mirror?
Mindful Zen. Diakses pada 2022. The Benefits Of Practicing Self-Reflection.
The Daily Shifts. Diakses pada 2022. What Does Introspective Mean? Is Introspection Important?
Life Hack. Diakses pada 2022. Self-Introspection: 5 Ways To Reflect And Live Happily.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan