6 Pola Hidup Sehat untuk Mengatasi Infertilitas pada Pria

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Februari 2023

“Ada beberapa cara untuk mengatasi infertilitas pria, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu berolahraga rutin dan mengonsumsi vitamin C setiap hari.”

6 Pola Hidup Sehat untuk Mengatasi Infertilitas pada Pria6 Pola Hidup Sehat untuk Mengatasi Infertilitas pada Pria

Halodoc, Jakarta – Infertilitas pria biasanya terjadi akibat pengaruh dari kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Untuk meningkatkan kesuburan, ada beberapa pola hidup sehat yang perlu dilakukan secara rutin.

Cara Mengatasi Infertilitas Pria dengan Penerapan Pola Hidup Sehat

1. Rutin berolahraga

Dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesuburan. Mengacu pada European Journal of Applied Physiology, pria yang rutin berolahraga memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dengan kualitas air mani lebih baik dibandingkan yang tidak.

Meski begitu, jangan juga berlebihan dalam melakukannya. Sebab, efeknya bisa berbalik dan malah menurunkan kadar testosteron. Untuk meminimalkan risiko tersebut, cukupi nutrisi zinc yang dibutuhkan tubuh.

2. Konsumsi vitamin C

Vitamin C mampu meningkatkan kesuburan, sehingga efektif mengatasi infertilitas pria. Tak hanya itu, vitamin C ternyata mampu mengatasi stres oksidatif yang memiliki risiko menyebabkan kemandulan pada pria.

Menurut Journal of Medicinal Food, konsumsi suplemen vitamin C 1.000 mg dua kali sehari selama 2 bulan mampu meningkatkan kualitas sperma. Bahkan, motilitas sperma tercatat naik sebesar 92% dan jumlahnya mencapai lebih dari 100%, serta pengurangan sel sperma yang cacat sebesar 55%.

3. Kurangi rasa stres

Saat mengalami stres, tingkat kepuasan yang dirasakan saat melakukan seks berkurang. Bukan hanya itu, tingkat kesuburan juga dapat terganggu akibat hal ini. Sebab, stres berkepanjangan dapat meningkatkan kadar kortisol, secara bersamaan menurunkan kadar hormon testosteron.

4. Berhenti merokok

Seseorang yang terbiasa merokok memiliki sperma dan air mani yang lebih buruk dibandingkan yang tidak melakukan kebiasaan buruk ini. Diketahui jika bahan kimia yang terkandung dalam rokok meningkatkan risiko infertilitas pria. 

Ketidaksuburan dan kebiasaan merokok berjalan beriringan, sehingga berhenti dari kebiasaan tersebut dapat membuat kemungkinan terjadinya kehamilan lebih tinggi.

5. Berhenti konsumsi alkohol

Seseorang yang terbiasa mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko terhadap infertilitas pada pria. Alkohol dapat menyebabkan dampak buruk pada metabolisme testosteron dan produksi sperma.

Selain itu, asupan alkohol yang berlebihan juga berdampak buruk pada hormon reproduksi pada pria serta kualitas air mani yang dihasilkan. Jika kamu dan pasangan ingin lebih cepat mendapatkan momongan, sebaiknya berhenti untuk mengonsumsi minuman memabukkan ini.

6. Turunkan berat badan

Pada seseorang yang mengalami obesitas, cobalah untuk menurunkan berat badan untuk mengatasi infertilitas. Obesitas memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kesuburan pria, sehingga terjadi penurunan produksi dan konsentrasi sperma. Sehingga, tingkat kemungkinan sperma membuahi sel telur lebih kecil.

Sekarang kamu tahu beberapa pola hidup sehat yang bisa diterapkan untuk mengatasi infertilitas pria. Dengan melakukan semua hal yang disebutkan, diharapkan kehamilan bisa terjadi dalam waktu dekat. Namun, tidak ada salahnya untuk melanjutkan pola hidup sehat tersebut secara permanen, bukan?

Jika masih ingin tahu lebih jauh tentang cara penerapan pola hidup sehat tersebut, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Unduh sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count.
Dallas IVF. Diakses pada 2023. 5 Lifestyle Changes for Improving Male Fertility.
Livi. Diakses pada 2023. Male fertility – 9 lifestyle factors that help.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan