• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Selebritas yang Bertarung Melawan Eating Disorder

6 Selebritas yang Bertarung Melawan Eating Disorder

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Wanita mana sih yang tidak ingin tampil cantik di depan umum? Tak hanya paras, cantik bagi wanita juga termasuk memiliki bentuk tubuh yang ideal dari ujung rambut hingga ujung kaki. Melakukan diet dan rajin berolahraga atau membentuk tubuh dengan fitness seharusnya cukup bagi wanita yang ingin mendapatkan berat badan ideal.

Namun, ternyata tidak demikian. Wanita yang berhasil mendapatkan tubuh yang ideal dengan paras yang jelita ternyata masih saja tidak puas. Akibatnya, mereka akan dilanda kecemasan yang berlebih, salah satunya adalah eating disorder. Terlebih jika melihat wanita lain dengan tubuh dan muka yang lebih ideal dan menawan. Sebagai contohnya, berikut beberapa selebritas yang mengalami dan berjuang untuk melawan eating disorder:

Demi Lovato

Siapa tidak kenal Demi Lovato? Melalui suara merdunya, penyanyi asal Amerika ini ternyata mengaku telah berjuang melawan eating disorder sejak usianya masih tujuh tahun. Tak hanya itu, Demi Lovato juga mengidap bipolar dan anxiety disorder, lho. Pada akhirnya, penyanyi yang juga merangkap sebagai aktris ini memutuskan untuk melakukan rehabilitasi pada tahun 2010 silam. Hasilnya? Demi Lovato kini tampak lebih sehat dan tentu saja, lebih bahagia.

Lady Gaga

Mendunia berkat keunikan yang selalu ditampilkannya dalam berbusana, nyatanya Lady Gaga menyimpan masalah perihal dirinya yang pernah mengidap bulimia sejak masih sekolah dulu. Bahkan, penyanyi bersuara merdu ini mengaku pernah mendapatkan kekerasan seksual yang membuatnya begitu trauma. Hingga kini, tubuh Lady Gaga memang sudah terlihat lebih ideal, meski ternyata wanita berusia 32 tahun ini masih berjuang melawan bulimia yang diidapnya.

(Baca juga: Tidak Hanya Wanita, Pria Juga Bisa Mengalami “Eating Disorder”)

Britney Spears

Masalah eating disorder yang dialami Britney Spears ternyata muncul ketika usianya masih begitu belia, yaitu 16 tahun. Di saat yang sama, pelantun lagu asal Amerika Serikat ini memutuskan untuk melakukan rehabilitasi demi mendapatkan kembali bentuk tubuh idealnya. Kehamilan pun berhasil mengembalikan berat badannya. Namun, setelah kelahiran kedua anaknya, Britney kembali pada kebiasaan lamanya demi menurunkan berat badannya pascamelahirkan.

Jessica Alba

Aktris yang terkenal lewat perannya dalam film Dark Angel ini ternyata telah berjuang melawan eating disorder sejak ia berusia 12 tahun. Kelainan ini pada akhirnya membuat Jessica Alba tidak pernah siap menghadapi perubahan yang terjadi pada tubuhnya saat ia beranjak dewasa. Menurutnya, tubuhnya kini tampak aneh, meski terlihat biasa saja di mata para penggemarnya.

Kelly Clarkson

Saat duduk di bangku SMA, Kelly Clarkson kehilangan sebuah peran yang didambakannya pada acara musical yang diadakan sekolahnya. Inilah yang membuatnya mengalami eating disorder. Setelah bertahun-tahun hidup di dalam kelainan yang diidapnya, Kelly akhirnya memutuskan untuk berjuang memeranginya saat berusia 25 tahun. Dalam melakukan rehabilitasi, Kelly mengaku dibantu oleh seorang teman dekatnya.

(Baca juga: Bagaimana Mengenali Binge Eating Disorder)

Lindsay Lohan

Tubuh kurus memang tampak ideal. Namun, tidak jika terlalu kurus yang membuat kamu tampak seperti seseorang yang kurang gizi. Inilah yang dialami oleh Lindsay Lohan. Namun, keadaan ini tak lantas membuat Lindsay minder. Sama seperti Kelly Clarkson, bantuan teman-teman terdekatnyalah yang membuat Lindsay sangat ingin sembuh dari kelainan yang diidapnya.

 

Meski mengidap eating disorder, para selebritas tadi tak lantas menyerah dengan keadaan mereka. Justru, ada tekad yang begitu besar untuk memeranginya. Nah, kalau kamu merasa mengalami keanehan pada tubuh kamu, langsung saja pakai aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter ahlinya. Aplikasi Halodoc bisa kamu download di ponsel Android atau iPhone kamu.