• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Syarat Donor Darah dan Hal yang Perlu Diperhatikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Syarat Donor Darah dan Hal yang Perlu Diperhatikan

6 Syarat Donor Darah dan Hal yang Perlu Diperhatikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Oktober 2022

“Sebelum melakukan donor darah, ada berbagai syarat yang perlu dipenuhi. Beberapa termasuk kondisi fisik, tekanan darah, berat badan, dan kadar hemoglobin dalam darah.”

6 Syarat Donor Darah dan Hal yang Perlu Diperhatikan6 Syarat Donor Darah dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Halodoc, Jakarta – Tak hanya menolong orang-orang yang membutuhkan, donor darah secara rutin juga memiliki manfaat untuk pendonor itu sendiri. Manfaat itu termasuk menurunkan risiko terserang penyakit kanker, jantung, dan masalah kesehatan kronis lainnya. 

Syarat Donor Darah

Meski demikian, donor darah ternyata tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Terdapat beberapa syarat donor darah yang perlu kamu penuhi. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Berat badan pendonor setidaknya tidak kurang dari 45 kilogram.
  2. Suhu tubuh pendonor dalam rentang normal, yaitu antara 36,6 sampai 37,5 derajat celsius.
  3. Telah berusia 17 sampai 60 tahun. Apabila usia kamu masih kurang dari 17 tahun dan ingin melakukan donor darah, pastikan ada izin tertulis dari orang tua dan telah memenuhi syarat lainnya.
  4. Memiliki tekanan darah normal, yaitu antara 100-160 untuk tekanan sistolik dan 70-100 untuk tekanan diastoliknya.
  5. Memiliki denyut nadi sekitar 50 sampai 100 kali setiap menit.
  6. Memiliki kadar hemoglobin setidaknya 12 gram/desiLiter untuk pendonor wanita,  dan minimal 12,5 gram/desiLiter untuk pendonor pria.

Selain itu, pastikan fisik kamu dalam kondisi sehat atau tidak sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu. Sekarang, kamu bisa melakukan donor darah hingga 5 kali dalam satu tahun dengan interval sekitar 2 bulan.

Sebelum memulai proses donor darah, pendonor akan diminta untuk memberikan tanda tangan pada formulir registrasi. Lalu, petugas akan melakukan pemeriksaan awal, seperti berat badan, golongan darah, kadar hemoglobin, dan pemeriksaan oleh dokter. 

Hal yang Perlu Diperhatikan

Selain syarat donor darah, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya sebelum dan setelah donor darah. Sebelum mendonorkan darah, kamu harus memastikan kondisi tubuh sehat. Sebaiknya, hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak dan perbanyak asupan zat besi, vitamin C, dan protein. 

Jangan lupa untuk minum air putih. Kamu juga sebaiknya tidak melakukan olahraga atau olahraga berat dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol setidaknya sehari sebelum donor. Sebelum mengambil darah, petugas akan melakukan pemeriksaan dan pengecekan untuk memutuskan apakah kamu bisa menjadi pendonor. 

Selanjutnya, saat darah diambil, petugas akan memasukkan jarum steril pada pembuluh darah vena di lengan. Proses donor darah biasanya akan memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit dengan volume darah yang diambil sekitar 470 mililiter. Tak perlu cemas ketika tubuh baru saja kehilangan banyak darah, sebab tubuh akan membuat kembali sel darah merah yang sehat untuk menggantikannya.

Apabila donor telah selesai, petugas akan memberimu makanan maupun minuman untuk mengurangi atau mencegah rasa lemas dan pusing, yang memang kerap terjadi ketika seseorang selesai mendonorkan darahnya. Selain itu, kamu juga dibolehkan untuk istirahat setidaknya selama satu jam. Apabila tidak ada keluhan dalam rentang waktu tersebut, kamu bisa pulang. 

Supaya menjamin kamu tetap dalam kondisi aman setelah selesai donor darah, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Sebaiknya tidak melepas plester pada bagian lengan bekas donor sampai 6 jam setelah donor.
  • Tidak merokok setidaknya dua jam setelah donor.
  • Tidak mengangkat barang yang terlalu berat.
  • Memperbanyak asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih. 
  • Mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi. 

Sebenarnya, donor darah sangat aman dilakukan. Sebagian besar pendonor tidak akan merasakan efek samping yang serius setelah donor darah. Meski begitu, efek samping masih mungkin terjadi, seperti nyeri dan memar pada bagian bekas suntikan dan sedikit pusing.

Jika kamu merasakan keluhan lain dan tidak membaik dalam waktu 24 jam, kamu bisa segera tanyakan pada dokter. Gunakan aplikasi Halodoc untuk memudahkan tanya jawab dengan dokter, kamu dapat cek Play Store atau App Store untuk download Halodoc.

Referensi:
Health Sciences Authority. Diakses pada 2022. Can I Donate Blood? 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Blood Donation.
Palang Merah Indonesia. Diakses pada 2022. Tentang Donor.
Palang Merah Indonesia. Diakses pada 2022. Syarat Untuk Menjadi Donor Darah.