6 Tips Berhubungan Intim saat Asam Lambung Naik

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Januari 2023

“Ada beberapa upaya yang bisa kamu coba agar nyaman berhubungan intim saat asam lambung naik. Salah satunya adalah menghindari posisi tertentu.”

6 Tips Berhubungan Intim saat Asam Lambung Naik6 Tips Berhubungan Intim saat Asam Lambung Naik

Halodoc, Jakarta – Berhubungan intim saat asam lambung naik memang tidak nyaman. Bahkan, bagi beberapa orang, aktivitas seksual dapat memicu kambuhnya gejala penyakit asam lambung. Ini tentunya bisa membuat seks menjadi kurang menyenangkan.

Penyakit asam lambung merupakan gangguan pencernaan kronis yang menyebabkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Kondisi ini dikenal juga sebagai refluks asam. Penyebabnya adalah kerusakan sfingter esofagus bagian bawah. 

Alasan Asam Lambung Naik saat Berhubungan Intim

Gangguan pencernaan seperti asam lambung dapat menurunkan kadar serotonin saat berhubungan intim. Serotonin adalah neurotransmitter, atau pembawa pesan kimiawi, yang bekerja di otak untuk mengatur dan menstabilkan suasana hati. 

Berkat zat ini, seseorang bisa merasa lebih rileks dan merasa bahagia saat berhubungan intim. Namun, bagi beberapa orang yang mengalami gangguan pencernaan, sistem serotonin dapat terganggu, dan menyebabkan mual, muntah, dan lebih sulit untuk mengalami kenikmatan seksual.

Selain itu, berhubungan intim juga bisa membuat beberapa orang mengalami gejala asam lambung naik. Seperti mulas dan refluks asam, yang juga bisa membuat seks menjadi tidak nyaman.

Tips yang Bisa Kamu Coba

Meski berhubungan intim saat asam lambung naik bisa membuat tidak nyaman, ada beberapa tips yang bisa kamu coba, yaitu:

  1. Hindari Makanan, Obat, dan Minuman yang Memicu Gejala

Jika berencana untuk melakukan hubungan intim, hindari makanan, minuman, atau obat-obatan yang bisa memicu gejala. Setidaknya beberapa jam sebelum berhubungan.

  1. Jangan Makan Besar sebelum Berhubungan Intim

Makanlah makanan yang ringan saja, atau tidak terlalu banyak, jika berencana melakukan hubungan intim. Jika sudah telanjur makan banyak, beri jeda atau tunggu beberapa saat sampai makanan tercerna.

  1. Minum Obat 

Solusi lainnya jika ingin berhubungan intim saat asam lambung naik adalah minum obat. Seperti antasida, atau obat asam lambung lainnya yang diresepkan dokter.

  1. Hindari Posisi Tertentu

Bicarakan dengan pasangan jika kamu mengalami asam lambung naik, sebelum memulai aktivitas seksual. Jika tidak bisa menunda, cobalah untuk berhubungan intim dengan cara yang berbeda.

Hindari posisi yang melibatkan berbaring telentang, karena ini dapat memperburuk gejala. Selain itu, hindari juga posisi yang menekan perut, karena dapat meningkatkan produksi asam lambung dan meningkatkan risiko refluks asam.

Pertahankan posisi berhubungan intim yang semi-tegak atau sepenuhnya tegak, seperti duduk di kursi atau berdiri.

  1. Jangan Memaksakan Diri

Jika asam lambung naik saat berhubungan intim, sebaiknya segera hentikan aktivitas. Pengerahan tenaga yang terus-menerus dapat memperburuk gejala. Jadi, bicarakan dengan pasangan dan segera hentikan aktivitas seksual saat merasakan gejala mulai kambuh.

  1. Lakukan Evaluasi 

Catat kapan kamu mengalami gejala asam lambung naik saat berhubungan intim. Ingat-ingat apakah gejala tersebut berhubungan dengan makanan, obat, atau minuman apa pun yang kamu konsumsi sebelumnya. Setelah mengidentifikasi pemicunya, kamu dapat memastikan untuk menghindarinya di masa mendatang.

Itulah tips berhubungan intim saat asam lambung naik. Gejala penyakit asam bisa membuat frustasi dan tidak nyaman. Namun, kamu masih bisa memiliki kehidupan seks yang memuaskan saat hidup dengan kondisi ini, kok

Mempelajari lebih banyak tentang hal-hal yang jadi pemicu dapat memungkinkan kamu untuk menghindari kekambuhan gejala sebelum, selama, dan setelah berhubungan intim.

Jika kamu sudah mencoba berbagai upaya tapi masih mengalaminya, download Halodoc saja untuk berbicara pada dokter, kapan dan di mana saja. Dokter mungkin akan memberi resep obat yang tepat, serta saran terbaik, sesuai kondisi kamu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Sexuality and Acid Reflux.
Health Shots. Diakses pada 2023. Did You Know That Your Gut Can Affect Your Sex Life? Here Are 5 Ways.
Medical News Today. Diakses pada 2023. GERD (Persistent Acid Reflux): Symptoms, Treatments, And Causes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan