• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Tips Mudah dan Efektif Mencegah Pikun di Usia Muda
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Tips Mudah dan Efektif Mencegah Pikun di Usia Muda

6 Tips Mudah dan Efektif Mencegah Pikun di Usia Muda

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Juli 2022

“Pikun kini tak hanya identik dengan usia lanjut, karena kondisi ini juga rentan terjadi pada usia muda dan produktif. Cegah dengan aktif berolahraga dan banyak membaca.”

6 Tips Mudah dan Efektif Mencegah Pikun di Usia Muda6 Tips Mudah dan Efektif Mencegah Pikun di Usia Muda

Halodoc, Jakarta – Melupakan hal-hal sepele alias pikun memang identik dengan usia lanjut. Sebab, seiring dengan usia yang semakin bertambah, penurunan fungsi tubuh akan mengalami penurunan. Selain imunitas dan kondisi kesehatan fisik, aspek kognitif juga berpengaruh terhadap usia. 

Nah, pikun kini ternyata banyak dialami oleh usia muda produktif. Pastinya, kamu harus tahu bagaimana cara mencegah pikun yang terjadi lebih cepat ini.

Cara Efektif Mencegah Pikun di Usia Muda

Meski pikun menjadi hal mungkin tidak dapat dihindari, tapi kamu bisa kok mencegahnya terjadi lebih cepat. Tentunya dengan membiasakan pola hidup sehat dan mencoba beberapa cara efektif berikut:

1. Rutin Olahraga

Olahraga punya segudang manfaat, salah satunya membantu mencegah pikun. Bahkan, olahraga ringan selama 30 menit setiap hari seperti joging, bersepeda, dan jalan kaki juga sudah sangat membantu, lo! Sebab, aktivitas ini dapat memicu terbentuknya Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF), sejenis protein yang mendukung kehidupan sel saraf pada otak. 

2. Bermain Alat Musik

Selain olahraga, pikun juga dapat dicegah dengan bermain alat musik. Jangan salah, main alat musik juga membantu otak berkonsentrasi, terlebih apabila ini adalah rutinitas yang baru kamu lakukan. Nyatanya, melatih otak pada hal baru dan kompleks seperti mengingat tanda nada atau not balok dalam jangka waktu tertentu, bisa membantu mengurangi risiko terjadinya penurunan fungsi kognitif pada otak.

3. Bersosialisasi

Beberapa masalah kesehatan mental, seperti stres dan depresi dapat memengaruhi kemampuan otak dalam mengingat. Sebab, keduanya juga mengarah pada terjadinya demensia. Guna mencegah terjadinya hal tersebut, luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan orang lain. Dengan begitu, kamu tidak merasa sendirian dan tetap dapat terhubung dan berkomunikasi langsung dengan orang lain. 

4. Membaca Buku

Ternyata, membaca tidak hanya menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan saat punya waktu senggang. Kegiatan ini juga dapat mencegah pikun, terlebih jika kamu melakukannya secara rutin atau menjadikannya kebiasaan. Melalui membaca otak akan terus bekerja aktif dalam memproses semua informasi baru yang kamu dapatkan. 

5. Konsumsi Makanan Sehat

Sebenarnya pikun bisa dicegah dengan pola hidup yang dibarengi dengan pola makan sehat. Mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 seperti kacang-kacangan, sayuran, ikan, susu sapi, telur, biji-bijian, dan susu kedelai. Makanan tersebut sangat baik untuk menunjang otak tetap aktif dan sehat. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi garam, dan gula karena bisa memicu banyak masalah kesehatan.

6. Permainan Asah Otak

Kini, banyak sekali permainan asah otak yang bisa kamu mainkan, bisa secara tradisional atau modern melalui ponsel. Permainan seperti scrabble, sudoku, dan teka-teki silang sangat membantu otak untuk tetap bekerja dengan optimal, sehingga pikun bisa dicegah.

Itulah beberapa cara efektif mencegah pikun yang dapat kamu coba lakukan. Jika kami butuh bantuan dokter, jangan ragu untuk langsung mengakses aplikasi Halodoc dan buat janji di rumah sakit terdekat. 

Dengan begitu, kamu tahu bagaimana cara yang lebih tepat untuk mencegah pikun di usia muda dan mengatasi semua kondisi yang menjadi penyebabnya. Kamu bisa download aplikasi Halodoc di ponselmu melalui App Store maupun Play Store secara gratis. 

Referensi:
MedlinePlus. Diakses pada 2022. BDNF gene.
Stanford Health Care. Diakses pada 2022. Preventing Dementia.
Being Patient. Diakses pada 2022. 12 Ways To Help Prevent or Delay Dementia.