6 Tips Tahan Emosi saat Terjebak Macet di Jalan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Februari 2023

“Ada beberapa tips tahan emosi jika kamu sering kesal saat terjebak macet di jalan. Salah satunya dengan melakukan latihan pernapasan.”

6 Tips Tahan Emosi saat Terjebak Macet di Jalan6 Tips Tahan Emosi saat Terjebak Macet di Jalan

Halodoc, Jakarta – Jika kamu sering kesal saat terjebak macet di jalan, kamu perlu tahu tips tahan emosi, agar bisa tetap tenang. Kemacetan memang jadi hal yang menyebalkan. Terlebih jika kamu sedang terburu-buru, atau sedang lelah karena berbagai rutinitas. 

Istilah untuk emosi di jalanan ini adalah road rage. Emosi dan kemarahan di jalan ini dapat berujung pada perilaku agresif, yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Tips Tahan Emosi di Jalan

Saat terjebak macet di dalam mobil, kamu mungkin merasa terisolasi dari dunia dan lupa bahwa ada orang lain dengan prioritas berbeda. Ini dapat membuat kamu jadi jauh lebih tidak sopan satu sama lain saat mengemudi. 

Selain itu, ketika kamu frustrasi dengan lalu lintas, kadang-kadang kamu membuat kesalahan atau melakukan manuver mengemudi yang tidak sopan. Inilah yang dapat menyebabkan kemarahan dari pengemudi lain yang juga frustrasi dan menimbulkan pertikaian. 

Untungnya, ada beberapa tips yang dapat kamu coba untuk tahan emosi dan mengurangi risiko mengalami road rage, yaitu:

  1. Lakukan Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan dapat membantu kamu membersihkan tubuh dari udara stagnan dan energi pengap. Ini membuat darah lebih teroksigenasi dan melepaskan ketegangan. Berfokus pada pernapasan membawa perhatian kamu ke dalam dan membuat frustrasi mereda, tanpa mengalihkan fokus terlalu jauh dari jalan.

  1. Mendengarkan Musik

Tips lainnya untuk tahan emosi saat macet-macetan di jalan adalah mendengarkan musik, podcast lucu atau hal lainnya yang bisa menghibur. Mendengarkan sesuatu dapat memberikan distraksi ringan, yang dapat membuat perjalanan cukup menyenangkan.

Dengan begitu, kamu akan merasa pengemudi yang mengganggu dan lalu lintas yang macet tidak terlalu membuat stres dan frustrasi.

  1. Relaksasi

Berlatih relaksasi otot progresif dan relaksasi otot dalam juga bisa jadi tips tahan emosi yang efektif. Saat merasa frustrasi, kamu menyimpan ketegangan di tubuh. 

Teknik-teknik ini akan membantu kamu melepaskan ketegangan dengan cepat, bahkan saat duduk di dalam mobil. Ini akan membantu kamu merasa lebih rileks secara fisik dan emosional.

  1. Alihkan Pikiran

Tips lainnya untuk tahan emosi saat terjebak macet di jalan adalah mengalihkan pikiran pada hal-hal lain. Misalnya dengan menghitung jumlah kendaraan berwarna merah di jalanan, atau melihat pergerakan awan di langit. 

Ini dapat membuat kamu teralih sesaat dari macetnya jalanan yang membuat stres. Namun, kamu tetap harus hati-hati dan tidak boleh hilang fokus pada jalanan, ya.

  1. Atur Waktu dengan Baik

Emosi dan kemarahan di jalan bisa terjadi karena terjebak macet, saat kamu sedang buru-buru menuju ke suatu tempat. Untuk menghindari hal ini, kamu perlu mengatur waktu dengan lebih baik lagi.

Jika kamu ingin pergi ke suatu tempat yang cukup jauh, atau aksesnya sering macet, berangkatlah lebih awal. Dengan begitu, saat terjebak macet, kamu bisa merasa lebih tenang karena punya cukup waktu.

  1. Rutin Olahraga

Tips lainnya untuk tahan emosi di jalan adalah rutin berolahraga. Sebab, olahraga dapat membantu otak mengatasi faktor stres dengan lebih baik, karena aktivitas fisik menghasilkan endorfin. 

Ketika tubuh merasa baik, begitu juga pikiran. Selain itu, olahraga juga akan membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan konsentrasi serta kewaspadaan.

Itulah pembahasan mengenai tips tahan emosi saat terjebak macet di jalan. Jika kamu masih memiliki kesulitan untuk mengelola emosi dengan baik, download Halodoc saja untuk berbicara dengan psikolog melalui chat.

Referensi:
Psych Central. Diakses 2023. Controlling Your Anger on the Roads.
Very Well Mind. Diakses 2023. How to Manage Feelings of Road Rage.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan