• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Alasan Kenapa Hobi Olahraga Hidup Lebih Bahagia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Alasan Kenapa Hobi Olahraga Hidup Lebih Bahagia

7 Alasan Kenapa Hobi Olahraga Hidup Lebih Bahagia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 07 Maret 2018
7 Alasan Kenapa Hobi Olahraga Hidup Lebih Bahagia7 Alasan Kenapa Hobi Olahraga Hidup Lebih Bahagia

Halodoc, Jakarta – Menurut University of Missouri Health Care anak-anak muda yang menjalankan latihan fisik rutin, cenderung lebih bahagia secara fisik dan emosional. Bahkan tidak hanya itu saja, mereka memiliki prestasi akademis lebih baik ketimbang rekan sebaya yang tidak menjalankan aktivitas fisik rutin.

Psikolog olahraga dan kesehatan J. Kip Matthews, Ph.D mengatakan karyawan yang baru menghadapi hari buruk di kantor cenderung melupakan bad day-nya setelah melakukan work out di treadmill.

Ini tidak lepas dari kerja hormon endorfin yang dikeluarkan saat melakukan olahraga. Hormon ini memberikan sensasi bahagia setara dengan hubungan intim. Endorfin juga bisa disamakan dengan perasaan euforia setelah berolahraga intens. Selain memberikan efek bahagia, berikut adalah manfaat hobi olahraga lainnya yang juga menjelaskan kenapa hobi olahraga lebih bahagia. (Baca juga 5 Cidera yang Sering Dialami Para Runner)

  1. Mengajarkan Problem Solving

Sebagian besar olahraga mengajarkan kamu untuk tidak menyerah dan menyelesaikan apa yang sudah dijalani. Pengalaman ini sangat membantu ketika kamu berada di lingkungan kerja atau situasi sulit untuk berpikir lebih jernih sebelum memutuskan sesuatu. Logikanya adalah ketika kamu diperhadapkan situasi yang penuh tantangan (anggaplah olahraga adalah tantangan), maka dalam situasi yang berbeda kamu cenderung akan melakukan hal yang sama.

  1. Membuka Jaringan Pertemanan Baru

Manfaat hobi olahraga lainnya adalah kamu bisa bertemu dengan teman-teman baru, membuka link pertemanan yang belum ada. Siapa tahu dari sini kamu bisa bertemu dengan kesempatan baru, karier baru serta peluang-peluang lainnya.

  1. Berat Badan Stabil

Buat kamu yang hobi olahraga sudah pasti memiliki sistem metabolisme yang lebih baik ketimbang yang jarang latihan. Sistem metabolisme yang oke akan membuat berat badan stabil karena tubuh mencerna makanan dengan baik sehingga tidak menumpuk menjadi lemak berlebih. Biasanya seiring pertambahan usia, kemampuan sistem metabolisme menurun. Makanya olahraga yang rutin dapat mengembalikan kerja metabolisme tubuh.

  1. Tulang dan Otot Kuat

Manfaat hobi olahraga lainnya untuk kesehatan adalah melatih serta membentuk tulang dan otot kuat. Tulang yang kuat dan padat dapat mencegah osteoporosis. Olahraga juga menjadi latihan yang tepat untuk mengencangkan otot. Kalau kamu hanya mengandalkan aktivitas sehari-hari saja untuk melatih otot, mustahil otot dapat kuat dan kencang. Sebenarnya, otot yang kuat juga berpengaruh pada kualitas aktivitas kamu sehari-hari. Berjalan, mengambil barang dan aktivitas-aktivitas lainnya membutuhkan kerja otot.

  1. Melatih Gerak Refleks

Olahraga dapat membantu melatih gerak refleks. Olahraga membuat kamu mengaktfikan kerja sebagian besar otot sehingga bekerja lebih spontan, cepat dan refleks. Coba deh kamu amati orang-orang yang berolahraga lebih memiliki sistem kerja indra yang lebih cepat tanggap untuk kejadian yang tidak direncanakan. Misalnya saat menangkap benda jatuh atau menghindar saat

  1. Membantu Berpikir Positif

Olahraga adalah kegiatan positif. Ketika kamu menghabiskan waktu luangmu untuk berolahraga artinya keseharianmu sudah diisi dengan melakukan kegiatan yang positif. Orang-orang yang memiliki aktivitas positif juga cenderung positif, tidak gampang terprovokasi dan tidak sempat juga melakukan hal-hal yang negatif.

  1. Tidak Gampang Sakit

Orang-orang yang rutin olahraga memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Tidak gampang sakit karena selalu rutin mengolah tubuh. Paling males kalau lagi sakit adalah ketika mau beli obat, badan nggak bisa dibawa kemana-mana. Nah, beli saja di Halodoc! Kamu juga bisa membeli vitamin yang kamu butuhkan dengan layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkannya dalam waktu 1 jam saja. Tunggu apalagi? Download segera aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.